Cara Menerbangkan Drone adalah sebuah teknik yang membuat Anda bisa menerbangkan dan mengendalikan drone. Mengoperasikan drone memang mudah, namun tanpa ilmu, bisa menimbulkan masalah.

Artikel kali ini tentu saja saya tujukan kepada para pemula. yang belum terlalu menguasai cara menerbangkan drone. Bagi Anda yang sudah mahir, Saya rasa Anda tidak perlu lagi membaca artikel ini.

Sebagai seorang pemula dalam dunia drone, dulu, Saya awalnya merasa canggung dalam mengoperasikan drone. Namun seiring bertambahnya jam terbang, jadi terbiasa, dan jadi lebih mudah. Apalagi saat ini sudah banyak sekali tutorial – tutorial yang tersebar di google, tinggal anda googling saja, dengan kata kunci CARA MENERBANGKAN DRONE maka anda akan menemukan banyak tutorial cara menerbangkan drone di sana.

Pada Artikel kali ini, Saya akan menjabarkan kepada Anda tentang Cara Menerbangkan Drone bagi pemula. Diulas secara tuntas dari A sampai Z, dan akan memandu anda sampai anda benar – benar mahir.

Jika anda mengikuti semua intruksi pada artikel ini, Saya jamin anda akan benar – benar mahir, apalagi jika Anda semakin sering menerbangkan drone. Adapun jenis drone yang akan Saya jadikan contoh adalah drone DJI Phantom 3 Pro.

Sebenarnya hampir semua drone memiliki kontrol yang hampir sama.hanya terkadang letak tombolnya yang agak berbeda. Sebelum kita belajar tentang langkah – langkah. Atau cara menerbangkan drone bagi pemulai. Ada 2 hal penting yang ingin saya sampaikan, sebagai bekal untuk menerbangkan drone, seperti dibawah ini;

A. Sebelum Terbang, Perhatikan Dua Hal Ini

A.1. Perhatikan Mode Remot Yang Digunakan

Secara default, remote kontrol terdapat tiga variasi mode, yaitu Mode 1, Mode 2 dan Mode 3. Dalam tiga mode ini sebenarnya yang berbeda adalah fungsi dari bagian remote kiri dan kanan (joystik).

Untuk mode 3, terlalu rumit, sehingga kita hanya akan bahas Mode 1 dan Mode 2 saja.

Seperti setir mobil luar negeri dan indonesia, kalau diluar negeri setir ada disebelah kiri, di Indonesia setirnya ada di sebelah kanan. Meskipun pada dasarnya, fungsi dari tombol – tombol remote yang ada ini bisa anda setting sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda sendiri, namun untuk pemula saya sarankan untuk merubah mode remote ke Mode 2, karena cara menerbangkan drone yang akan saya berikan disini berdasakan pada Mode 2.

Namun bagi anda yang menggunakan Mode 1, anda cukup menukar kiri menjadi kanan dan sebaliknya.

Sebelum lebih jauh anda belajar mengenai cara menerbangkan drone ini, anda sebaiknya juga membaca artikel saya sebelumnya yang berjudul Mengenal Tombol – Tombol pada remot kontrol DJI Phantom 3, pada artikel tersebut sudah saya jelaskan tentang bagian – bagian dari remote kontrol ini. Dengan mengenal bagian – bagian remote kontrol tersebut, harapannya anda bisa lebih mudah menerbangkan drone.

A.2. Memasang Baling Baling

Pada Quadcopter seperti DJI Phantom dan sejenisnya, ada 2 jenis baling baling, jenis baling – baling ini dibedakan berdasakan trust yang dihasilkan, ada baling baling CW dan CCW.

CW adalah singkatan dari Clockwise, yang berarti searah jarum jam, sedangkan CCW adalah singkatan dari Counter Clockwise, yang artinya berlawanan arah dengan jarum jam. Kekeliruan dalam memasang Baling – Baling ini bisa mengakibatkan pada tidak bisa terbangnya drone.

DJI Phantom sendiri memberikan kode untuk CW dan CCW ini dengan cara memberikan titik warna pada baling – baling, anda harus lebih jeli melihat keduanya.

B. Cara Menerbangkan Drone Untuk Pemula

Setelah kita mengenal mode pada drone dan cara memasang baling – baling, selanjutnya akan ke tahap terbangnya. Tahapan penerbangan sebenarnya bisa dibagi menjadi dua tahap penerbangan, yaitu Pre-Flight (Sebelum Penerbangan) dan Post-Flight (Saat terbang).

Pre Flight ini sudah saya bahas pada artikel sebelumnya tentang Form Ceklist Pra Penerbangan Drone, jika anda belum membacanya, maka saya sarankan bagi anda untuk membacanya sebagai modal cara menerbangkan drone yang akan anda pelajari di Post – Flight dibawah ini.

