Pengertian Dan Sejarah Drone Yang Belum Banyak Diketahui – Baru-baru ini drone menjadi salah satu mainan yang seru untuk banyak orang, terlebih beberapa publik figur yang sengaja mengoleksi benda tersebut. Tapi tahukah anda apa itu drone, dan apa saja manfaatnya bagi kehidupan kita sehari-hari. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai pengertian dan sejarah drone dari zaman dahulu hingga masa kini.

Pengertian Dan Sejarah Drone Yang Belum Banyak Diketahui
Pengertian Dan Sejarah Drone Yang Belum Banyak Diketahui


Pengertian dan sejarah drone yang paling umum diketahui orang banyak diantaranya yaitu, drone merupakan pesawat tanpa awak yang dapat dikendalikan dari jauh. Pesawat tanpa awak atau drone ini adalah sebuah mesin yang bisa terbang, yang fungsinya yaitu dapat dikendalikan dari jarak yang cukup jauh oleh seorang pilot. Pesawat tanpa awak ini mampu mengendalikan dirinya sendiri.


Pengertian Dan Sejarah Drone Di Dunia

Pesawat tanpa awak ini menggunakan hukum aerodinamika yang sangat canggih, sehingga mampu mengangkat dirinya. Drone juga dapat mengangkut senjata atau muatan lainnya, itulah mengapa banyak orang yang menggunakan drone untuk suatu kepentingan tertentu. Selain pengertian drone secara umum, ada lagi sejarah drone yang harus kita ketahui.

Yuk Baca : Mengenal Jenis – Jenis Drone

Teknologi canggih yang kita sebut dengan drone atau pesawat tanpa awak ini, sebenarnya sudah diciptakan sejak dahulu. Bahkan drone sudah muncul di awal abad ke-19, sebelum meletusnya perang dunia ke-I. Drone pertama kali diciptakan dan digunakan tepatnya di tanggal 22 Agustus tahun 1849 walaupun dengan teknologi yang sesuai dengan zaman itu.

Di zaman dahulu drone digunakan untuk kepentingan perang oleh para militer, yang tujuannya adalah untuk memata-matai para musuh di daerah yang terdapat konflik. Secara garis besarnya, penggunaan drone ini biasa dipakai atau digunakan di bidang kemiliteran. Perbedaan drone dengan rudal adalah rudal tidak dapat digunakan kembali, sedangkan drone bisa digunakan lagi.

Drone mengalami perkembangan yang cukup pesat khususnya di bidang teknologi dari tahun ke tahun, dari masa ke masa. Pesawat tanpa awal ini sangat berguna di beberapa kejadian yang terjadi di zaman dahulu, salah satunya pada saat perang dunia ke-I meletus. Awalnya drone hanya digunakan di Amerika saja, tapi lambat laun drone pun digunakan di beberapa negara lainnya.

Pengertian Drone Menurut Para Ahli

Pengertian drone menurut para ahli dibedakan menjadi 2 macam, yaitu combat drone yang berarti pesawat tanpa awak yang digunakan untuk pengintaian, peperangan dan penyerangan. Combat drone ini disesuaikan dengan fungsinya, maka biasanya dilengkapi dengan senjata. Sedangkan drone yang kedua adalah drone yang dibuat sebagai sarana yang baik untuk mengangkat suatu benda.


Pengertian Dan Sejarah Drone Yang Belum Banyak Diketahui
Pengertian Dan Sejarah Drone Yang Belum Banyak Diketahui


Selain itu drone versi kedua ini juga biasanya digunakan untuk melakukan tugas yang dianggap kotor atau berbahaya bagi manusia. Misalnya sesuatu yang dilakukan di tempat yang radiasinya cukup tinggi, sehingga tidak aman jika dilakukan oleh manusia. Karena tidak memiliki awak, maka otomatis drone akan dilengkapi dengan infrared, GPS dan komputer yang terkoneksi dengan pusat kendali.


Pengertian Drone Congregation Area


Pengertian drone congregation area yaitu suatu tempat yang digunakan untuk drone terbang meninggalkan sarang lebah atau tempat asalnya. Diameter drone congregation area biasanya sekitar 30-200 m, atau 15-40 m dari atas tanah. Drone ini nantinya akan terbang bolak balik di sekitar area tersebut, dan mengeluarkan bunyi atau dengungan yang menyerupai gerombolan lebah. 


