Mengenal Teknik Dan Cara Menggunakan Drone Videografi

Mengenal Teknik Dan Cara Menggunakan Drone Videografi – Mendapatkan gambar atau video yang menarik dengan hasil yang bagus tentu tidak mudah, karena dibutuhkan seorang operator yang handal dalam bidangnya. Sehingga drone menjadi salah satu solusi terbaik untuk para fotografer dalam menghasilkan foto atau video yang bagus. Termasuk drone videografi, segalanya menjadi lebih mudah dengan jenis drone yang mudah diterbangkan.
Drone Videografi
Drone Videografi
Anda bisa memlih kamera video yang bagus dan berkualitas, dengan resolusi yang baik. Serta terdapat filter auto flight, tetapi fitur yang bagus yang terdapat pada sebuah drone harganya pasti tidak murah. Selain itu jika anda serius menekuni drone videografi maka pastikan anda memilih jenis drone yang berkualitas bagus dan bukan hanya sekadar drone untuk mainan saja.
Bagi anda yang ingin meningkatkan skill dibidang drone videografi, anda bisa mengikuti sebuah pelatihan drone untuk videografer, karena punya drone mahal saja tidak cukup, agar drone mahal bisa dimaksimalkan penggunaannya, maka SDM Pilotnya harus kuat.

Drone Videografi Murah

Beberapa tahun terakhir drone sedang marak dibicarakan, dan banyak sekali orang yang menggunakan benda tersebut. Pesawat radio kontrol tersebut memiliki kemampuan terbang tinggi, sehingga banyak orang yang memanfaatkannya untuk kebutuhan videografi dan fotografi. Ada banyak jenis drone videografi murah yang kualitasnya lumayan.
Dengan cakupan gambar yang semakin luas maka anda bisa mendapatkan foto dan video yang bagus. Mungkin anda kebingungan dengan beberapa merk drone untuk kebutuhan videografi, dari yang harganya murah hingga yang harganya mahal. Berikut beberapa jenis dan merk drone yang harganya terjangkau, yang bisa anda gunakan untuk kebutuhan videografi anda. Diantaranya yaitu :

1. UDI 818A

Jenis drone yang satu ini sudah mengusung teknologi 6-axis gyroscope yang membuat drone tersebut stabil. Teknologi drone tersebut akan sangat memudahkan dalam penggunaannya karena penempatannya lebih akurat. Dengan spesifikasi baterai yang lebih besar, maka drone ini dapat bertahan lebih lama di udara.
UDI 818A - Drone Videografi
UDI 818A – Drone Videografi
Selain itu, drone UD 818A ini juga memiliki kamera yang berkualitas HD sehingga gambar atau video yang dihasilkan pun lebih tajam dan lebih baik. Drone ini bisa anda pilih untuk kebutuhan videografi anda.

2. Drone Syma X5C Explorer

Drone yang satu ini sudah menggunakan teknologi spectrum spread, kegunaan teknologi tersebut adalah dapat membuat drone lebih stabil ketika mengudara. Drone ini terbilang bandel dan memiliki cakupan jelajah yang luas. Drone Videografi Syma ini juga sudah dilengkapi dengan kamera yang berkualitas HD, dengan beberapa pilihan mode terbang yang bisa anda atur.

3. Hubsan X4

Drone hubsan X4 ini terbilang cukup murah, sesuai dengan ukurannya yang kecil yang sebesar kepalan tangan. Keunggulan dari mini drone ini adalah ia mampu melakukan aksi akrobatik hingga 360 derajat celcius. Kameranya masih berspesifikasi 0,3 MP, namun cukup baik untuk pengguna drone pemula.

4. Parrot AR Drone 2.0

Drone Parrot AR sudah dilengkapi dengan fitur yang bernama smartphone control system, yang akan memudahkan anda mengendalikan gawai. Kualitas kamera videonya 720P, sehingga bisa langsung tersambung ke gawai milik anda melalui wifi. Drone Parrot AR ini fiturnya terbilang sangat lengkap.

5. WL Toys V959

WL Toys masih terbilang baru di dunia drone, tapi kemampuannya sudah bisa diandalkan. Karena WL Toys memiliki 4 motor penggerak yang semuanya bisa digerakkan sekaligus, sehingga drone ini terbilang berkualitas baik karena memiliki akselerasi tinggi ketika mengudara. 

