DJI Spark drone produksi DJI paling murah

DJI Spark drone produksi DJI paling murah

DJI Spark
DJI Spark

DJI Spark – Bagi Anda yang tertarik mencari drone dengan ukuran kecil, DJI Spark dapat dijadikan sebagai pilihan utama. Sebelumnya, DJI sudah berhasil menggapai kesuksesan besar melalui peluncuran produk-produk terbarunya. Kemudian belum lama ini, DJI kembali merilis drone yang tidak kalah canggih dan inovatif berupa sebuah drone yang ukuran dimensinya terbilang kecil dan dibanderol pada harga lebih terjangkau.

Anda ingin mengikuti kursus drone?

Selain itu dengan ukurannya yang mungil tersebut, drone ini sangat asyik dibawa bepergian karena tidak terlalu membutuhkan banyak tempat ketika dibawa. Ukuran bodinya tidak lebih dari ukuran telapak tangan dengan dimensi 143 x 143 53 mm. Sedangkan berat totalnya termasuk batu baterai juga cukup ringan, 300 gram saja. Setelah dimasukan dalam kotak pelindung, Anda bisa membawa peralatan ini untuk berpetualang.

DJI Spark drone sebesar telapak tangan
DJI Spark drone sebesar telapak tangan

Spesifikasi DJI Spark

Drone DJI Spark hadir dengan bodi yang bentuknya memanjang. Di bagian samping kanan dan kiri, terdapat baling-baling yang jumlah keseluruhannya ada empat. Tak jauh berbeda dengan DJI lainnya, kesemua baling-baling tersebut sangat mudah dipasang atau dilepas kembali. Pada setiap paketnya, khususnya yang versi basic selalu dilengkapi baling-baling cadangan dan jumlahnya ada dua.

Berlanjut ke spesifikasi DJI Spark bagian depan, terdapat satu kamera yang ukuran dimensinya kecil. Namun meskipun dimensinya kecil, kamera ini dilengkapi gimbal 2. Dengan adanya gimbal tersebut, DJI Spark menjadi lebih unggul dibanding drone lainnya dari kelas yang sama. Terlebih lagi fitur khusus untuk penataan tingkat kestabilannya memiliki kemampuan yang sangat bagus.

Pindah sedikit ke bagian atas kamera, terdapat pelengkapan sensor berteknologi 3 Sensing System. Perangkat ini berguna untuk mengetahui ada atau tidaknya suatu rintangan di arah depan. Lalu di bagian belakang, merupakan slot tempat untuk meletakan atau memasang kartu micro SD. Selain itu juga terdapat tombol On/Off yang dipasar secara menyatu bersama baterai.

Fitur Unggulan DJI Spark

Bukan hanya ukuran dimensinya saja yang mungil, spesifikasi DJI Spark juga dilengkapi dengan beberapa ragam fitur canggih. Satu diantaranya adalah fitur khusus untuk terbang atau sebaliknya melakukan pendaratan di telapak tangan.

Teknik penggunaannya sangat mudah, dimana DJI Spark harus diletakan lebih dulu pada telapak tangan dengan posisi kamera diarahkan ke wajah. Setelah itu tombol power ditekan sebanyak 2 kali, kemudian secara otomatis sensor akan mengenal wajah. Selanjutnya lampu baling-baling bisa langsung menyala dan berputar. Tidak lama kemudian drone ini akan segera melayang.

Kemudian jika ingin didaratkan, harus selalu dipastikan kamera menghadap ke arah wajah. Selain itu telapak tangan berada di posisi di bawah drone dan DJI Spark bisa mendarat di telapak tangan secara otomatis.

QuickShots

Fitur berikutnya yang tak kalah menarik adalah kendali pintar yang terdiri dari QuickShots, Tapfly, Active Track hingga Gesture. Fitur QuickShots berfungsi untuk menjalankan gerakan sistematis secara pelan-pelan. Misalnya circle atau mengelilingi obyek, helix atau mengelilingi obyek dengan cara berputar ke arah atas, rocket atau terbang di atas dan kamera menghadap ke arah bawah. Selain itu juga bisa untuk dronie atau terbang mundur ke arah atas dan kamera dalam posisi terkunci.

 

Sedangkan fitur TapFly, mempunyai fungsi sebagai layar sentuh pada smartphone dengan manfaat untuk mengendalikan drone. Melalui fitur ini, pemakai bisa mengarahkan drone tersebut menuju pada suatu titik layar, namun dengan ketinggian yang terjaga. Selain itu juga dapat mengarahkan drone untuk terbang sesuai keinginan melalui teknik manual.