Drone tersebut biasanya akan mengunjungi drone congregation area yang berbeda-beda, bahkan drone tersebut dapat memilih tempat yang dekat dengan habitat para lebah. Terkadang lebih dari satu drone congregation area dikunjungi oleh dengungan yang sama dalam 1 hari. Inilah keunikan dan kelebihan drone.


Selain itu drone congregation area ini sering juga ditempati atau didatangi oleh para lebah, biasanya tempat tersebut adalah tempat yang dikelilingi oleh medan magnet bumi atau fitur visual yang ada di lapangan. Bisa juga terdapat di ruangan terbuka yang dekat dengan pohon, hills, atau di atas air dan juga hutan. 


Pengertian Drone Rotary Wing


Pengertian drone rotary wing adalah pesawat tanpa awak yang terbang ke angkasa, dengan cara diangkat oleh sayap yang terus saja berputar-putar. Baling-baling tersebut bisa berputar sampai ribuan kali, yang tujuannya untuk menghasilkan daya angkat agar bisa sampai ke atas. Biasanya bentuk baling-baling tersebut dirancang dan didesain dengan desain airfoil. 


Pengertian Dan Sejarah Drone Yang Belum Banyak Diketahui
Phantom, Salah satu jenis Rotary Wing


Pada rangkaian baling-baling serta tiang di bagian pusatnya disebut dengan rotor, setiap drone rotary wing memiliki rotor yang jumlahnya berbeda-beda. cara menerbangkan drone Dalam beberapa hal, drone rotary wing ini dilengkapi dengan sebuah mesin tambahan. Yang fungsinya untuk membantu fleksibilitas serta meningkatkan gerak cepat pesawat, baik ke arah atas maupun ke arah samping.


Sejarah Drone Di Indonesia


Dengan semakin berkembangnya teknologi drone maka lambat laun drone pun digunakan di Indonesia, bahkan kini drone menjadi suatu fenomena yang modern di Indonesia. karena semakin banyak orang yang menggunakan drone untuk kepentingan atau kegiatan tertentu. Bahkan untuk sebagian jurnalis profesional, drone dijadikan alat bantu untuk pengambilan gambar foto atau video.


Penggunaan drone bagi para jurnalis tersebut, memberikan manfaatnya yang cukup banyak salah satunya yaitu untuk mengurangi resiko saat para jurnalis itu mengambil foto atau video di tempat yang cukup berbahaya. Sejarah drone di Indonesia dimulai di tahun 2000 silam, tetapi perkembanganya saat itu kurang bagus karena tidak dilakukan oleh 1 badan saja.


Kemudian seiring dengan berjalannya waktu, dibentuklah suatu asosiasi yang melibatkan beberapa badan profesional di Indonesia. yang bertugas untuk mengembangkan fungsi dari pesawat tanpa awal tersebut. Bahkan pengembangan drone di Indonesia ini dilakukan juga oleh beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia yaitu UGM, ITB dan ITS.

Sejarah Drone Camera


Penggunaan drone di Indonesia juga berhubungan dengan kemiliteran, walaupun seiring dengan perkembangannya drone juga digunakan sebagai camera. Untuk beberapa profesi tertentu yang berhubungan dengan camera, drone biasa digunakan untuk kepentingan pekerjaannya. Sejarah drone camera dimulai dengan perusahaan gadget yang mengadopsi penggunaan drone tersebut.


Pengertian Dan Sejarah Drone Yang Belum Banyak Diketahui
DJI Mavic Air, Contoh Drone Kamera


Penggunaan drone ini memiliki fungsi untuk menciptakan suatu kamera drone komersial, sehingga pada akhirnya kamera drone ini dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Sama dengan mainan remote control lainnya, drone juga memiliki cara penggunaan yang sama. Drone yang cukup modern bahkan dilengkapi dengan chip yang dapat mengirim file ke smartphone.


Jadi setiap gambar yang diambil oleh drone dapat dilihat secara langsung melalui smartphone milik kita. Hal ini tentu sangat memudahkan dan kita bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi drone tersebut. Namun sesuai dengan aturan undang-undang yang ada, baca drone untuk pemetaan, ada beberapa tempat atau daerah yang tidak boleh digunakan untuk dimasuki oleh drone.


Jika anda ingin mengadakan suatu penelitian tertentu atau pengambilan gambar yang menyangkut tempat-tempat tertentu di Indonesia, maka anda harus meminta izin kepada institusi yang memiliki wewenang di daerah tersebut. Beberapa kawasan yang tidak boleh dimasuki oleh drone adalah penerbangan bandara, keselamatan operasi penerbangan, dan area ketinggian lebih dari 150 m.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.