Beranda Travelogues Rahasia, Inilah Cara Pergi Ke Pulau Lemukutan yang Mudah dan Murah

Rahasia, Inilah Cara Pergi Ke Pulau Lemukutan yang Mudah dan Murah

0
65
Rahasia, Inilah Cara Pergi Ke Pulau Lemukutan yang Mudah dan Murah – inilah catatan perjalanan saya ke pulau lemukutan, sebuah pulau yang cantik menawan, bahkan saya dan istri berniat untuk kesana lagi dalam waktu dekat.

Sebelumnya, saya  ingin meminta  maaf kepada anda – anda para agen paket wisata ke Pulau Lemukutan, karena artikel ini boleh jadi membuat banyak wisatawan akan memilih untuk melakukan perjalanan sendiri, karena harga yang dikeluarkan hanya separuh dari harga yang anda berikan.

Namun saya rasa anda sudah banyak dapat untung, jadi tidak apalah saya bongkar sedikit disini.

Rahasia, Inilah Cara Pergi Ke Pulau Lemukutan yang Mudah dan Murah
Menyelam di Pulau Lemukutan

Jika anda melakukan googling untuk paket wisata ke Pulau Lemukutan, maka anda akan melihat banyak sekali jasa tour dan travel yang menawarkan berbagai macam paket.

Biaya ke Pulau Lemukutan yang ditawarkan juga bervariasi, dan ada tingkatan / kelas, biasanya terdiri dari kelas ekonomi, kelas standar dan kelas VIP.

Awalnya saya juga berfikir untuk melakukan perjalanan menggunakan paket yang disediakan, lalu mulai menghubungi satu – persatu dari banyak penyedia jasa tersebut.

Sayangnya tidak ada yang sesuai dengan keinginan saya, karena saya hanya pergi berdua dengan istri, dan ingin menginap selama 3 hari 2 malam.

Sementara paket yang disediakan hanya untuk minimal 4 orang, dengan paket 2 hari 1 malam.

Saya mulai bingung karena setelah melakukan nego sana sini, angka yang ditawarkan masih berkisar antara 800.000 sampai dengan 1.000.000 untuk satu orang dengan paket yang saya pilih, 2 orang untuk 3 hari dan 2 malam.

Alhamduillah saya punya banyak teman, kemudian saya mulai googling, dan ternyata bertemu dengan artikel dari seorang teman di Komunitas Blogger Pontianak, anda bisa baca sendiri artikelnya langsung di blog aslinya ; Siti Mustiani – Pelarian Tiga Hari di Pulau Lemukutan Bengkayang Kalimantan Barat

Pada artikel tersebut saya juga menemukan sebuah kontak pemilik Villa Herva, pak Asmadi, lalu dengan seribu harap saya mulai mengetik satu – persatu angka yang tertera di nomor tersebut.

Pada panggilan pertama, tanyata yang angkat adalah putra pak Asmadi, karena Pak Asmadi sedang keluar, antar tamu. Tenyata pak asmadi sibuk sekali, karena anak buahnya sedang liburang tahun baru, jadi beliau antar sendiri tamu – tamunya.

Selang beberapa lama, saya ditelepon balik oleh Pak Asmadi, tanpa ba bi bu, setelah selesai mengucap salam saya langsung di todong, “Mau ke pulau ya bang? Berapa orang?”.

Wah saya pikir mau ngobrol dulu tadi, tapi baiklah, saya lebih senang yang langsung ke point seperti ini. Langsung juga saya jawab “2 untuk 3 hari dan 2 malam”.

Saya pikir (lagi) Pak Asmadi akan menguraikan rincian paket beserta harganya, saya sudah menyiapkan lahir bathin saya untuk itu, aih ternyata yang saya dengar malah hanya begini “Nanti saya kirim nomor orang kapal, besok jam 9 dari teluk suak, naik kapal anton”.

Saya jawab juga “OK”.

Tidak lama kemudian masuk satu nomor, nomor orang yang bawa kapal, namanya Bg Anton.
Untuk semua nomor Hp. Akan saya cantumkan di paling bawah ya Bos.

Baiklah, urusan agen travel 1.000.000 itu sudah selamat tinggal, saatnya tidur, kasian sekali kami ini, suami istri harus menginap di hotel dengan extra bed, karena semua hotel di Singkawang penuh, kami kebagian kamar soperior di Wahana Inn, yang hanya Single Bed.

Salah kami juga sampai di singkawang sudah jam 7 malam, dan tidak pesan jauh – jauh hari. Sampai singkawang sudah capek, tidak sanggup mau keliling cari hotel. Tapi seru juga buat di kenang 😀 .

