4 Tips Membeli Drone – Maraknya penipuan dalam dunia Online Shop, dan beredar ramainya barang palsu telah menjadi momok bagi konsumen. Terutama bagi mereka yang belum bisa membedekan mana produk asli dan mana produk KW.
Bahkan sampai saat ini masih banyak yang bertanya kepada saya tentang Tips Membeli Drone serta dimana tempat yang direkomendasikan untuk membeli drone.
Tips Membeli Drone
Tips Membeli Drone

Sesungguhnya, Tips Membeli Drone yang paling penting daripada berfikir takut tertipu oleh online shop bodong, sebelum anda membeli drone anda harus tahu terlebih dahulu drone jenis apa yang cocok untuk anda, dan drone apa yang benar – benar ingin anda beli.

Untuk mempermudah tugas saya dalam menjawab pertanyaan seputar Tips Membeli Drone dan proses jual beli drone ini, saya akan membuat sebuah 4 Tips Membeli Drone seperti dibawah ini:

#1. Kenali Motif Anda Membeli

Tips Membeli Drone yang pertama adalah mengetahui motif atau alasan anda membeli sebuah drone kamera. Tidak semua drone sama, baik kemampuan maupun fungsinya, meskipun satu vendor, rata – rata drone memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing, oleh karena itu anda harus memastikan bahwa anda benar – benar tahu kebutuhan anda.
Jika anda ingin menggunakan drone untuk pemetaan, maka anda jangan membeli DJI Mavic Air, karena drone ini tidak cocok untuk pemetaan, namun jika anda ingin membeli drone untuk kebutuhan cinematografy, maka DJI Mavic Air memiliki fitur yang disebut QickShoot, fitur ini bisa membantu anda mengambil footage video yang cinematic.
Adapun beberapa alasan orang yang paling umum dalam membeli drone seperti dibawah ini ;
  1. Drone Untuk Hobby
  2. Drone Untuk Fotografi
  3. Drone Untuk Videografi
  4. Drone Untuk Pemetaan
  5. Drone Untuk Pertanian
  6. Drone Untuk Race
Selain itu masih ada juga alasan membeli drone untuk hal – hal luar biasa seperti untuk perang, pengintaian, evakuasi, mengankut obatan dan sebagainya, namun saya tidak akan bahas soal itu, karena rasanya saya tidak cocok membahasnya.
Setelah jelas apa yang anda inginkan dari drone anda ini nanti, maka tips membeli drone yang kedua dari saya adalah;

#2. Rekomendasi Drone Sesuai Kebutuhan Anda

Setelah anda memahami akan digunakan untuk apa drone anda, maka tips membeli drone selanjutnya anda bisa memilih beberapa peruntukan drone seperti dibawah ini ;

a. Rekomendasi Drone Untuk Hobby

Jika anda hanya Hobby, maka drone yang direkomendasikan adalah “Up To You”, karena ini hobby jadi mana saja yang anda sukai dan dirasa pas untuk anda.

b. Rekomendasi Drone Untuk Fotografi

Jika anda seorang aerial fotogarfi, maka anda harus memilih drone yang setidaknya memiliki fitur seperti dibawah ini :
  1. Mudah dibawa
  2. Memiliki Kamera yang Mumpuni, Lebih baik kalau diatas 12 MP
  3. Memiliki fitur untuk setting ISO secara manual
  4. Memiliki fitur untuk setting Exposure secara manual
  5. Mendukung Format gambar RAW
  6. Gimbal Stabil, Minim Getaran
Nah, jika dilihat dari fitur yang dibutuhkan, Tips Membeli drone untuk fotogarfi diatas, maka jenis drone yang direkomendasikan untuk fotografi diantaranya adalah;
  1. DJI Phantom 4 Pro 20 MP
  2. DJI Phantom 3 Pro 20 MP
  3. DJI Inspire 1 12 MP
  4. DJI Inspire 2 30 MP
  5. Yuneec Typhoon H – Drone with HD Camera 12 MP
  6. Yuneec Q500+ Typhoon 16 MP
  7. Mavic Pro 12 MP
  8. Mavic Air 12 MP

