DJI Phantom 3 Standard Saat ini teknologi drone sudah tidak menjadi barang mewah lagi. Jika dulu drone hanya dimiliki oleh instansi atau orang-orang dengan skala menengah ke atas, tetapi sekarang drone sudah banyak dimiliki oleh orang awam sekalipun.

Nah, untuk yang masih pemula atau belum pernah mengendalikan drone dapat memilih drone dengan tipe DJI Phantom 3 Standard. Tipe drone ini memang diciptakan untuk pemula.

Phantom 3 Standard dapat dikendalikan hanya dengan menekan satu tombol pada remot untuk memberikan kemudahan pengendalian. Anda yang masih sangat pemula dan awam tentang teknologi drone dapat memilih tipe ini.

Kestabilan Phantom 3 Standard dapat Anda kendalikan dengan baik. Drone akan melayang beberapa saat sebelum menerima instruksi berikutnya. Dan paling penting harganya cukup murah.

Catatan : Drone ini sudah discontinue, tidak diproduksi lagi, dan tidak cocok untuk pemetaan dengan Pix4Dcapture. Jika anda butuh jasa pemetaan, kami menyediakan jasa pemetaan udara, tentu saja jasa pemetaan ini harganya murah.

Spesifikasi DJI Phantom 3 Standard

DJI Phantom 3 Standard Spesifikasi
DJI Phantom 3 Standard Spesifikasi

Meskipun drone ini ditujukan dan direkomendasikan untuk pemula tetapi spesifikasinya tidak main-main. Kamera pada drone tipe ini akan memberikan hasil yang profesional. Karena ditujukan untuk pemula maka cara pemakaiannya lebih mudah daripada drone untuk tingkat lanjutan.

Berikut ini spesifikasi DJI Phantom 3 Standard.

1. Kualitas Kamera

Kamera dengan 12 megapixel digunakan pada DJI Phantom 3 Standard yang dapat memberi hasil foto setara profesional. Foto yang dihasilkan dapat diformat sesuai dengan keinginan yaitu format DNG atau format JPEG.

2. Kualitas Video

Video yang dihasilkan dari perekaman kamera sangat bagus meskipun tipe ini diciptakan untuk pemula. Hasil video yang direkam beresolusi 2704 x 1520 pixel, kecepatan 30 fps dan memberikan sudut pandang dengan lebar 94º.

3. Kestabilan Kamera

Untuk memberikan hasil rekaman foto dan video yang terbaik maka DJI Phantom 3 Standard memberikan perangkat untuk kestabilan kamera. Perangkat gimbal 3-axis memberikan kestabilan pada kamera DJI Phantom 3 Standard yang telah menjadi andalan dari produk-produk DJI.

4. Pengontrolan

Sistem pengontrolan pada Phantom 3 Standard berupa tombol untuk mulai, berhenti atau pengambilan snapshoot. Untuk sistem pengontrolan agar dapat disambungkan pada android dan IOS menggunakan aplikasi GO DJI. Aplikasi GO ini juga dapat mengubah kecepatan dan pencahayaan. Jika Anda ingin melakukan pemotretan secara terus-menerus atau pengambilan gambar dengan selang waktu dapat sangat terbantu dengan penggunaan aplikasi GO DJI ini.

Review DJI Phantom 3 Standard

Review DJI Phantom 3 Standard
Review DJI Phantom 3 Standard

DJI Phantom 3 Standard memang dibuat untuk pemula yang tentunya masih belajar menggunakan dan mengendalikan drone. Oleh karena itu, harganya juga lebih murah daripada Phantom 3 Professional dan Phantom 3 Advanced.

Perbedaannya terletak pada perangkat controller yang digunakan. Controller yang digunakan pada Phantom 3 Standard adalah milik Phantom 2 Vision+ dan ditambah Wi-Fi Range 2.4 GHZ Extender untuk mentransmisikan tampilan ke perangkat seluler.  Phantom 3 Standard hanya dapat meneruskan video 720p sejauh 1 km saja ke smartphone. Berbeda dengan Phantom 3 Professional maupun Phantom 3 Advanced yang lebih revolusioner dengan teknologi transmisinya bersinyal Lightbridge.