Kemudian untuk pemakai yang mau melakukan rekaman diri sendiri ketika bergerak bisa memakai fitur ActiveFly. Melalui fitur ini, DJI Spark bisa mengenal obyek secara otomatis dengan bentuk dan ukuran berbeda kemudian melakukan pelacakan sesuai obyek beserta kecepatan gerak.

Terakhir Gesture, merupakan fitur untuk mengendalikan drone melalui tangan. Fitur ini hanya bisa diaktifkan ketika jarak antara tangan dan drone lebih dekat, maksimal 3 meter dan drone tersebut harus berada pada posisi menghadap ke arah pemakai.

Review DJI Spark Indonesia

Bicara tentang review DJI Spark Indonesia ada satu hal terpenting yang perlu Anda pahami, DJI Spark dirancang secara khusus agar bisa terbang dengan landasan telapak tangan. Oleh karena itu, tidak usah terlalu heran ketika melihat kaki-kaki drone ini memiliki ukuran yang sangat pendek. Dampak dari konsep desain ini antara lain adalah, jarak antara bodi dan permukaan tanah menjadi lebih dekat.

Jadi sebagai pemakai, harus selalu berhati-hati saat drone tersebut akan didaratkan. Apalagi ketika pendaratannya tidak di telapak tangan. Jika kurang hati-hati, resikonya dapat terbentur dan hal ini mudah menimbulkan kerusakan pada kamera karena tidak ada pelindungnya.

Kamera

Kemudian untuk kameranya, mampu menciptakan foto dengan ukuran maksimal 12 mp dan video dengan resolusi Full HD. Melalui lensa berukuran 25mm/f2.6 dan sudut pandang 81 derajat, maka hasil pengambilan gambarnya juga lumayan lebar. Bisa dikatakan, review DJI Spark Indonesia untuk urusan penggunaan kamera ini tergolong memuaskan dan patut mendapat acungan jempol.

Jasa Pemetaan Udara Murah

Hanya saja yang patut disayangkan adalah, baterai yang disematkan di DJI Spark ini merupakan baterai Lithium Polymer dengan kapasaitas 1480 mAH dan dikatakan bisa bertahan sampai sekitar 16 menit. Tetapi pada kenyataannya, daya tahan baterai tersebut kurang lebih hanya 13 menit saja. Jadi jika ingin menggunakannya lebih lama, harus menyediakan baterai cadangan.

Meskipun demikian, pada sisi yang lain pengguna tidak perlu takut drone ini jatuh secara tiba-tiba karena kehabisan daya baterai. Drone DJI Spark telah dilengkapi suatu teknologi khusus bernama Inteligent Flight Batteray. Melalui perangkat ini, penggunaan baterai bisa diestimasi terkait dengan lamanya terbang hingga kembali mendarat.

Harga DJI Spark

Sebagaimana yang sudah dijelaskan, DJI Spark yang ukurannya terbilang kecil sangat pas dipakai oleh mereka yang gemar berpetualang. Terlebih lagi harga DJI Spark ini tergolong sangat murah dan terjangkau. Drone ini sendiri terdiri dari dua macam varian. Untuk varian pertama yaitu basic dibanderol dalam harga sekitar 7 jutaan Sedangkan varian kedua, Combo ditawarkan pada harga kurang lebih 10 jutaan.

Dengan harga semurah itu, pengguna bisa menikmati berbagai kemudahan dan teknologi canggih dari DJI Spark lengkap dengan segala fiturnya. Kepuasan maksimal akan selalu diperoleh ketika menggunakan produk drone yang satu ini.

Baca Juga : Harga Pemetaan Menggunakan Drone Per Hektar

Mungkin ada yang bertanya-tanya, meski harga DJI Spark tersebut tidak murah, namun kenapa daya baterainya hanya sebentar saja. Hal ini memang harus dimaklumi, karena produk terbaru dari DJI tersebut memang diciptakan untuk sekedar melakukan kegiatan rekaman video sendiri atau selfie saja, bukan untuk melakukan rekaman footage secara serius. Terutama untuk yang varian basic.

