Senin, 12 Maret 2018

Rekonstruksi 3D Model Menggunakan Agisoft Photoscan

Rekonstruksi 3D Model Menggunakan AgisoftPhotoscan - Model 3 Dimensi adalah salah satu output terbaik dari Pemetaan Menggunakan Drone. Bagaimana cara menghasilkan 3D Model Menggunakan Aplikasi Agisoft Photoscan?

Agisoft Photoscan adalah aplikasi pengolah data yang cukup populer digunakan di Indonesia, selain proses pengolahan data yang ringan, pengerjaan yang lebih sederhana menjadikan aplikasi ini menjadi favorit.


Rekonstruksi 3D Model Menggunakan Agisoft Photoscan
Rekonstruksi 3D Model Menggunakan Agisoft Photoscan

Salah satu kelebihan dari pemetaan menggunakan Drone adalah bisa menghasilkan 3D Model, bagi anda yang membutuhkan Drone Untuk pemetaan, terutama pemetaan dalam skala yang lebih luas, anda bisa membeli drone model fixed wing, silahkan lihat drone nya di Jual Drone Skywalker siap terbang RTF.

Untuk melakukan Rekonstruksi 3D Model Menggunakan Agisoft Photoscan pun cukup sederhana, anda bisa mengikuti langkah - langkah tutorial berikut ini;

Untuk Latihan Praktek, anda bisa mendownload Bahan Latihan di sini : Bahan Latihan Rekontruksi 3D ModellMenggunakna Agisoft Doll.

Untuk Tutorial Rekonstruksi 3D Model Menggunakan Agisoft Photoscan. PDF bisa anda downlaod disini : Rekonstruksi 3D Model Menggunakan Agisoft Photoscan.

Contoh Hasil 3D Menggunakan Agisoft



Adapun Proses Rekonstruksi 3D Model Menggunakan Agisoft Photoscan adalah sebagai berikut;


  1. Mengatur Preferensi Photoscan
  2. Menambahkan Foto
  3. Mask Gambar
  4. Align Foto
  5. Builds Dense Cloud
  6. Builds Mesh
  7. Builds Texture
  8. Export Foto

Fitur Rekonstruksi 3D Model Menggunakan Agisoft Photoscan  ini, sangat cocok digunakan untuk melakukan membuat rekonstruksi gedung atau monument.

Pada artikel sebelum ini, saya juga sudah pernah menulis tutorial Mengolah data drone menggunakan Agisoft Photoscan, anda bisa mendownload gartis di Downlaod Modul Agisoft Gratis.


Tips Pemetaan Menggunakan Drone Agar data bisa diolah menjadi 3D Model


Beberapa teman bertanya tentang permasalahan tidak bisa menghasilkan data 3D Model yang baik, jika anda mengalami masalah yang sama, maka anda harus baca artikel ini sampai selesai.


Membuat Misi Terbang



Jika untuk kebutuhan pemetaan, pada umumnya kita akan membuat gambar peta 2 dimensi, untuk ini, Proses Pemetaan Menggunakan Drone lebih simple, anda cukup melakukan penerbangan dengan misi sederhana seperti membuat grid dan kamera dibuat vertikal view.

Berbeda jika anda ingin membuat gambar 3D. untuk membuat gambar 3D ini, anda harus sedikit lebih ekstra dalam membuat misi, meski dalam beberapa aplikasi sudah disediakan pilihan Double Grid dan Circular, namun hal tersebut masih belum bisa praktis, masih dibutuhkan beberapa settingan tambahan agar gambar 3D model anda bisa bagus. sebelum terbang, pastikan anda sudah membuat form ceklis pra - penerbangan drone.


Rekonstruksi 3D Model Menggunakan Agisoft Photoscan
Bentuk misi untuk 3D Model
gambar diatas menunjukkan bentuk misi untuk menghasilkan 3D Model yang sempurna, cara menerbangkan drone untuk pemula untuk membuat gambar 3D, anda harus memotret dari samping, jika hanya dari atas, maka permukaan samping akan menjadi tidak kelihatan.

Jika anda membuat misi, tentu anda harus mempertimbangkan objek yang mau anda petakan, ketinggian, radius dan angle kamera anda, Sesulit apa menerbangkan drone? anda harus lebih sering berlatih untuk membuat 3D Model ini, dengan sering latihan, maka lama - kelamanaan anda akan terlatih.

Artikel Terkait