Jumat, 23 Maret 2018

Setelah Melahap Lumpia, Puaskan Liburan di Semarang Bareng Kampung Pelangi


Setelah Melahap Lumpia, PuaskanLiburan di Semarang Bareng Kampung Pelangi - Lama sudah tidak update tulisan tentang Travelogues, kali ini saya ingin berbagi tentang tempat menarik di Semarang.

Berburu tempat wisata di Semarang itu selalu lekat dengan Lumpia. Camilan adonan tepung yang digulung, berisi suwiran ayam dan rebung ini memang andalan bagi Ibukota Jawa Tengah untuk menarik wisatawan, selain Lawang Sewu yang terkenal megah dan mistis. Nah, kalau sudah mengisi perut dengan lumpia, saatnya untuk mengunjungi tempat-tempat wisata lain di Semarang. Ada satu tempat wisata anti-mainstream yang wajib dikunjungi saat melihat informasi di Traveloka Aktivitas & Rekreasi, yaitu Kampung Pelangi.

Bukan Yang Pertama, Tapi Nggak Kalah Indahnya


Setelah Melahap Lumpia, Puaskan Liburan di Semarang Bareng Kampung Pelangi
foto:@ARIEPRAKHMAN

Kampung Pelangi memiliki konsep yang sama dengan kampung-kampung warna-warni di seluruh Indonesia. Sebuah permukiman masyarakat yang diubah menjadi luar biasa keren. Rumah-rumah dicat dengan warna yang beraneka ragam, dinding-dinding digambar dengan mural-mural yang bisa jadi tempat selfie banyak orang. Intinya, menjadikan permukiman padat penduduk tersebut sebagai tempat wisata yang asyik untuk dikunjungi, sama seperti kampung warna-warni di Malang, Balikpapan, Lubuklinggau, atau Ambarawa.

Dari Kumuh Menjadi Indah

Setelah Melahap Lumpia, Puaskan Liburan di Semarang Bareng Kampung Pelangi
foto:@puchy.nisa

Dulunya, Kampung Pelangi Semarang merupakan sebuah perkampungan kumuh. Tapi dengan adanya usaha untuk mendorong sektor pariwisata Semarang, serta menggiatkan para warga di kampung tersebut, kawasan tersebut berubah menjadi cantik dan asri. Banyak sudut-sudut yang menarik untuk dijadikan spot selfie sehingga semakin banyak kaum muda Semarang yang mampir ke tempat tersebut.

Bagian Dari Revitalisasi Pasar Bunga Kalisari

Setelah Melahap Lumpia, Puaskan Liburan di Semarang Bareng Kampung Pelangi
foto:bbc.com
Mungkin nggak akan ada Kampung Pelangi kalau nggak ada rencana pembangunan ulang Pasar Bunga Kalisari. Letak kedua tempat ini berdekatan dan membuat pemerintah berpikir, kalau pasar bunganya bagus dan ditata menjadi salah satu tempat wisata di Semarang, masa iya ada kawasan kumuh di dekatnya? Akhirnya tercetuslah ide untuk mempercantik kampung yang dibatasi oleh sebuah sungai tersebut.

Jadi kamu nggak perlu bingung mencari kampung ini. Tinggal cari saja Pasar Bunga Kalisari, atau tepatnya di Jalan Dr. Soetomo, Randusari, Semarang Selatan.

Temukan yang Serba Pelangi di Kampung Pelangi


Setelah Melahap Lumpia, Puaskan Liburan di Semarang Bareng Kampung Pelangi
foto:bbc.com

Gara-gara mendapat julukan Kampung Pelangi, banyak oleh-oleh dari tempat ini yang memiliki ‘aroma’ pelangi. Sebut saja Es Mambo Pelangi, yang bisa menjadi teman terbaik saat kehausan di Kampung Pelangi. Selain itu ada pula Cake Warna-Warni untuk mengganjal perut yang lapar. Sebagai oleh-oleh, bawa pulang juga hasil kerajinan gerabah dengan motif warna-warni.

Liburan yang Nggak Bikin Dompet Jebol

Setelah Melahap Lumpia, Puaskan Liburan di Semarang Bareng Kampung Pelangi
foto:@safiramakki

Harga tiket masuk Kampung Pelangi hampir sama dengan ongkos parkir motor saja. Untuk masuk ke lokasinya saja cukup Rp. 3.000. Dengan dana sebesar itu, kamu bisa berkeliling, menemukan spot-spot terbaik untuk fotografi atau selfie. Sangat murah, bukan?

Dekat dengan Tempat Wisata Lainnya

Kalau sudah puas bermain-main di Kampung Pelangi, kamu bisa melanjutkan petualangan ke tempat wisata di Semarang lainnya, seperti Tugu Muda, Lawang Sewu, atau berburu oleh-oleh di Pandanaran. Maklum, ketiga tempat tersebut berjarak dekat dengan Kampung Pelangi.

Sudah bisa membayangkan betapa bahagianya liburan di Kampung Pelangi? Segera planning untuk liburan ke Semarang, Jawa Tengah. Booking tiket mulai sekarang biar dapat harga lebih murah saat petualangan musim panas di Kampung Pelangi. Jangan Lupa foto - foto pakai drone, pasti bakalan seru dan keren banget. Tapi ingat pesan anji kepada pilot drone ya, agar tetap hati - hati sehingga tidak mencelakakan orang lain.

Artikel Terkait