B.1. Menghidupkan dan Mematikan Remote

Untuk menghidupkan remote anda cukup menekan tombol power dua kali berturut turut, adapun caranya adalah ; Tekan pertama ditekan secara cepat, kemudian tekan kedua dengan cara tekan dan tahan selama 5 detik (Sampai muncul bunyi) begitu juga mematikkannya dengan cara yang sama

B.2. Start Engine (Arming Motor Drone)

Selanjutnya lakukan Arming motor, Arming motor ini adalah untuk mengaktifkan motor drone, sebelum diaktifkan, saat anda menaikkan gas drone tidak mau terbang.

Ada 4 Metode untuk melakukan Arming, seperti gambar dibawah ini.

Cara Melakukan Arming Motor
Cara Melakukan Arming Motor

Gerakan kombinasi antara tuas kiri dan kanan tersebut dilakukan dengan cara ditahan selama beberapa detik sampai motor drone aktif (berputar).

B.3. Menaikkan dan menurunkan Drone

Setelah menghidupkan remot, maka cara menerbangkan drone yang kedua, adalah dengan menaikkan drone. Kali ini kita akan mempelajari tentang mahluk bernama Throttle.

Throttle berguna untuk menaikkan dan menurunkan drone, jika pada mobil throttle adalah gas nya, semakin jauh kita menekan tuas gas, maka akan semakin kencang lari mobil kita, begitu pula dengan drone, semakin kuat kita menarik tuas throttle ini, maka akan semakin laju drone kita.

Gerakan Naik Turun Drone
Gerakan Naik Turun Drone

Adapun letak throttle ini berada pada bagian kiri remote. untuk menaiikan drone cukup kita geser tuas ke bagian atas (throttle up), dan untuk menurunkan drone cukup dengan menarik tuas ke bawah (Throttle Down).

B.4. Memutar Posisi Drone

Untuk memutar Posisi Drone ini, kita akan menggunakan fungsi Rudder / Yaw. Dengan memutar posisi drone akan memudahkan kita untuk mengambil sebuah objek, pemutaran posisi ini adalah memutar arah kepala (nose / face / heading).

Rudder Yaw Cara Menerbangkan Drone
Rudder Yaw Cara Menerbangkan Drone

Dengan menggunakan fungsi ini, drone akan tetap berada di satu sumbu, artinya drone tidak bergeser sedikitpun, begitu pula dengan ketinggian.

Bagi para racer drone, Yaw ini biasanya di kombinasikan dengan Elevator sehingga memunculkan manuver yang cantik seperti mobil balap.

B.5. Menggerakan Drone kekiri dan kekanan

Untuk menggerakan drone kekiri dan kanan, kita menggunakan fungsi Aileron / Roll, fungsi ini memungkinkan kepada anda untuk merubah kedudukan drone (bergeser).

Menggeser drone ke kiri dan ke kanan
Menggeser drone ke kiri dan ke kanan

Untuk Mengaktifkan fungsi ini adalah dengan cara menarik tuas bagian kiri ke posisi kiri atau kanan. Bagi yang masih canggung, untuk memudahkan anda agar tidak kehilangan orientasi, pastikan posisi drone tetap membelakangi kita.

B.6. Maju Mundur Drone

Untuk melakukan gerakan maju mundur ini, kita akan gunakan fungsi Elevator / Pitch, yaitu dengan cara menarik tuas di kiri ke atas atau kebawah.

Maju dan Mundur Drone
Maju dan Mundur Drone

Untuk orang – orang yang hobi balapan menggunakan Quad Racer, biasanya mengkombinasikan Fungsi Elevator ini dengan fungsi Rudder untuk melakukan manuver.

Jika Anda yang ingin tau cara bermain simulator Quad Racer, Anda bisa membaca artikel tentang Bermain Simulator Quad Racer yang pernah Saya buat beberapa waktu yang lalu. Anda juga bisa memainkannya secara gratis.

Selain di Kombinasikan dengan Rudder, Elevator ini juga kerap di kombinasikan dengan Throttle.

Tapi juga bisa sekalian di kombinasikan dengan aileron, biasanya untuk kebutuhan video zoom.

C. Kesimpulan

Nah, demikianlah artikel Cara Menerbangkan Drone Untuk Pemula ini saya buat. Harapan saya artikel ini bisa membantu anda yang saat ini sedang belajar cara menerbangkan drone.

Bagi anda yang punya saran atau masukkan yang bisa dibagikan, silahkan berbagi di kolom komentar.

Sampai Jumpa di artikel dan tutorial selanjutnya.

Author

Suka main drone dan Hobby jalan - jalan

Write A Comment