Senin, 12 Maret 2018

Drone Untuk Pemetaan

Drone Untuk Pemetaan - Selain digunakan untuk foto dan video, Drone juga bisa digunakan untuk melakukan pemetaan, pada artikel kali ini, saya akan mengajak anda untuk mengulas tentang pemnafaatan drone untuk pemetaan.

Salah satu pemanfaatan drone sebagaimana yang saya tulis pada artikel 10 Manfaat dan Kegunaan Drone Dalam Berbagai Bidang, adalah untuk melakukan pemetaan. pemetaan menggunakan drone, menurut banyak ahli, sangat efektif. Karena selain bisa menekan biaya, juga mempersingkat waktu.

Drone Untuk Pemetaan
Drone Untuk Pemetaan

Seberapa Efektif Drone Untuk Pemetaan?


Untuk menjawab pertanyaan diatas, tentu tidak mudah, kita membutuhkan argumen yang logis untuk bisa mencerna dengan baik proses pemetaan menggunakan drone ini. dan soal efektifitas ini, kita bisa membagi dari beberapa sisi. seperti dibawah ini;

Baca Juga : 4 Cara Menghasilkan Uang dari Hobby Bermain Drone

Efektifitas dari Segi Biaya


Jika dilihat dari sisi biaya, kita tentu harus punya pembanding, yang paling sering dibandingkan orang adalah antara Drone dengan Citra Satelite. Untuk lahan 10 Hektar, anda hanya menghabiskan uang sekitar 1.000.000 jika anda melakukannya menggunakan drone, sebut saja biaya tersebut untuk transport ke lokasi dan biaya makan minum selama pengolahan data.

Drone Untuk Pemetaan
Drone Untuk Pemetaan


Jika menggunakan Citra Satelit, anda tidak bisa mengambil hanya 10 hektar, ada angka minimal luasan yang dilayani, sehingga secara otomatis akan sangat mahal sekali harganya.

Jadi dari segi harga, pemetaan menggunakan drone, lebih efektif daripada dengan citra satelit maupun GPS.

Akurasi hasil?


Soal akurasi, Citra Satelit resolusi sangat tinggi, hanya mampu 40cm (hasil resampling) sedangkan kamera drone bisa mencapai 4cm / pixel nya, namun sayangnya, dari segi geometrik, drone lebih tinggi angka errornya, sehingga dibutuhkan GCP, dengan bantuan GCP, data yang dihasilkan menjadi sangat akurat.

Jadi dari segi Akurasi, kamera drone jauh lebih efektif daripada Citra satelit, mencapai 1: 10.

Waktu dan Proses


Bicara soal waktu, drone bisa memetakan wilayah seluas 3.000 Hektar dalam 1 hari, menggunakan jenis drone fixed wing, anda bisa mencoba untuk melakukan tracking GPS mengelilingi wilayah seluas 1.000 Ha, pasti akan menguras tenaga dan membutuhkan waktu yang lama.

Drone Untuk Pemetaan
Drone Untuk Pemetaan


Jenis Drone untuk Pemetaan


Adapun jenis - jenis drone yang bisa digunakan untuk pemetaan bermacam - macam, tergantung pada luasan yang akan dipetakan. beberapa opsi jenis drone yang bisa digunakan adalah sebagai berikut;

1. Rotary Wing


Jenis Rotary wing ini sangat mudah di gunakan untuk pemetaan, namun sayangnya, drone jenis ini tidak bisa mengcover area yang luas. saya sendiri hanya pernah sampai 15 Hektar menggunakan DJI Phantom 4 Pro.

Pada artikel sebelumnya saya juga sudah pernah membahas tentang proses pemetaan menggunakan DJI Phantom 3 Pro. Pemetaan ini bisa dilakukan dengan cara yang mudah, sudah pernah juga saya tulis tentang Cara Mudah melakukan pemetaan menggunakan Drone DJI.

Kekurangan Drone jenis ini memang pada kamera yang agak kurang jika dibandingan dengan kamera pada fixed wing yang menggunakan Mirrorless.

2. Fixed Wing


Drone jenis ini sangat direkomendasikan, salah satu model yang seringkali saya pakai adalah jenis Skywalker, bagi anda yang ingin membeli drone skywalker siap terbang, bisa mengontak saya.

Drone jenis skywalker bisa di costumize sesuai kebutuhan, bisa dipasangi sensor untuk NDVI dan sebagainya.

Kesimpulan


Drone sangat membantu dalam melakukan pemetaan, Mudah, murah dan menjanjikan akurasi yang tinggi. sehingga pengguaan drone untuk pemetaan sangat di rekomendasikan.

Artikel Terkait