Beranda Informasi 5 Tips Membeli Drone Bekas Agar Sesuai Keinginan

5 Tips Membeli Drone Bekas Agar Sesuai Keinginan

1
76
Membeli Drone Bekas
Membeli Drone Bekas

Membeli drone bekas tentu saja menuntut pembeli untuk lebih berhati – hati. Banyak sekali hal – hal penting yang harus dilihat sebelum anda memutuskan untuk membelinya.

Harga yang lebih rendah daripada harga baru. Hal ini membuat banyak orang yang berfikir untuk membeli drone bekas. Apalagi untuk pemula. yang sekedar ingin menggunakan dronenya untuk belajar.

Berbeda dengan Tips Membeli Drone yang sudah pernah saya buat. Kali ini saya akan memberikan 5 Tips membeli drone bekas. Mudah – mudahan tips ini bisa bermanfaat bagi anda yang berniat untuk membeli drone bekas.

Bagi anda yang ingin membeli drone yang resmi, silahkan mengunjungi 6 tempat membeli dan service drone di Indonesia. Disini barang yang dijual sudah pasti Ori.

Tips Membeli Drone Bekas 1 : Mengenal Penjual Drone Bekas

Sebelum anda memutuskan untuk membeli drone bekas. Sangat disarankan agar anda mengenal dengan baik penjualnya. Coba kepoin akun sosial medianya. Jika menurut anda penjualnya jujur dan tidak akan menipu anda, jangan ragu, langsung beli saja.

Jika anda membelinya di marketplace, pastikan anda membaca review atau ulasan dari orang lain. Hal ini biasanya akan menunjukkan siapa penjualnya.

Salah satu keuntungan mengenal penjual ini. Anda bisa komplain jika ternyata drone yang anda beli tidak sesuai dengan kesepakatan anda di awal. Orang terkenal biasanya akan menjaga reputasinya. Jadi memenuhi kepuasan anda adalah prioritas penjual.

Pastikan anda mendapatkan layanan garansi personal selama 1 minggu. Jika ternyata drone yang anda beli tidak sesuai dengan yang disampaikan penjual.

Tips 2 : Memahami Resiko

Point paling penting untuk diperhatikan adalah, memahami resiko jika kita ingin membeli drone bekas atau drone seken. Jika kita bisa memahami resiko dengan baik, maka kita bisa mengatasi dan bisa mewaspadai kemungkinan terburuk dari membeli drone bekas.

Adapun beberapa resiko yang mungkin muncul  saat anda membeli drone bekas adalah sebagai berikut;

A. Kondisi Drone Sudah Tua

Jika anda membeli drone bekas, Salah satu resiko paling mungkin adalah. Kondisi drone yang sudah tua, ini juga yang melatar belakangi drone bekas biasanya harganya murah.

B.  Jam Terbang Drone Sudah Lama

Ini penting diperhatikan, sebagaimana yang kita pahami. Bahwa drone memiliki “masa” nya sendiri, dalam jangka waktu sekian ribu terbang, drone harus di maintenance. Jadi perhatikan.

B. Status Drone Tidak Jelas

Salah satu kemungkinan terburuk adalah drone yang akan anda beli ternyata adalah drone curian. Atau bisa saja drone tersebut adalah drone hasil nemu, kan banyak tuh drone yang hilang. Kemudian ada yang menemukannya dan kemudian menjualnya kepada anda.

Tips Membeli Drone Bekas : Cek kondisi drone

Jika anda sudah memahami, dan siap menerima resiko seperti yang saya sebutkan diatas. Maka Tips Membeli drone bekas selanjutnya adalah melakukan pengecekan drone.

A. Masa Garansi Drone

drone milik DJI memiliki masa garansi, biasanya 1 tahun, anda harus memahami hal tersebut jika itu masalah buat anda. Namun jika anda merasa tidak terlalu penting, saya pikir juga tidak masalah. Toh saya selama ini belum pernah klaim garansi drone DJI.

B. Sparepart

Pastikan anda tahu apa sparepart yang dipasang di drone bekas yang akan anda beli. Apakah barangnnya masih asli, atau sudah copotan dan diganti dengan yang tidak asli. Hal ini tentu bermasalah pada mutu drone anda. Sebaiknya pertimbangkan kembali niat anda membeli drone bekas jika drone tersebut pernah crash. Dan pernah diganti dengan sparepart yang abal – abal.