c. Rekomendasi Drone Untuk Videografi

Jika anda ingin mengambil video menggunakan drone, terutama untuk kebutuhan film atau televisi, maka dibawah ini beberapa rekomendasi fitur yang harus dimiliki oleh drone anda;
  1. Mudah dibawa
  2. 4 K Kamera
  3. 3 Axis Gimbal
  4. Baterai mampu bertahan paling cepat 15 menit

d. Rekomendasi Drone Untuk Pemetaan

Silahkan membaca lebih lengkap tentang Drone Untuk Pemetaan, disana anda bisa mempelajari lebih jauh rekomendasi Drone Untuk pemetaan. Secara umum, aktivitas pemetaan bisa kita bagi menjadi dua kelompok. yang pertama Pemetaan Menggunakan drone dalam skala kecil, dan yang kedua adalah pemetaan menggunakan drone dalam skala luas.

 

  • Pemetaan Menggunakan Drone Skala Kecil ( 0 – 100 Ha)

 

Jikan anda ingin melakukan pemetaan dalam luasan antara 0 sampai dengan 100 Hektar, maka drone yang direkomendasikan adalah drone jenis copter, seperti DJI Phantom atau Yuneec. adapaun beberapa alasan dalam pemilihan drone untuk aktivitas ini adalah;

 

  1. Portable
  2. Foldable
  3. Mudah dibawa
  4. Sekali terbang mampu 20 Ha
  5. Kamera Mumpuni (diatas 12 MP)
  6. Didukung secara penuh oleh Pix4DCapture Maupun Drone Deploy
  • Pemetaan Skala Luas (Wilayah lebih luas daripada 100 Hektar)

 

Untuk melakukan pemetaan menggunakan drone pada wilayah diatas 100 hektar, maka sebaiknya anda mempertimbangkan untuk membeli drone Fixed wing, karena drone jenis ini lebih baik soal range, kemampuan terbang, kamera dan sebagainya. adapun beberapa pertimbangan memilih unit drone jenis ini adalah;

 

  1. Mampu terbang selama 1 jam atau lebih
  2. kamera bisa di costumize sesuai kebutuhan
  3. Mampu menempuh jarak lebih dari 70 Km
  4. GSD mencapai 5 cm / pixel untuk ketinggian 800 Meter diatas tanah

 

e. Rekomendasi Drone Untuk Pertanian

Untuk pertanian, biasnya drone digunakan untuk menyemprot, adapun salah satu drone terbaik adalah DJI Agras MG-1 Drone Untuk Pertanian, dimana drone ini dibuat khusus untuk pertanian.
Namun sesungguhnya ada juga kebutuhan untuk mengecek kesehatan tanaman, jika anda bermaksud untuk mencari rekomendasi drone untuk pertanian dalam melakukan pemetaan, maka sebaiknya anda mencari drone yang memiliki senor kemara NIR.

f. Rekomendasi Drone Untuk Drone Race

Jika untuk kebutuhan racing, maka anda harus memilih drone yang benar – benar tepat, sebab drone race yang dibutuhkan justeru kemampuan terbang dan manuver, drone jenis ini tidak membutuhkan akurasi GPS dan kemampuan kamera, namun sangat membutuhkan kekuatan jaringan dari kamera ke googles.
Drone Race menggunakan FPV, FPV adalah singkatan dari First Person View dan menggunakan kacamata. oleh karena itu drone race membutuhkan kemampuan tersebut. Tips membeli drone race lebih menekankan beberapa hal seperti dibawah ini;
  1. Kemampuan baterai, biasanya baterai bisa di pilih sendiri dan dijual terpisah
  2. lebih direkomendasikan untuk merakit sendiri / membeli drone rakitan, bukan yang pabrikan.