Harga Drone Videografi

Kini harga drone sudah mulai turun di pasaran, walaupun masih ada beberapa jenis merk tertentu yang terbilang mahal. Tapi bagi anda yang baru saja terjun ke dunia drone khususnya dalam bidang fotografi, jangan khawatir karena kini banyak sekali harga drone videografi yang murah dan terjangkau. 
Karena sebagai seorang pemula, anda tak perlu mengeluarkan dana yang terlalu besar untuk perlengkapan drone. Apalagi anda juga bisa belajar terlebih dahulu dari drone yang spesifikasinya rendah, yang bisa anda dapatkan dengan harga yang murah. Anda bisa belajar untuk menguasai fiturnya terlebih dahulu, sebelum mulai membeli jenis drone yang mahal. Kami sudah memberikan panduan membeli drone berkualitas yang bisa menjadi referensi anda ketika ingin membeli drone videografi yang murah dan berkualitas.
Jika nanti anda sudah mulai mahir mengoperasikan drone yang spesifikasinya rendah, maka anda boleh beralih ke jenis drone yang lebih advance. Berikut ini beberapa merk drone yang harganya murah tapi memiliki kualitas yang baik. Diantaranya sebagai berikut :

1. Syma RC Quadcoper X8G

Merk yang satu ini merupakan salah satu jenis drone yang cocok dan sering digunakan oleh photografer di Indonesia. serta dapat membantu anda untuk belajar melakukan cara dan teknik fotografi atau videografi, menggunakan drone yang murah dan terbaik. Fitur yang terdapat di dalamnya cukup mumpuni.
Kamera fotonya memiliki resolusi 5 MP, sedangkan untuk kualitas kamera videonya yaitu full HD 1080P. Kedua fitur tersebut cukup untuk mendapatkan hasil foto yang bagus dan hasil rekaman video yang cukup tajam. Syma RC ini juga sudah dilengkapi dengan kontrol penerbangan 6-axis yang mampu menstabilkan drone ketika sedang terbang di udara.

2. Cheerson CX-20

Drone yang satu ini memiliki GPS system yang akan memudahkan anda saat menggunakan drone tersebut. Karena drone tersebut bisa kembali ke titik awal penerbangan, jika komunikasi antara penerima dengan remote control tiba-tiba terputus karena masalah sinyal.
Namun sedikit kekurangan pada drone Cheerson tersebut adalah belum adanya kamera built in, artinya anda harus membeli kamera dalam keadaan terpisah untuk dipasangkan di drone tersebut. Drone ini cocok untuk anda yang sudah memiliki Go-photographer Indonesia.

3. Walkera Runner 250 Basic 3 RTF FPV

Desain dari drone Walkera ini sangat menarik perhatian karena tampilannya futuristik, dan memiliki kecepatan di atas rata-rata. Drone yang harganya cukup murah ini memiliki kecepatan sekitar 40 Km/jam. Fitur lainnya adalah sudah dilengkapi dengan kamera building HD 800 TVL, yang kualitasnya sangat baik.
Drone Videografi - Walkera Runner 250 Basic 3 RTF FPV
Walkera Runner 250 Basic 3 RTF FPV
Namun jika anda kurang puas dengan kualitas kamera di Walkera ini, maka anda bisa menambahkan sendiri yang dipasang di bagian Outing Gimbal. Transmisi video realtime pada drone tersebut berjalan pada frekuensi 5,8 Hgz. 

4. Parrot AR Drone 2,0 Elite Edition

Salah satu keunggulan dari drone Parrot ini adalah mampu dikendalikan dengan smartphone, anda harus mengunduh aplikasi AR.Freeflight terlebih dahulu untuk bisa menerbangkan drone tersebut. Selain itu foto dan video dapat dikirimkan secara realtime ke smartphone ketika drone sedang diterbangkan.
Dengan fitur Director Mode, maka anda bisa merekam video dengan halus disertai hasil rekaman yang sangat berkualitas. drone dengan harga yang cukup terjangkau ini dibandrol dengan harga sekitar 5 juta rupiah.

5. Dji Phantom 3 Advanced

Harga drone yang satu ini sedikit lebih mahal dibanding drone lainnya yang sudah dibahas sebelumnya. Namun fiturnya memang sangat lengkap dan sesuai dengan harga dari drone Dji Panthom tersebut. Drone ini juga dapat dikontrol langsung dengan smartphone, dan memiliki kualitas foto 12 MP lengkap dengan ½,3 inch CMOS sensor, dan lensa 20 mm.
Kualitas videonya sudah full HD dan 1080 P, selain itu fitur lainnya yaitu adanya GPS system yang akan membuat drone aman. Fitur-fitur tersebut akan membuat anda menjadi photographer profesional di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.