Bisnis Drone
Bisnis Drone

Potensi Bisnis Drone Di Indonesia – Tahun 2018 adalah tahun yang cocok untuk berbisnis drone, potensi bisnis drone di Indonesia sudah mulai mengalami kemajuan. Potensi ini berkembang seiring dengan berjalannya waktu, baik dilihat dari segi hiburan maupun dari pekerjaan. Drone sudah menciptakan banyak manfaat di kehidupan kita sehari-hari.

Karena drone sudah menjadi teknologi canggih yang harganya beragam sehingga tidak tergolong barang yang mahal saja. Tetapi drone sudah menjadi suatu kebutuhan dalam keperluan pekerjaan atau profesi tertentu. Ada banyak potensi bisnis drone di Indonesia, apalagi jika dipasok dengan modal yang kuat serta kesukaan anda terhadap drone.

Beberapa jenis potensi bisnis drone yang bisa anda coba adalah :

Baca juga penjelasan lebih rinci saya tentang cara menghasilkan uang dari drone.

1. Rental atau jasa sewa drone

Salah satu peluang bisnis yang menjanjikan dari drone adalah membuka rental drone, yang dibuka untuk umum. Bagi siapa saja yang memerlukan drone untuk kebutuhan pekerjaannya atau untuk suatu acara atau kegiatan. Karena hampir setiap orang sudah tahu tentang drone serta cara menggunakan atau menerbangkannya.

2. Penyedia spare part drone racing

Balapan drone sudah menjamur khususnya di kalangan anak muda, sehingga banyak sekali orang yang tertarik pada drone racing. Maka anda bisa menjadi penyedia spare part drone racing untuk para pecinta balapan drone tersebut. Karena drone racing dianggap lebih menarik dibanding drone areal, drone racing sudah menjadi hobi yang menyenangkan.

3. Jasa sewa arena drone race

Selain sewa dronenya, ternyata ada juga jasa sewa arena drone untuk para pecinta balapan drone. Lapangan atau lahan yang sengaja dirancang sebagai arena drone race ini bisa menjadi ladang bisnis yang menguntungkan. Arena tersebut dibuat untuk para penghobi drone race mempertajam kemampuannya dalam menerbangkan pesawat drone.

Peluang Bisnis Drone Yang Menguntungkan

Ada banyak peluang bisnis yang bisa anda jadikan suatu pekerjaan untuk menghasilkan keuntungan, atau menambah pendapatan. Salah satu peluang bisnis drone yang bisa anda lakukan adalah penyewaan drone khusus untuk mereka yang suka selfie atau memotret diri sendiri. Atau bagi mereka yang memiliki hobi di bidang fotografi.

Bisnis Drone
Illustrasi Bisnis Drone

Selfie sudah menjadi kegiatan yang banyak dilakukan oleh semua kalangan, selfir juga sudah menjadi trend sendiri. Bahkan aktifitas selfie sering dijadikan ajang promosi, dalam suatu produk tertentu. Kini anda bisa menciptakan peluang bisnis untuk orang-orang yang suka selfie, mereka bisa selfie menggunakan drone sewaan dan tidak harus menggunakan tongsis lagi.

Kebutuhan drone di masa kini memang semakin komplek, bukan hanya untuk selfie saja tapi untuk beberapa pekerjaan banyak yang membutuhkan drone. Baik dari kalangan fotografi maupun di kalangan akademis, cakupan penggunaan drone memang sudah meluas ke berbagai bidang. Untuk orang-orang yang bergerak di bidang properti, biasanya membutuhkan penyewaan drone juga.

Karena mereka biasanya menggunakan drone untuk mengecek lokasi wisata, lahan yang akan dijadikan sebuah komplek perumahan, lokasi hotel, dan lain sebagainya. Hal itu membuktikan bahwa peluang bisnis dalam penggunaan drone menjadi bisnis yang menjanjikan sekaligus menguntungkan. Apalagi jika anda memiliki klien yang berbisnis besar maka harga sewa pun bisa menjadi mahal.

Kini sudah banyak orang yang membuka bisnis penyewaan drone tersebut, ada yang berjalan perorangan atau mandiri. Namun ada juga yang berupa perusahaan yang khusus membuka penyewaan drone, untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan. Menurut pengakuan para pelaku bisnis tersebut, klien mereka biasanya yang bergerak di bidang properti atau event organizer besar.