Cara Pergi Ke Pulau Lemukutan

Teluk Suak – Pulau Lemukutan 1 Jam Dengan Kapal Motor

Besok Paginya, jam 8.30 kami sudah di teluk suak, oh ya, teluk suak ini jaraknya dari hotel Wahana Inn kurang lebih 23 Km. Untuk lebih mudahnya, anda bisa lihat pada peta yang saya beri di bawah ini.



Sampai disana, satu – satunya yang saya tunggu adalah telepon dari Bg Antong, karena saya tidak kenal dengan Bang Anton ini, tapi menurut Pak Asmadi, Bang Anton ini mau menunggu kalau kita udah pesan.

Tidak sampai sepuluh menit kami duduk di dermaga, hp saya berdering, sang Nakhoda kapal menelpon.

Dan, cus. Kami sudah di kapal bang Anton, rata – rata kapal disini tidak terlalu besar, hanya muat untuk sekitar 40 an orang, (angka pastinya saya kurang tau).

Kapal sedikit terlambat karena harus menunggu penumpang lain yang belum datang, jam 10 kami baru berangkat.

Sampai di Pulau Lemukutan sudah jam 11.00, kapal yang kami tumpangi berhenti sebelum masuk wilayah dangkal di depat penginapan Pak Asmadi, kami dijemput menggunakan perahu kecil, yang berlabuh langsung di tangga Villa Herva, tempat kami meginap.

Fasilitas Yang Disediakan

Rahasia, Inilah Cara Pergi Ke Pulau Lemukutan yang Mudah dan Murah
Fasilitas di Villa Herva


Tentu anda akan bertanya – tanya, bagaimana dengan fasilitas? Jangan khawatir, semua fasilitas yang di tawarkan oleh agen travel, juga tersedia disini.

1. Snorkeling
2. Kano
3. Jalan – Jalan Ke Pulau Randayan
4. Nembak Ikan
5. Mancing
6. Karaoke Kelaurga
7. Sewa Sepeda Motor
8. Sewa Kamera Selam
9. Sewa Kamar
10. Mesjid (Tempat Ibadah)
11. Laundry

Biaya ke Pulau Lemukutan


Saatnya kita bahas soal biaya, mengapa saya bahas ini di Akhir? Karena saya di Pulau juga demikian, waktu mau pulang baru bertanya berapa biayanya, yang ternyata hanya 250.000 untuk paket (saya dapat korting, karena saya akrab mengobrol dengan beliau :-D, rejeki anak solah hanya 480.000 untuk saya dan istri) per orang. Harga ini sudah termasuk ; 

  • Kapal Pulang Pergi
  • Nginap di Villa Herva 2 hari dan 1 malam
  • Karaoke
  • Antar Jemput Spot Terumbu Karang
  • Fasilitas Menyelam
  • Kano
  • Antar Jemput Pulau Randayan (tidak termasuk tiket masuk randayan)
  • Ikan bakar
  • Makan 3 kali (Siang pertama datang hari pertama, Malam, dan Pagi)
  • Kopi (hehe)

Oh ya, kami tidak jadi menginap selama dua malam di lemukutan, karena istri saya mau ngajak nonton Jumanji dan nonton kembang api di kota Singkawang, jadi kami memilih untuk pergi tanggal 31 nya dari pulau lemukutan, karena menurut informasi dari Pak Asmadi juga, bahwa tidak ada acara di lemukuta tahun baru ini.

Penginapan di Pulau Lemukutan sendiri banyak sebenarnya, bukan Cuma di tempat pak Asmadi, anda juga bisa pergi ke teluk malanau, sedangkan Villa Herva tempat kami menginap letaknya di Teluk Surau.

Nomor HP yang bisa dihubungi jika ingin melakukan penyeberangan ke Pulau lemukutan adalah sebagai berikut.

  • Pak Asmadi 1 (Pemilik Penginapan di Pulau Lemukutan) : +6282385064047
  • Pak Asmadi 2 (Pemiliki Penginapan di Pulau Lemukutan) : +6285245915081
  • Bang Anton 1 (Kapal Penyeberangan Ke Pulau Lemukutan) : +6281649694772
  • Bang Anton 2 (Kapal Penyeberangan Ke Pulau Lemukutan) : +6282353665720

Rahasia, Inilah Cara Pergi Ke Pulau Lemukutan yang Mudah dan Murah
Main Kano


Nah bagi anda yang mau Pergi ke Pulau Lemukutan, silahkan kontak pak Asmadi, namun jika ingin ke penginapan lain, silahkan kontak Bang Anton, dan minta Bang Anton antar ke Teluk Malanau, disana ada banyak pilihan penginapan di Pulau Lemukutan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.