Pelatihan Drone Dinas pertanian serang banten
Pelatihan Drone Dinas pertanian serang banten

Pelatihan Drone Untuk Dinas Pertanian Kabupaten Serang Banten. Pelatihan ini merupakan yang pertama dilakukan oleh Tim Galeri Angkasa Sejahtera di Provinsi banten. Lebih Tepanya di Kabupaten Serang.

Pada minggu ketiga bulan Juli tahun 2018 yang lalu, kami melakukan pelatihan di Dinas Pertanian Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Pelatihan drone ini bertema “Training Survey Mapping Using Drone“.

Training yang dilakukan selama 3 hari ini diikuti oleh 2 orang peserta. Dilakukan di kantor Dinas Pertanian Kabupaten Serang.

“Data spasial lebih mudah dibaca dibandingkan data tabular”. Begitu disamaikan oleh Pak Zaldi, salah satu peserta saat ditanya mengapa tertarik belajar Drone.

Seperti Kursus drone lainnya, Pada Training kali ini, peserta juga kembali di ajak untuk melakukan praktek langsung. Selain juga diberikan materi.

Metode Pelatihan

Untuk praktek, meliputi Praktek pengoperasian drone secara manual, dan praktek akuisisi data.

Adapun pembagiannya.

  1. hari pertama : Peserta diberikan materi tentang aerodinamika dan fotogrametry. Serta diberikan juga penguatan tentang safety prosedur.
  2. hari kedua : Praktek melakukan penerbangan secara manual dan praktek Akuisisi data
  3. Hari ketiga : Praktek pengolahan data

Urgensi Pelatihan Drone Untuk Dinas Pertanian

Sebagai salah satu upaya dalam menyajikan data yang akurat, drone adalah pilihan paling masuk akal. Terutama daerah – daerah yang sangat dinamis, dimana perubahan penggunaan lahan sangat cepat.

Jika menggunakan citra satelit, maka citra sebuah wilayah sangat sulit untuk di Update. Dengan drone, kita bisa mengambil citra wilayah yang dimaksud kapan saja.

Menyajikan data peta sawah dan lahan pertanian dalam bentuk spasial adalah salah satu terobosan besar. Dengan drone, perdebatan soal luas wilayah lahan dan informasi hasil panen bisa lebih akurat.

Sehingga perdebatan soal hasil panen dan kebutuhan impor pangan bisa diselesaikan.

Hari ini, data yang disajikan di dinas pertanian manapun, masih sebatas angka – angka. Namun tidak mustahil, suatu hari nanti, kita bisa melihat secara jelas padi yang sedang menguning dari citra drone.

Dinas Pertanian harusnya mulai melakukan peningkatan sumber daya staffnya. Melalui pelatihan atau bimbingan teknis seperti yang sudah dilakukan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Serang ini.

Galeri Foto Pelatihan Drone Untuk Dinas Pertanian

Pelatihan Drone Untuk Dinas Pertanian Kabupaten Serang Banten
Pelatihan Drone Untuk Dinas Pertanian Kabupaten Serang Banten
Liu Purnomo sedang menjelaskan fitur pada remote kontrol
Liu Purnomo sedang menjelaskan fitur pada remote kontrol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.