Untuk membeli drone ini kunjungi toko kami di Galeri Angkasa

Spesifikasi Lengkap DJI Spark

AIRCRAFT

Max Ascent Speed 9.8 ft/s (3 m/s) in Sport Mode without wind
Max Descent Speed 9.8 ft/s (3 m/s) in Auto Landing Mode
Max Speed 31 mph (50 kph) in Sport Mode without wind
Max Service Ceiling Above Sea Level 13,123 feet (4,000 m)
Max Flight Time 16 minutes (no wind at a consistent 12.4 mph (20 kph))
Max Hovering Time 15 minutes (no wind)
Operating Temperature Range 32° to 104° F (0° to 40° C)
Satellite Positioning Systems GPS/GLONASS
Hover Accuracy Range Vertical: +/- 0.1 m (when Vision Positioning is active) or +/-0.5 m Horizontal: +/- 0.3 m (when Vision Positioning is active) or +/-1.5 m
Transmitter Power (EIRP) 2.4 GHz FCC: 25 dBm; CE: 18 dBm; SRRC: 18 dBm 5.8 GHz FCC: 27 dBm; CE: 14 dBm; SRRC: 27 dBm
Operating Frequency 2.400 – 2.483 GHz; 5.725 – 5.825 GHz
Takeoff Weight 300 g
Dimensions 143×143×55 mm
Diagonal Distance (propellers excluded) 170 mm

3D SENSING SYSTEM

Obstacle Sensing Range 1-16 ft (0.2 – 5 m)
Operating Environment Surface should be larger than 20×20 cm and enable diffuse reflection, with reflection rate >20% (eg. wall, tree, people)

CAMERA

Sensor 1/2.3″ CMOS Effective pixels: 12 MP
Lens FOV 81.9° 25 mm (35 mm format equivalent) f/2.6 (shooting range: 2 m to ∞)
ISO Range Video: 100-3200 Photo: 100-1600
Electronic Shutter Speed 2-1/8000 s
Image Size 3968×2976
Still Photography Modes Single Shot Burst Shooting: 3 frames Auto Exposure Bracketing (AEB): 3 bracketed frames at 0.7 EV bias Interval: 2/3/5/7/10/15/20/30/60 s
Video Resolution FHD: 1920×1080 30p
Max Video Bitrate 24 Mbps
Supported File Systems FAT32
Photo Format JPEG
Video Format MP4 (MPEG-4 AVC/H.264)

REMOTE CONTROLLER

Operating Frequency 2.412-2.462 GHz; 5.745-5.825 GHz
Max Transmission Distance 2.412 – 2.462 GHz (unobstructed, free of interference) FCC: 1.2 mi (2 km); CE: 0.3 mi (500 m); SRRC: 0.3 mi (500 m) 5.745 – 5.825 GHz (unobstructed, free of interference) FCC: 1.2 mi (2 km); CE: 0.18 mi (300 m); SRRC: 0.7 mi (1.2 km)
Operating Temperature Range 32° to 104° F (0° to 40° C)
Battery 2970 mAh
Transmitter Power (EIRP) 2.4 GHz FCC: ≤26 dBm; CE: ≤18 dBm; SRCC: ≤18 dBm 5.8 GHz FCC: ≤28 dBm; CE: ≤14 dBm; SRCC: ≤26 dBm
Operating Current/Voltage 950 mAh @3.7 V
Supported Mobile Device Size Thickness range: 6.5-8.5 mm Max length: 160 mm

INTELLIGENT FLIGHT BATTERY

Capacity 1480 mAh
Voltage 11.4 V
Max Charging Voltage 13.05 V
Battery Type LiPo 3S
Energy 16.87 Wh
Net Weight Approx. 0.2 lbs (95 g)
Charging Temperature Range 41° to 104° F (5° to 40° C)

GIMBAL

Controllable Range Pitch: -85° to 0°
Stabilization 2-axis mechanical (pitch, roll)

VISION SYSTEM

Velocity Range ≤22.4 mph (36 kph) at 6.6 ft (2 m) above ground
Altitude Range 0-26 ft (0 – 8 m)
Operating Range 0-98 ft (0 – 30 m)
Operating Environment Surface with clear patterns, enables diffuse reflection with >20% reflection rate Adequate lighting (lux>15)

WI-FI

Operating Frequency 2.4 GHz/5.8 GHz
Max Transmission Distance 100 m(Distance), 50 m(Height) (Unobstructed, free of interference)

CHARGER

Input 100-240 V; 50/60 Hz; 0.5 A
Output 5 V/3 A; 9 V/2 A; 12 V/1.5 A

RECOMMENDED MICRO SD CARDS

Model Sandisk 16/32 GB UHS-1 Micro SDHC Kingston 16/32 GB UHS-1 Micro SDHC Samsung 16/32 GB UHS-I Micro SDHC Sandisk 64 GB UHS-1 Micro SDXC Kingston 64 GB UHS-1 Micro SDXC Samsung 64 GB UHS-I Micro SDXC
Bagikan
Ikut Berdiskusi

Liu Purnomo

Arsip