Tips 4 : Tes Terbang

Penting untuk menguji drone, jika anda ingin membeli sebuah drone bekas. Maka sebaiknya anda mengetes drone anda terbang. Adapun beberapa hal yang anda tes saat tes terbang ini adalah sebagai berikut:

A. Menguji Kestabilan Drone

Drone bisa stabil berkat presisi, ketika drone mengalami crash dan sebagainya. Maka drone tersebut sedikit mengalami persoalan keseimbangan atau kestabilan. Jadi pastikan anda paham betul kondisi drone yang akan anda beli. Apakah masih stabil atau tidak.

B. Menguji Jarak Terbang

Selain kestabilan, anda juga perlu menguji berapa jauh drone yang ingin anda beli bisa terbang, anda bisa menyesuaikan dengan spesifikasi yang ada website resmi drone tersebut. Pastikan juga anda terbang di wilayah yang minim interfece sinyal. Karena kalau sinyal anda terganggu maka bisa jadi hasilnya akan buruk.

Saya sarankan untuk melakukan tes jarak ini dilakukan di lapangan terbuka.

C. Menguji Kemampuan Baterai

Cara melakukan pengujian terhadap baterai ini sangat gampang. Anda bisa mencobanya di tempat yang cukup ideal, dan anda tidak perlu terbang manuver. Cukup lakukan seperti dibawah ini;
  1. Carger Baterai sampai 100%
  2. siapkan stopwatch atau sejenisnya
  3. Cari tempat aman, usahakan tidak berangin
  4. Take off otomatis
  5. Biarkan dan diamkan sampan baterai lowbat
  6. Lihat berapa lama drone bisa bertahan di udara
Angka ideal drone terbang bisa anda cari tahu dari spesifikasi yang tertera dimanual book. Atau diwebsite resmi drone tersebut.

D. Menguji Kualitas Kamera

Jika anda membeli drone seperti drone DJI, anda harus mengetes kameranya. Apakah sudah sesuai dengan harapan anda atau belum. cobalah memotret di semua settingan. Mulai dari manual sampai otomatis, jika mendukung RAW, anda harus mencobanya juga. Cobalah pada siang hari dan malam hari, dan lihat hasilnya.

E. Uji Sensor

Sensor merupakan salah satu fitur terbaik drone. Semakin banyak sensor yang ditanam di drone, biasanya semakin mahal harganya. Sebelum anda memutuskan untuk membeli drone bekas. Sebaiknya anda mencoba terlebih dahulu kemampuan sensornya. Apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak, terutama sensor menghindari rintangan.

F. Menguji Fitur Inteligent Mode

Salah satu kelebihan drone, terutama drone DJI, adalah fitur Inteligent Flight Mode. Fitur ini menawarkan beberapa kelebihan. Sebaiknya, sebelum anda memutuskan untuk membeli drone bekas, anda harus mencoba fitur ini satu – persatu.

G. Menggunakan Drone Untuk Pemetaan

Drone untuk pemetaan biasanya lebih spesifik dibandingkan hanya untuk travelling. Oleh karenanya, Anda harus lebih extra hati – hati saat ingin membeli drone bekas untuk pemetaan.

Lihat seberapa cocok drone tersebut untuk melakukan pemetaan. Apakah drone anda di support oleh Pix4D atau tidak. Anda bisa mengeceknya di daftar drone yang di support Pix4D.

Jika tersedia disana, artinya drone anda bisa digunakan untuk pemetaan.

Jika anda berminat, anda juga bisa mengikuti kelas pelatihan drone yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Tips 5 : Dapatkan Pembanding

Jika perlu, anda harus membandingkan drone bekas yang akan anda beli dengan drone lainnya, atau lapak lainnya, hanya mudah tergiur dengan harga yang lebih murah, namun jika drone nya menurut anda masih bagus, dan harganya murah, Why Not!.
Silahkan lihat juga di Marketplace, seperti tokopedia dan lainnya. Disana banyak barang pembanding yang bisa anda temukan.

Penutup

Demikianlah artikel 5 Tips Membeli Drone Bekas yang bisa saya bagikan kali ini, sebelum anda membeli, anda seharusnya bisa cara menerbangkan drone terlebih dahulu. sehingga drone yang anda beli bisa bermanfaat.

Bagaimana menurut anda, apakah ada hal lain yang perlu diperhatikan saat membeli drone bekas? silahkan di share, mungkin teman anda ingin membeli drone bekas.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.