Pelatihan Drone Untuk Badan Restorasi Gambut
Bagikan

Pelatihan Drone Untuk Badan Restorasi Gambut

Pelatihan drone untuk BRG
Pelatihan drone untuk BRG

Pelatihan drone untuk pemetaan. Menjelang tutup tahun 2018, saya berkesempatan untuk melatih drone untuk pemetaan bagi teman – teman dari badan restorasi gambut.

Pelatihan drone ini bertema “Pelatihan Akuisisi dan Analisis Data Presisi Menggunakan Mesin Terbang Tanpa Awak Untuk Pemetaan dan Perencanaan Lahan Gambut”. Peserta kegiatan ini adalah Badan Restorasi Gambut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pelatihan drone untuk pemetaan ini dilakukan di Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Peserta pelatihan berasal dari 7 Provinsi di Indonesia, dari Sumatera hingga Papua, juga dari BRG Pusat. Adapun rincian asal peserta adalah sebagai berikut :

  1. KSDAE Riau
  2. KSDAE Kalimantan Tengah
  3. Balai Taman Nasional Tanjung Puting
  4. Balai Taman Nasional Sebangau
  5. KPHL Kapuas Kahayan
  6. BRG Riau
  7. BRG Sumatera Selatan
  8. BRG Provinsi Jambi
  9. BRG Kalimantan Barat
  10. BRG Kalimantan Tengah
  11. BRG Kaliantan Selatan
  12. BRG Papua
  13. BRG Pusat

Selain itu, ada pula tambahan dari Balai Besar Gunung Gede Pangrango.

Adapun panitia dari kegiatan ini adalah Pusat Keteknikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutahan, Pustek KLHK.

Kepala Pustek KLHK, saat membuka pelatihan ini menyampaikan betapa pentingnya peningkatan sumber daya manusia dalam pemanfaatan teknologi drone ini. Mengingat kebutuhan Badan Restorasi Gambut dalam melakukan inventarisir wilayah. Pemetaan menggunakan drone dinilai sangat membantu dalam melakukan percepatan proses identifikasi wilayah gambut.

Training drone ini dilakukan selama 5 hari, dari Tanggal 10 desember 2018 sampai dengan 14 Desember 2018. Dibawah ini adalah dokumentasi kegiatan kita selama 5 hari dalam kursus drone untuk Badan Restorasi Gambut ini.

Bagikan
Ikut Berdiskusi

2 Komentar
Liu Purnomo

Arsip