Kamera DJI Phantom 3 Standard
Kamera DJI Phantom 3 Standard

Untuk penguncian posisi pada Phantom 3 Standard menggunakan GPS. Memang tidak seperti tipe diatasnya yang menggunakan Glonass agar lebih akurat. Tetapi penggunaan GPS untuk penentuan dan penguncian lokasi untuk pemula sudah cukup bagus. GPS akan merekam titik lepas landas dan dapat kembali ke titik asal meskipun sinyal kontrol menghilang. Pengontrol jarak jauh beroperasi pada frekuensi 5.8 GHZ.

Anda dapat menetapkan batas jarak maupun ketinggian untuk menjaga agar tetap di area yang aman. Jadi jika Phantom 3 Standard melebihi jarak yang ditentukan akan berhenti secara otomatis dengan tetap melayang.

Teknologi GPS dapat mengirim posisi saat terbang ke perangkat seluler. Dan dari peta tersebut maka Anda dapat mudah menentukan arah drone dan Anda dapat mengendalikan drone sesuai keinginan atau sesuai kebutuhan.

Autopilot DJI Phantom 3 Standard

Kelebihan DJI Phantom 3 Standard untuk pemula adalah mode semi auto pilot yang cukup cerdas. Mode tersebut akan sangat membantu bagi pemula yang masih awam dan belum pernah mengendalikan drone sama sekali. Seperti misalnya untuk mengontrol ketinggian maupun arah dapat dilakukan dengan mudah.

Fitur navigasi yang ada pada Phantom 3 Standard membantu Anda pada saat mengontrol drone berkaitan dengan pengontrolan kamera. Untuk menerbangkan drone melingkar di sekitar subyek menggunakan fitur Point Of Interest (POI). Sedangkan fitur follow me akan membantu pelacakan gerakan pada kendali jarak jauh.

Kelebihan lainnya adalah pada baterainya yang tahan lama. Untuk sekali charge dapat menerbangkan selama 25 menit. Jika baterai hampir habis maka Anda akan memperoleh pengingat untuk melakukan pendaratan secara otomatis. Atau jika Anda menghendaki dapat segera menariknya kembali ke titik Anda berada. Anda dapat mengetahui apakah daya baterai masih penuh atau hampir habis melalui aplikasi GO. Jika ingin mengisi baterainya kembali dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Dari sistem telah mengklaim bahwa Phantom 3 Standard dapat terbang selama 25 menit dengan baterai penuh. Tetapi juga tergantung dengan adanya angin. Pada beberapa kondisi, Phantom 3 Standard dapat terbang selama 22 menit dalam angin yang ringan. Jika kondisi angin kencang dapat terbang kurang dari waktu yang telah diestimasi tersebut.

DJI Phantom 3 Standard dilengkapi dengan 4 lampu LED yang terang dan cukup besar pada setiap lengannya. Lampu ini akan menyala saat drone terbang. Dengan lampu yang menyala tersebut akan sangat membantu saat drone terbang di malam hari. Lampu yang terang akan membantu Anda mengetahui posisi drone berada. Lampu LED juga dapat berfungsi sebagai indikator tingkat daya baterai. Jika daya baterai akan habis maka lampu LED akan meredup. Tetapi tidak perlu terlalu khawatir karena ada sensor cerdas yang dapat memperpanjang daya baterai.

Harga DJI Phantom 3 Standard

Phantom 3 Standard dilengkapi dengan pelindung plastik untuk mencegah kerusakan seperti lecet. Harga DJI Phantom 3 Standard menurut situs resminya yaitu sekitar $799. Cukup murah bagi pemula yang ingin belajar menerbangkan drone. Anda dapat menambahkan pengontrol secara terpisah agar dapat memberikan hasil yang maksimal.

DJI Phantom 3 Standard memberikan pengalaman bagi Anda yang ingin belajar mengendalikan dan menerbangkan drone. Cara pengendalian mudah dan memberikan hasil yang setara dengan profesional. Phantom 3 Standard menjadi pilihan yang terbaik dengan harga lebih terjangkau.

