Review Buku – 7 Hari Belajar Drone Photography – Tidak jarangpembaca blog ini yang bertanya tentang buku panduan tentang drone, tentu saja saat ini masih sangat sedikit buku yang berisi tentang drone. Dan bagi saya yang belajar otodidak, ini menyusahkan saya dalam meningkatkan pengetahuan soal drone ini.

Entah itu fakta atau hanya saya yang kurang piknik, namun di gramedia, saya baru mendapatkan buku pertama tentang drone pada tahun 2015, berjudul Drone – Foto & Videografi yang ditulis oleh Prof. DR. Alex Papilaya, DTPH. ini merupakan karya pertama tentang drone sependek yang saya ketahui.
 
Review Buku - 7 Hari Belajar Drone Photography
Review Buku – 7 Hari Belajar Drone Photography
 
 
Pada hari selasa tanggal 12 desember 2017, sebuah buku berjudul 7 Hari Belajar Drone Photography telah hadir,  Launching buku ini dilakukan di Gedung Perpustakaan tertinggi di dunia yang baru saja  di resmikan oleh Presiden Jokowi pada tanggal 14 september  2017, terletak di Medan merdeka selatan, Jakarta.
 
Review Buku - 7 Hari Belajar Drone Photography
Review Buku – 7 Hari Belajar Drone Photography
 
Kehadiran buku 7 Hari Belajar Drone Photography seolah menjadi angin segar yang memberikan kontribusi untuk para pemula yang ingin belajar drone, sekaligus menambah daftar literatur yang wajib dibaca oleh para praktisi drone, baik untuk foto udara maupun untuk pemetaan, sebab buku ini tidak hanya mengulas bagaimana melakukan take off dan landing, namun juga berisi hal – hal yang harus di ketahui oleh pengguna drone.
Buku sejumlah 173 Halaman ini ditulis oleh Herry Tjiang, seorang fotografer yang telah malang melintang di dunia potret memotret sejak 1999, Berkenalan dengan drone pada tahun 2014 (Sama dengan saya pak 😀 ), dan telah memiliki sertifikasi pilot drone dari APDI. Buku yang diterbitkan oleh Penerbit Elex Media Komputindo ini sebenarnya merupakan serial lanjutan dari dua buku yang sudah ditulis sebelumnya.
Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, buku ini cocok bagi pemula, mengapa? Hal tersebut dikarenakan bahasa dan alur buku yang dibuat dengan cara sederhana, dan menerapkan konsep MASTER, yaitu Mudah – Applicable – Sistematis – Terstruktur dan full ColouR.
Buku ini memang dirancang untuk dibaca dan diterapkan dengan santai selama 7 hari,  pembagiannya adalah;
 
Review Buku - 7 Hari Belajar Drone Photography
Review Buku – 7 Hari Belajar Drone Photography
  1. Hari pertama – Perkenalan Tentang Drone dan Jenis – jenis drone
  2. Hari kedua – Menerbangkan drone
  3. Hari ketiga – Komposisi
  4. Hari keempat – Mapping
  5. Hari kelima – Photo dan video dengan drone
  6. Hari keenam – Safety prosedur
  7. Hari ketujuh – Nusantara

 

Membaca isinya, membuat saya sangat merekomendasikan buku ini bagi anda para pemula, sebab banyak disana disampaikan hal – hal dasar, seperti Cara Menerbangkan Drone Untuk Pemula, namun bagi anda yang sudah mahir, masih banyak juga informasi – informasi yang terabaikan oleh kita dilapangan, ada didalam buku ini, sehingga saya merasa perlu untuk mengajak teman – teman membeli buku ini, agar bisa mengingatkan kita tentang hal – hal remen namun krusial.
 
Terutama bagi Anda yang ingin fokus belajar Drone Photography, buku ini menjadi kitab wajib yang harus ada di dalam tas Anda.
 
 
Namun sayangnya, mengingat ini buku memang berjudul tentang Fotography, sehingga pembahasan soal pemetaan menggunakan drone masih sangat minim, sehingga dunia perbukuan indonesia masih membutuhkan buku lain yang membahas tentang drone untuk pemetaan.
Saat ditanya kapan akan keluar buku berjudul 7 Hari Belajar Drone For Mapping, Sang penulis menjawab “Belum itu”. Kita tunggu saja ya.
Untuk harga, Buku Berjudul 7 HariBelajar Drone Photography ini bisa didapat dengan harga Rp. 117.000,- namun saat ini buku ini sudah mulai langka, sepertinya banyak sekali peminat buku ini, bagi anda yang belum mendapatkannya, segera beli, atau anda tidak kebagian nantinya.
Saya juga berharap, kedepannya masih banyak yang akan mengeluarkan sumbangsihnya dalam memajukan dunia drone di tanah air.

 

 

 

Dibawah ini juga ada review dari Arbain Rambey, seorang wartawan kompas senior, yuk disimak.

 

Sumber Gambar : http://www.herrytjiang.com/launching-buku-7-hari-belajar-drone-photography/

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.