Bisnis Sewa Drone

Banyak orang yang ingin sewa drone namun bingung harus mencari ke mana, biasanya penyewaan drone dibagi menjadi 2 macam, yaitu :

  1. Jenis penyewaan yang pertama adalah menyewa drone lengkap dengan pilotnya, harga sewa drone ini biasanya lebih mahal karena kerusakan atau apapun yang terjadi pada drone yang disewa menjadi resiko pemilik drone. Harga sewa pada drone tersebut biasanya tergantung pada jenis dan merk drone masing-masing.
  2. Jenis penyewaan yang kedua adalah menyewa pilotnya saja tanpa drone. Drone yang digunakan biasanya merupakan drone milik penyewa. Harga sewanya biasanya lebih murah dibanding di jenis penyewaan yang pertama. Namun pastikan anda menyewa pilot yang handal dalam menerbangkan drone tersebut.

Daftar harga sewa biasanya tergantung dari beberapa hal berikut ini, yaitu :

  1. Pilot drone, apakah ia sudah memiliki sertifikat dalam menerbangkan drone atau belum.
  2. Jenis pesawat UAV yang digunakan, biasanya akan tersedia beberapa merk tertentu.
  3. Jam terbang dari pilot tersebut, jam terbang itu terdiri dari pengalaman serta sertifikat yang ia punya.
  4. Tingkat kesulitan dari lamanya terbang, atau hasil foto dan video.
  5. Lokasi pemotretan atau video pemotretan.

Drone yang disewa tersebut bisa digunakan untuk beberapa kebutuhan, yaitu :

  1. Survey dalam bidang perkebunan atau industrial.
  2. Pemetaan atau mapping area di perkebunan, kontur tanah, dan area lainnya.
  3. Untuk kebutuhan company profile.
  4. Sebagai dokumentasi suatu project.
  5. Project monitoring misalnya di gedung, bangunan atau realestate.
  6. Untuk produksi pembuatan film atau sinetron.
  7. Dokumentasi suatu kegiatan misalnya outbond, acara pernikahan, konser musik, perayaan ulang tahun, pentas seni, event olahraga, dan lain-lain.

 

Bisnis Jual Beli Drone

Bisnis jual beli drone di Indonesia sudah berkembang semakin pesat, apalagi semakin banyaknya orang yang senang selfie menggunakan alat untuk memudahkan. Alat yang mereka gunakan sekarang adalah drone, wajar jika bisnis jual belinya kini semakin marak. Kebanyakan pelaku bisnis jual beli tersebut adalah orang yang memang memiliki hobi menggunakan drone.

Disini anda bisa menemukan daftar 6 tempat membeli dan service Drone DJI Resmi di Indonesia.

Bahkan omset penjual drone ini bisa mencapai puluhan juta rupiah, tak heran jika bisnis jual beli ini semakin menggiurkan. Karena selain keuntungannya lumayan besar, peminatnya pun semakin bertambah setiap harinya. Kebanyakan orang yang menjual drone tersebut memilih produk-produk buatan Amerika karena  kualitasnya lebih bagus dan peminatnya pun lebih banyak.

Sewa Drone

Jasa sewa drone biasanya dibutuhkan untuk anda yang ingin mengabadikan suatu momen menggunakan drone. Karena jika ingin drone yang memiliki fitur yang lengkap dengan kualitas kamera yang baik harganya pasti cukup mahal. Jadi tak heran jika orang-orang pun memilih untuk menyewa drone saja dibandingkan membeli.

Apalagi jika pemakaian drone hanya 1 kali atau bahkan tidak sering, maka bisa dipastikan menyewa menjadi pilihan terakhir. Serta tidak setiap orang bisa menerbangkan drone dengan mahir dan dengan cara terbang yang benar. Sehingga jasa sewa pesawat tanpa awak ini menjadi solusi yang tepat bagi anda yang memerlukan drone hanya sekali-kali saja.

Harga sewanya sangat beragam, tergantung dari jenis dan merk drone itu sendiri. Penyewaannya biasanya dimulai dari harga 800 ribu rupiah sampai yang paling mahal yaitu 10 juta rupiah. Anda bisa menyewa drone yang disesuaikan dengan kebutuhan. Jika anda menyewa drone sekaligus pilotnya maka anda harus memilih pilot yang handal dan mahir dalam menerbangkannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.