#3. Tips Membeli Drone Sesuai Skill Anda

Selain mengukur kebutuhan akan digunakan sebagai apa drone ini nantinya, penting juga bagi anda untuk mengukur sejauh mana kemampuan anda mengoperasikan drone, bagi anda yang sudah mahir, tentu tidak ada masalah, anda bisa mengoperasikan drone apa saja.
Namun bagi pemula, sangat direkomendasikan untuk membeli drone yang mudah dikendalikan serta harganya tidak terlalu mahal, karena jika terlalu mahal, bisa merusak mental anda dalam menerbangkan drone, hal ini bisa berakibat pada lambatnya proses anda belajar mengoperasikan drone.
Jika anda belum terbiasa menerbangkan drone, saya sarankan untuk membaca artikel saya, tentang cara menerbangkan drone yang mudah – mudahan bisa membantu anda dalam mengoperasikan awal. jika anda mau expert dalam menerbangkan drone, saya pikir anda perlu mengikuti pelatihan drone.

#4. Rekomendasi Tempat Membeli Drone Terpercaya, Dijamin Ori

Setelah beberapa Tips Membeli Drone diatas, saya pikir anda sudah tahu drone jenis apa yang direkomendasikan untuk anda, dan saya yakin anda sudah tahu jenis drone apa yang cocok untuk anda.
Lalu Tips Membeli Drone selanjutnya adalah tentang dimana tempat membeli drone yang paling aman, anda tidak akan ditipu baik dari segi harga maupun kualitas barang.
Dibawah ini adalah beberapa cara menemukan tempat membeli drone terpercaya.

a. Rekomendasi Tempat Membeli Produk DJI

Jika anda berniat membeli produk DJI, anda sebaiknya datang ke DJI AUTHORIZED RETAIL STORE, cara mengetahui dimana penjual produk DJI Resmi adalah dengan mengunjungi https://www.dji.com/where-to-buy? disana anda akan menemukan beberapa daftar alamat retail yang bisa anda datangi.
DJI Authorized Retail Store
DJI Authorized Retail Store

 

b. Tips Membeli Drone Online

Jika anda ingin membeli drone secara online, dibawah ini beberapa hal yang patut anda perhatikan saat akan membeli drone online.
  1. Lakukan riset terhadap situs web tempat Anda berbelanja Tips ini harus dilakukan kalau Anda berbelanja Drone online di situs web yang Anda sendiri kurang familiar.
  2. Periksa nomor telepon si penjual dan hubungi. Kalau tidak meyakinkan, kunjungi mesin pencari Google atau Yahoo kemudian masukkan nama situs web itu. Carilah ulasan dari konsumen mereka. Kalau ada yang tidak beres, sudahlah, tinggalkan saja situs web itu.
  3. Baca baik-baik kebijakan situs web terhadap data pribadi Anda Jangan sampai di kebijakan itu ada poin yang menyebutkan kalau pengelola situs web boleh memberikan data pribadi ke pihak lain. Baca juga kebijakan pengembalian barang.
  4. Periksa paket barang dengan membaca deskripsi produk baik-baik. Curigailah pada drone bermerek yang dijual dengan harga murah, sebab kita semua tahu pasaran harga drone berapa, jangan mudah tergiur.
  5. Jangan mudah tergoda barang murah Jangan buru-buru jatuh cinta pada tawaran barang dengan harga murah yang datang dari e-mail, apalagi meminta ID dan password tanpa izin dari pemilik e-mail.
  6. Cari tanda kalau situs web itu aman Tanda itu biasanya berupa gambar gembok di baris status (status bar) browser.
  7. Pertimbangkanlah cara pembayaran Pembayaran biasanya dilakukan dengan kartu kredit. Dengan kartu kredit, Anda punya bukti kuat kalau Anda sudah melakukan transaksi kalau barang tidak diantar atau tidak sesuai pesanan. Tapi, karena banyaknya pencurian nomor kartu kredit, pembayaran dengan menggunakan sistem seperti PayPal, Transfer Kirim, atau COD boleh dipertimbangkan.
  8. Periksa harga total. Harga barang, plus ongkos bungkus, plus ongkos kirim, mudah-mudahan ada diskonnya. Bandingkan harga total dari suatu situs web dengan situs web lain. drone juga biasanya harus di paket dengan asuransi, pastikan anda sudah menghitung itu sekaligus.
  9. Simpan bukti transaksi Termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, dan juga salinan e-mail antara Anda dengan penjual.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.