Membeli Drone Bekas
Membeli Drone Bekas

Mengenal Jenis – Jenis Drone dan Pemanfaatan Drone adalah artikel yang memberikan informasi tentang jenis drone .

Drone memiliki beberapa jenis, kebanyakan orang jika disebut drone, maka yang dibayangkan adalah pasti Copter. Seperti DJI Phantom, Xiro, Syma dan sejenisnya.

Drone yang biasa disingkat UAV (Unmanned Aerial Vihicle) adalah sebuah wahana tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh.

Drone bisa dibagi menjadi dua jenis berdasarkan bentuknya, yaitu Fixed Wing dan Rotary Wings Drone. dibawah ini kita akan membahas satu persatu jenis drone tersebut.

Pada artikel sebelumnya, saya sudah pernah membahas mengenai 10 Manfaat dan Kegunaan drone dalam berbagai bidang.

A. Jenis Drone Fixed Wing

Drone jenis Fixed Wing ini menggunakan sayap untuk terbang, drone jenis Fixed Wing ini sendiri memiliki beberapa bentuk dan ukuran, bergantung pada kegunaannya masing masing.

Beberapa Bentuk dan Ukuran Drone Jenis Fixed Wing
Beberapa Bentuk dan Ukuran Jenis Drone Fixed Wing
Sumber : Wikipedia

Baragkali anda perlu membaca : Daftar jenis drone yang cocok untuk pemetaan menggunakan Pix4DCapture.

Drone jenis Fixed Wing ini bisa ditenagai Baterai dan bisa juga menggunakan Bahan Bakar.

B. Rotary Wing Drone

Rotary Wing Drone adalah drone yang menggunakan baling – baling (Propellers) nya untuk terbang, drone jenis ini biasa dikenal dengan nama Multicopter atau Multirotor.

Untuk penamaannya disesuaikan dengan banyaknya motor atau baling – baling. Drone jenis ini biasanya ditenagai baterai, dan merupakan jenis drone terbanyak yang di jual dipasaran, harganya sendiri bervariasi, mulai dari ratusan ribu, sampai pada ratusan juta.

  • 1 Baling – baling = Single Copter
Model ini memgadopsi model Helicoopter, copter yang hanya memiliki 1 baling – baling. drone ini paling sulit dikendalikan (Menurut saya)  karena tidak memiliki kestabilan, namun untuk melakukan manuver sangat mudah. Model ini tidak direkomendasikan untuk anda yang baru belajar.
Helicopter
Helicopter
  • 2 Baling – baling = Double Copter 
Double – copter memiliki 2 baling baling, biasanya baling – balingnya di pasang di kedua sisi pesawat. masih tergolong sulit untuk dikendalikan.
Model Double Copter
Jenis Drone Model Double Copter
Anda ingin belajar menerbangkan drone? baca nih Cara Menerbangkan Drone Untuk Pemula.
  • 3 Baling – baling = Thrirdcopter)
Dengan 3 baling – baling, model tri-copter ini lebih mudah dikendalikan, dan lebih stabil dibandingkan dengan Double Copter dan Single-Copter.
model tri-copter
model tri-copter
  • 4 Baling – baling = Quadcopter
Drone jenis ini adalah jenis yang paling banyak dipasarkan, dan paling banyak digunakan saat ini, harganya juga bervariasi.
Drone Quadcopter
Drone Quadcopter
Anda yakin bermain drone hanya untuk hobby? coba deh baca ini : Cara menghasilkan uangg dari hobby bermain drone.
  • 6 Baling – baling = Hexacopter
Hexacopter
Hexacopter
Hexacopter pada dasarnya sama dengan Quad copter, namun bedanya, hexa copter memiliki 6 baling – baling, memang secara logika semakin banyak baling – baling, akan semakin stabil.
  • 8 Baling – baling = Octocopter

 

Octocopter
Octocopter
Octocopter memiliki 8 baling – baling, untuk pengendaliannya memang lebih gampang, namun jenis ini sangat boros baterainya, karena harus menghidupi 8 motor.
Nah demikianlah jenis – jenis drone yang perlu diketahui, jika anda ingin menambahkan, silahkan tinggalkan komenar dibawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.