Pelatihan drone untuk BPBD Batu dilakukan di Kota Wisata Batu, Maret 2019.

Pelatihan ini bertema “Pelatihan Teknis Penangangan Bencana Operator Peralatan Drone”. Dilakukan pada tanggal 11 – 15 Maret 2019 di Kota Wisata Batu.

Pelatihan Drone Untuk BPBD Batu

Training Drone ini ikuti oleh 30 orang peserta. Kursus Drone tingkat dasar ini lebih fokus bicara soal pemanfaatan drone untuk pemetaan.

BPBD mempunyai kebutuhan khusus terkait pemanfaatan drone ini, karena di banyak aspek, drone sangat membantu tugas – tugas BPBD.

Salah satu peran drone adalah untuk melakukan kaji cepat.

Foto Bersama Peserta Pelatihan Drone
Foto Bersama Peserta Pelatihan Drone

Sebagaimana biasanya, pelatihan kali ini dilakukan selama 5 hari. Dimulai dari teori penjelasan dasar drone, regulasi, tips dan triks, sampai dengan praktek.

Untuk praktek mulai dari praktek terbang drone, praktek akuisisi sampai praktek pengolahan data drone.

Dibawah ini beberapa dokumentasi pelatihan drone ini.

Dalam banyak sisi, drone jelas lebih baik, mengingat wilayah bencana bukanlah tempat yang aman bagi manusia.

Karena bisa terbang dengan membawa kamera, sangat membantu dalam melakukan pemantauan wilayah bencana. Salah satu contoh pemanfaatannya adalah yang dilakukan oleh Bu Risma, saat memantau lokasi jalan yang amblas di Surabaya.

Pemanfaatan lainnya adalah untuk pemetaan. Kelebihan pemetaan menggunakan drone ini banyak sekali, antara lain adalah kemudahan, pemetaan menggunakan drone lebih mudah karena hanya membutuhkan sedikit personil dan prosesnya tidak rumit. Bandingkan jika harus mengelilingi wilayah dengan GPS. Selain itu juga lebih Up To Date. Kita tahu ada layanan citra satelit, tapi citra satelit punya masa orbit yang tidak setiap saat bisa kita request untuk mengambil gambar sebuah spot, sehingga tidak selalu bisa menyanyikan data pada tanggal dan jam sesuai yang kita butuhkan.

Manfaat peta drone ini juga luar biasa banyak. Kami sedang mengembangkan sistem simulasi bencana seperti banjir, tsunami, gempa bumi, gunung meletus dll dari data peta hasil pemetaan drone, ini sangat bermanfaat untuk BPBD  dalam membantu masyarakat dan personil BPBD menghadapi bencana yang bisa terjadi kapan saja.

Author

I’m a passionate drone and travelling

Write A Comment