Pelatihan Drone Liu Purnomo
Pelatihan Drone Liu Purnomo
Tips Aman Menerbangkan Drone Dengan Cara Yang Mudah – Untuk menerbangkan drone mainan tentu dibutuhkan keahlian dan keterampilan khusus, agar drone yang anda terbangkan tersebut tidak mudah jatuh dan juga aman. Karena ada juga orang yang menerbangkan drone terlalu tinggi sehingga drone tersebut menjadi sulit dikendalikan. Anda bisa mencoba tips aman menerbangkan drone agar drone tersebut tidak mudah jatuh.
Latihan menerbangkan drone sangat penting dilakukan oleh para pemula, tujuannya agar drone aman saat diterbangkan dan tidak tiba-tiba jatuh akibat kurang daya atau ada yang salah di dalam cara menerbangkannya. Anda bisa memanfaatkan beberapa fitur yang dimiliki oleh drone, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti itu.
Setiap expert di bidang penerbangan drone, pasti pernah jadi pemula sebelumnya, oleh karena itu jangan pernah minder untuk belajar cara menerbangkan drone, sebab dengan semakin banyak anda belajar, akan semakin mahir anda.
Tips Aman Menerbangkan Drone Dengan Cara Yang Mudah
Tips Aman Menerbangkan Drone Dengan Cara Yang Mudah
Berikut tips aman menerbangkan drone dengan cara yang mudah, diantaranya yaitu :

1. Pastikan semua perlengkapan drone sudah terpasang dengan baik

Anda harus memeriksa perangkat drone terlebih dahulu, apakah semuanya sudah terpasang dengan baik. Karena jika tidak maka resiko kerusakan yang bisa terjadi pada drone akan lebih tinggi.

2. Mencari lokasi yang aman untuk menerbangkan drone

Keamanan dalam menerbangkan drone menjadi hal yang paling penting, karena hal itu bertujuan untuk melindungi drone dari kerusakan dan menghindari drone jatuh menimpa orang yang berada di lokasi tersebut. Lokasi yang dianggap aman adalah lapang yang luas karena biasanya tidak banyak orang yang berlalu lalang di situ.

3. Mengatur kalibrasi kompas

Kalibrasi kompas juga menjadi salah satu bagian penting pada drone, karena kegunaannya adalah untuk mengetahui koordinat titik start pesawat drone. Pada saat cuaca buruk biasanya drone tidak mampu pulang sendiri ke titik start, maka pastikan GPS sudah menyala agar drone bisa kembali ke titik start.

Cara Menerbangkan Drone DJI Phantom

Pada umumnya, sudah banyak pilot-pilot drone yang tahu cara menerbangkan drone dengan baik. Sehingga jika seseorang sudah menjadi pilot yang handal dalam menerbangkan drone, dapat dipastikan anda pun lebih hapal cara menerbangkan drone DJI phatom yang kini banyak digunakan oleh pecinta drone karena drone jenis DJI phantom ini memiliki fitur yang sangat lengkap.
Berikut kita lihat bagaimana cara yang tepat dalam menerbangkan drone DJI phantom 3, diantaranya yaitu :
  1. Memulai Persiapan drone
  2. Pre flight
  3. Menggunakan kalibrasi kompas
  4. How to fly
  5. Enjoy fying
Langkah-langkah yang dapat anda lakukan ketika menerbangkan drone, yaitu :
  1. Mengetahui kemampuan atau teknik dari drone yang anda miliki
  2. Belajar terbang dengan cara yang benar agar dapat mengoperasikannya dengan baik
  3. Jika anda belum memiliki kemampuan yang memadai dalam menerbangkan drone, maka sebaiknya anda tidak usah terburu-buru menerbangkannya.

Penyebab Drone Tidak Stabil Saat Diterbangkan

Tidak semua orang langsung bisa mengoperasikan drone atau menerbangkan dengan baik ketika menggunakannya untuk pertama kali. Maka dari itu, sebaiknya anda mencoba membeli drone yang harganya murah untuk belajar menerbangkannya agar tidak terjadi kendala atau kerusakan. Setelah mulai lihai, barulah anda boleh mencoba jenis drone yang lebih advance.
Karena banyak orang yang membuat drone tidak stabil pada saat menerbangkannya, atau anda bisa juga mencoba memilih jenis drone yang memiliki fitur canggih yang membuat drone tetap stabil ketika sedang diterbangkan dan tidak sampai jatuh.
Langkah-langkah yang dapat anda tempuh agar dapat menerbangkan drone dengan stabil, diantaranya sebagai berikut :

1. Memeriksa baling-baling yang terdapat pada drone

Pertama-tama anda bisa memeriksa bagian baling-baling drone, pasang dengan sangat teliti dan pastikan apakah baling-baling sudah terpasang dengan baik. Jangan sampai pemasangan baling-balingnya salah karena hal itu dapat menyebabkan drone tidak dapat terbang dengan stabil.