Spesifikasi DJI Phantom 3 Standard

Performance

Maximum Speed 52.5 fps / 16 m/s
Maximum Ascent/Descent Speed Ascent: 16.4 fps / 5 m/sDescent: 9.8 fps / 3 m/s
Maximum Altitude 19685′ / 6000 m above sea level
Flight Time Up to 25 minutes (depending on conditions)

Flight Control System

Navigation System Built-in GPS

Transmitter

Frequency 5.725 GHz to 5.825 GHz
Communication Distance 3280.8′ / 1000 m (outdoors and unobstructed, aircraft’s altitude at 400 feet (120 m))
Transmitter Power EIRP: 19 dBm
Working Voltage 600 mA at 3.7V
Battery 4480 mAh LiPo
Charging Port micro-USB
Mobile Device Holder Compatibility: Smartphones
Operating Temperature 32 to 104°F / 0 to 40°C

Camera

Sensor Size: 1/2.3″Resolution: 12 MP effective
Lens Aperture: f/2.8 FOV: 94° Focal Length: 20 mm (35 mm equivalent) Elements: 9 Focus: 0 to ∞
Photo Resolution Up to 12 MP (4000 x 3000)
ISO Range Video: 100 to 3200 Photo: 100 to 1600
Shutter Speed 8 to 1/8000 seconds
Video Resolutions UHD 2.7K (2704 x 1520): 30p (29.97p)FHD (1920 x 1080): 24p, 25p, 30pHD (1280 x 720) 24p, 25p, 30p, 48p 50p, 60p
Photo Modes Single ShotBurst Shooting: 3, 5, 7 framesAuto Exposure Bracketing (AEB): 3/5Bracketed Frames at 0.7 EV biasTime-lapse
Bitrate Up to 40 Mbp/s
File Formats Photo: JPEG, DNGVideo: MP4, MOV (MPEG-4 AVC)
Recording Media Type: microSD/SDXC card up to 64 GB Format: FAT32 / exFAT Note: Class 10, UHS-1 or faster card required
Operating Temperature 32 to 104°F / 0 to 40°C

Gimbal

Number of Axes 3-axis (pitch, roll, yaw)
Control Range Pitch: -90 to +30°
Angular Vibration Range ±0.02°

Video Downlink

Interface Wi-Fi
Frequency 2.400 to 2.483 GHz
Transmit Power 27 dBm
Range Up to 3280.8′ / 1000 m (outdoors and unobstructed, aircraft’s altitude at 400′ feet (120 m))
Resolution 720p at 30 fps (depending on conditions and mobile device)
Latency Low latency (depending on conditions and mobile device)

Motor

Type Brushless
Working Temperature 23 to 104°F / -5 to 40°C
Weight 1.9 oz / 55 g

Flight Battery

Chemistry Lithium-polymer (LiPo)
Capacity 4480 mAh
Wattage 68 Wh
Configuration 4S
Voltage 15.2 V
Weight 12.9 oz / 365 g
Maximum Charging Power 100 W
Operating Temperature 14 to 104°F / -10 to 40°C
Charger Voltage: 17.4 VPower: 57 W

Mobile App

Name DJI GO
System Requirements Operating System: iOS
Recommended Devices iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPad Air, iPad Air Wi-Fi + Cellular, iPad mini 2, iPad mini 2 Wi-Fi + Cellular, iPad Air 2, iPad Air 2 Wi-Fi + Cellular, iPad mini 3, and iPad mini 3 Wi-Fi + CellularNote: Optimized untuk iPhone 5s, iPhone 6, and iPhone 6 Plus

Wi-Fi Range Extender

Frequency 2.4 GHz ISM
EIRP 100 mW
General
Operating Temperature 32 to 104°F / 0 to 40°C
Dimensions Diagonal (Including Propellers): 23.2″ / 590 mm
Weight Including Battery and Propellers: 2.7 lb / 1.2 kg
Author

Suka main drone dan Hobby jalan - jalan

Write A Comment