Pesan Anji Manji Kepada Pilot Drone – Drone hanyalah sebuah alat, sebagai sebuah alat, Teknologi canggih ini bisa sangat menguntungkan namun juga bisa membahayakan.

Sebuah peristiwa terjadi pada saat konser Anji Manji di garut, dimana sebuah Drone nyaris menabrak Anji Manji saat sedang bernyanyi di panggung.

Pesan Anji Kepada Pilot Drone
Pesan Anji Kepada Pilot Drone

Peristiwa tersebut di ungkap oleh Anji Manji di Instagram pribadinya, dalam video yang berisi tentang rekaman kejadian drone menabrak stand mic tersebut, Anji menulis Caption ;

PESAN UNTUK PILOT DRONE. 

Hati-hati bisa mencelakakan Musisi.
.
Kalau mau mendekat ke panggung, jangan sampai terjadi hal seperti ini. Untung saat itu drone-nya kena mic stand. Kalau kena gitar atau bahkan kena kepala saya, mungkin akan beda akibatnya.
.
Ini panggungan waktu di Garut. Saya tidak tahu siapa pilot drone-nya. Sampai hari ini juga belum ada yang mengaku.
.
Pokoknya hati-hati ya.

Tips Aman menerbangkan Drone

Agar tidak terjadi peristiwa yang bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain, dibawah ini beberapa Tips yang perlu diperhatikan.

1. Jangan Terbang di Wilayah Tidak Boleh Terbang

Aturan menerbangkan Drone di Indonesia diatur oleh Menteri Perhubungan dalam PERMEN No. 90 Tahun 2015. Dari Peraturan Menteri tersebut, kita bisa mendapatkan area-area yang sangat dilarang untuk menerbangkan drone, yang meliputi:
  1. Kawasan Udara Terlarang (prohibited area): kawasan udara yang tidak diijinkan sama sekali untuk lewati oleh pesawat udara apapun.
  2. Kawasan Udara Terbatas (restricted area): kawasan udara yang digunakan untuk kepentingan negara saja, yang jika sudah tidak aktif bisa digunakan untuk sipil.
  3. Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP): wilayah sekitar bandar udara yang digunakan untuk kegiatan penerbangan.

2. Terbang di tempat terbuka dan Jangan terbang mendekati Objek Penggangu Sinyal

Kejadian Nyaris Nabrak Anji ini, kemungkinan disebabkan oleh ganggunan Sinyal seperti medan Magnet dari Sound System dan Sebagainya (walaupun juga kemungkinan karena human error). Karena kontrol drone ini menggunakan Sinyal radio, maka besar kemungkinan kita lepas kontrol drone.
Selalu terbang di area yang terbuka, yang cukup jauh dari kerumunan orang maupun property dan bangunan lain.
Semua drone sudah dibantu dengan GPS, tunggu hingga mendapat sinyal kuat dari GPS sebelum terbang.

3. Melakukan Pre Flight Checking

Sebelum terbang, kita perlu melakukan Preflight Checking, secara umum yang harus di Cek adalah : propeller, baterai, kelancaran sinyal, dan part-part lain yang bisa mempengaruhi terbangnya sebuah drone.

4. Latihan dan Trining

Sebelum melakukan penerbangan dengan misi khusus, Latihlah kemampuan piloting Anda, bila perlu ikuti training lisesnsi pilot drone yang diadakan instansi-instansi seperti APDI  (Asosiasi Pengguna Drone Indonesia).
Saya sendiri membuka jasa kursus drone, bagi anda yang berminat membeli drone sekligus ingin kursu, kami membuka paket untuk penjualan drone sekalius trining. setiap peserta trining akan diberikan sertfikat.

5. Tetap terlihat dan Jangan Lebih Dari 150m

Sesuai dengan aturan dari Menteri Perhubungan, jangan terbang di ketinggian lebih dari 150m.
Terbanglah hanya ketika Anda “sadar”. No Alcohol, No Drugs, No Ngantuk.
Pastikan drone tidak luput dari pandangan Anda, jika perlu ajak teman Anda untuk melihat posisi drone. Masih ada selisih/delay antara liveview dengan kondisi drone sebenarnya.
Meskipun beberapa drone sudah dilengkapi dengan autopilot, auto take off, maupun autolanding, pastikan Anda tidak terlalu tergantung pada sistem auto dan bisa mengendalikan drone manual di kondisi apapun.

6. Minta Izin Pihak berwenang

Minta ijin kepada warga sekitar atau pihak yang dianggap bertanggung jawab sebelum Anda menerbangkan drone di area tersebut.
Jangan terbang di area sensitif pemerintah seperti bandara, penjara, kantor kenegaraan, dll. Di beberapa drone (seperti DJI) sudah terdapat geo system yang akan memberi tahu jika kita terbang di area yang terbatas/terlarang.
Sebisa mungkin, pastikan drone berjarak paling tidak 50m dari property atau kerumunan masyarakat.
Terakhir, jika penerbangan drone kita terlanjur merugikan orang lain, pastikan Anda bertanggung jawab ke semua pihak yang terkait.
Bagi anda yang ingin mendokumentasikan Konser seperti Konser Anji ini, sebaiknya anda harus izin terlebih dahulu ke Panitia.
Jika tidak, panitian berhak untuk menurunkan paksa drone anda karena di anggap mengancam keselamatan orang lain.
Di Indonesia memang belum ada himbauan detail mengenai aturan menerbangkan drone seperti list di atas. Namun kita bisa berkaca pada beberapa negara lain yang sudah siap, salah satunya adalah di negara-negara UK, yang menghimbau warga negaranya melalui video seperti berikut:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.