2. Mengecek ulang baterai

Pastikan baterai drone anda sudah terisi penuh, dan saat baterai sudah mulai habis jangan paksakan drone untuk tetap terbang. Tips agar baterai drone tetap awet dan tahan lama yaitu lepaskan konektor baterai dari drone saat baterai sudah mulai habis, lalu taruh baterai di tempat yang dingin.

3. Periksa kembali konektor socket baterai

Pastikan juga bahwa baterai sudah terpasang dengan sempurna, kencangkan kembali konektornya lalu pasang baterai pada drone.

4. Periksa kembali dinamo remote drone

Kencangkan lagi konektor baterai ke drone dan pastikan bahwa dinamo remote berfungsi dengan normal, yaitu memiliki putaran yang sama. Cek kembali dudukan dinamonya dengan teliti, pastikan tidak ada kotoran yang menempel di sana. Kemudian lumasi dinamo dengan minyak pelumas khusus.

5. Periksa kembali antena pada remote dan antena pada drone

Pastikan juga antena yang terpasang pada remote dan antena yang terpasang pada drone sudah terpasang dengan baik. Cara menelitinya yaitu dengan membongkar bagian dalam antena, jangan sampai antena terlepas dari tempatnya.

Penyebab Drone Jatuh

Tahun 2017 silam, ada berita mengenai drone yang jatuh pada saat diterbangkan. Muncul beberapa keluhan dari pengguna drone yang mengalami masalah saat drone diterbangkan. Entah kenapa drone tersebut mendadak kehilangan daya dan tiba-tiba jatuh ke tanah. Untuk beberapa kasus, drone masih bisa diselamatkan pengguna namun di kasus lainnya drone tidak dapat diselamatkan.
Lalu apa penyebab drone jatuh tersebut, penyebabnya pasti banyak karena ada beberapa faktor yang memungkinkan sebuah drone bisa jatuh. Misalnya kesalahan dari pengguna drone pada saat menerbangkan drone. Atau kurang hati-hati dan kurang telitinya pengguna drone tersebut sehingga terjadi kecelakaan yang dapat mengakibatkan drone tersebut rusak atau bahkan mati.
Atau bisa juga karena perangkat drone yang belum terpasang dengan baik sehingga drone menjadi tidak stabil dan mengakibatkan jatuh. Hal ini merupakan hal penting dalam memainkan drone, karen akibatnya bisa sangat fatal. Akan sangat disayangkan jika drone milik anda jatuh dan rusak, apalagi jika harganya cukup mahal.

Cara Kalibrasi Drone

Mengkalibrasi drone merupakan tugas seorang pilot sebelum mulai menerbangkan drone, sama halnya dengan pesawat yang akan landas pasti ada tim khusus yang memeriksanya sebelum mulai terbang. Sama halnya dengan alat terbang drone ini, apalagi jika drone yang akan anda terbangkan membawa kamera.
Sebelum mulai menerbangkan drone, banyak sekali yang harus anda perhatikan dalam drone. Cek semua bagian drone, pastikan tidak ada bagian yang rusak, cacat, atau belum terpasang dengan baik. Setelah anda yakin semua bagian sudah berjalan dengan normal maka anda bisa memulai kalibrasi drone tersebut.
Berikut cara kalibrasi drone pada drone yang berjenis Drone Syma, diantaranya sebagai berikut :
  1. Hidupkan drone dan remotenya terlebih dahulu
  2. Setelah drone dan remote hidup lalu arahkan gas yang ada di sebelah kiri ke arah atas dan ke bawah, sampai muncul indikator di layar remote.
  3. Setelah indikator tadi muncul di layar remote, kemudian anda arahkan lagi gas di sebelah kiri dan kanan ke arah kanan dan bawah selama beberapa detik sampai lampu drone menyala atau berkedip.
  4. Jika lampu sudah mulai berkedip maka bisa dipastikan drone anda sudah siap terbang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.