Beranda drone Drone Untuk Pemetaan dan Aplikasi Pengolah Data yang Cocok Untuk Pemula

Drone Untuk Pemetaan dan Aplikasi Pengolah Data yang Cocok Untuk Pemula

6
24
Drone dan Aplikasi Pengolah Data yang Cocok Untuk Pemula – “Saya seorang pemula pengguna drone, saya ingin belajar menggunakan drone lebih tepatnya saya ingin belajar untuk pemetaan.
Pertanyaan saya drone jenis apa yang harus saya miliki? Dan sofware pendukung seperti apa yang saya harus pelajari untuk pemula? Saya baca di berbagai artikel banyak sekali saofware yg ditawarkan.”

Drone  Untuk Pemetaan dan Aplikasi Pengolah Data yang Cocok Untuk Pemula
Drone  Untuk Pemetaan dan Aplikasi Pengolah Data yang Cocok Untuk Pemula

Itu adalah isi email yang saya terima dari seorang teman, saya telah menyiapkan balasan, namun setelah saya tulis dan ingin saya kirim ke yang bersangkutan, saya merasa perlu menuliskannya di Blog saja, agar yang lain juga tahu, karena mungkin banyak juga orang diluar sana yang ingin menggunakan drone namun bingung harus memulai dari mana.

Drone  Untuk Pemetaan dan Aplikasi Pengolah Data yang Cocok Untuk Pemula
Isi Email Pertanyaan

Baik, agar anda tidak buru – buru bosan baca pegantar yang tidak jelas akan kemana ini, saya akan jawab satu persatu pertanyaan teman kita tadi.

1. drone jenis apa yang harus saya miliki?

Jika anda adalah pemula, anda sebainya memilik drone sekelas DJI Phantom, Minimal Mavic Pro. Drone ini direkomensikan kepada pemula karena drone ini sangat mudah digunakan, namun tentu saja ini memperhatikan tujuan yang ingin anda capai, seberapa luas lahan yang akan anda petakan, jika luasanya mencapai ribuan hektar, sebaiknya anda mempertimbangkan untuk memilih fixed wing, pilih yang model skywalker.

2. Dan sofware pendukung seperti apa yang saya harus pelajari untuk pemula?

Jika anda memilih DJI Phantom 3 Professional, anda harus menginstal Software DJI Go  dan Pix4DCapture untuk mengambil data di lapangan. anda bisa download aplikasi tersebut pada artikel saya berjudul Pemetaan Menggunakan DJI Phantom 3 Pro Artikel ini berisi tentang penjelasan singkat Pemetaan Menggunakan Drone serta aplikasi apa saja yang harus di Instal.

Sedangkan artikel berjudul Proses melakukan pemetaan menggunakan DJI Phantom 3 Pro berisi tentang step by step pemetaan menggunakan drone DJI Phantom 3 Pro, juga di ulas disana mengenai bahan – bahan yang harus anda persiapkan.

Untuk Mengolah data anda sebaiknya menggunakan Aplikasi Agisoft Photoscan, karena aplikasi ini mudah digunakan, Tutorial penggunaan aplikasi ini sudah saya tulis dan bisa di download secara gratis di artikel berjudul Download Tutorial Mosaic Data Menggunakan Agisoft Photoscan Pro, disana anda bisa mempelajari step by step pengolahan data drone dengan bahasa yang mudah di pahami.

Selain itu, anda juga harus memiliki aplikasi GIS, bisa menggunakan ArcGIS, Quantum GIS dan sebagainya.

Kesimpulan :

Untuk anda yang pemula namun ingin menggunakan drone untuk pemetaan, sebaiknya anda memilih DJI Phantom 3 pro, Instal Aplikasi DJI Go dan Pix4DCapture, untuk mengolah data pakai Agisoft Photoscan, dan untuk layout / frame peta gunakan ArcGIS.

Demikianlah artikel tentang Drone Untuk Pemetaan dan Aplikasi Pengolah Data yag cocok untuk Pemula, jika anda punya pertanyaa, silahkan disampaikan di kolom komentar.

6 KOMENTAR

  1. selamat sore pak
    saya pengguna dji phantom 3 std.
    apakah drone trsbt bisa untuk pemetaan?
    dan klo bisa apa saja software yg diperlukan?
    mohon bimbingan nya… šŸ™‚

  2. pak bagaimana proese pembuatan photo udara yang langsung dengan koordinat sistemnya sehingga photo udara tersebut bisa dipaki sebagai dasar untuk membuat peta
    seperti citra satelit pak yang langsung ada sistem koordinatnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.