Senin, 15 Januari 2018

ASUS X550IK - Laptop yang pas sebagai GCS Drone Untuk Pemetaan


ASUS X550IK - Laptop yang pas sebagai GCS Drone Untuk Pemetaan
Selfie dengan Background Laptop ASUS dan Drone
Pekerjaan Sehari - hari saya adalah bergulat dengan dunia Drone, baik itu untuk melakukan pemetaan maupun untuk sekedar mengambil foto dan video.

ASUS X550IK - Laptop yang pas untuk GCS Drone Untuk Pemetaan
ASUS X550IK - Laptop yang pas untuk GCS Drone Untuk Pemetaan

Seperti yang diketahui, untuk bisa melakukan penerbangan drone untuk pemetaan, kita membutuhkan sebuah laptop, laptop dalam hal ini berfungsi sebagai Ground Control Station (GCS), sekaligus harusnya mampu untuk mengolah data menggunakan agisoft.


Tidak semua Laptop bisa digunakan untuk GCS, karena GCS memegang hampir seluruh kendali dari sebuah aktivitas penerbangan drone, mulai dari membuat misi penerbangan menggunakan Aplikasi Mission Planner, melakukan monitoring saat drone sedang terbang, sampai pada melakukan Geo Referensi Foto hasil penerbangan, semuanya dilakukan di Laptop.

Laptop yang bisa digunakan untuk melakukan pemetaan menggunakan Drone adalah laptop yang bisa menjalankan software yang dibutuhkan untuk penerbangan drone.

Jika anda tahu kondisi geografis yang Saya hadapi, Anda pasti maklum mengapa Saya butuh Laptop dengan kemampuan sekelas ASUS X550IK ini, di Kalimantan Barat ini, masih sangat banyak pemukiman yang belum dialiri Listrik, tentu saja Saya membutuhkan laptop yang kuat daya baterainya.

ASUS X550IK - Laptop yang pas untuk GCS Drone Untuk Pemetaan
Liu Purnomo sedang menggunakan ASUS untuk GCS di pondok Ladang
Gambar diatas salah satu aktivitas ketika saya ditugaskan untuk melakukan pemetaan di pedalaman yang jauh dari sumber listrik, sehingga ASUS menjadi pilihan utama untuk menyelesaikan misi pemetaan di wilayah tersebut.

Selain tahan daya, pertimbangan lain dalam menentukan Laptop yang pas untuk dijadikan GCS dalam Pemetaan Menggunakan Drone adalah mempertimbangkan Kemampuan dari Laptop tersebut. Mengingat banyaknya aplikasi high level yang harus di jalankan di laptop untuk pemetaan ini.

Salah satunya adalah Mission Planner, Mission Planner adalah  sebuah aplikasi yang memungkinkan kita untuk membuat dan mengolah data penerbangan drone. aplikasi ini membutuhkan Laptop dengan kemampuan tinggi.

ASUS X550IK - Laptop yang pas untuk GCS Drone Untuk Pemetaan
Liu Purnomo sedang membuat misi penerbangan dengan  Mission Planner
Mission Planner juga berguna untuk mengendalikan Drone dan memonitoring drone selama dalam penerbangan, sehingga Target pemetaan yang di inginkan bisa terpenuhi.

Selain untuk mission Planner, saya juga merekomendasikan kepada teman - teman yang pernah saya latih untuk Pemetaan Menggunakan Drone, untuk memiliki Laptop ASUS sebagai laptop untuk bermain Simulator. karena laptop ini rasanya sangat pas untuk bermain simulator drone.

ASUS X550IK - Laptop yang pas untuk GCS Drone Untuk Pemetaan
Laptop ASUS untuk simulato

Liu Purnomo sedang menginstal aplikasi Simulator
Aplikasi simulator Drone ini merupakan salah satu aplikasi yang wajib dimiliki oleh para pemula, karena dengan simulator ini, para pilot bisa mengasah kemampuan dalam menerbangkan Drone. ada banyak pilihan jenis drone yang bisa digunakan pada aplikasi ini.

Saat ini saya sendiri menggunakan Laptop ASUS ROG GL502VM, secara keseluruhan laptop ini benar - benar cocok untuk saya dalam melakukan pemetaan menggunakan drone, mulai dari mission planner, Pix4d sampai ArcGIS bisa dibuka dengan lancar di Laptop ini. Bisa memiliki ASUS X550IK adalah impian terbesar selanjutnya.

Bagi anda yang sedang mencari Laptop yang pas untuk aktivitas Pemetaan Menggunakan Drone, anda sebaiknya membeli Laptop ASUS X550IK saja. dibawah ini adalah yang bisa anda lakukan dengan laptop ASUS X550IK ini, Yuk Simak.

Spesifikasi Asus X550IK


ASUS bersama AMD mempersembahkan perangkat notebook entry gaming terbarunya berbasis prosesor AMD APU generasi ke-7 series ke pasaran Indonesia. Membawa nama ASUS X550IK, notebook ini dilengkapi prosesor maupun kartu grafis yang mumpuni menggunakan arsitektur Polaris 21 untuk menjalankan berbagai aplikasi yang dibutuhkan dalam pemetaan menggunakan drone.

ASUS X550IK - Laptop Gaming Murah Untuk GCS Drone
ASUS X550IK - Laptop Gaming Murah Untuk GCS Drone

Main Spec.
ASUS X550IK
CPU
7th Gen AMD APU FX-9830P, clock speed 3.0GHz – 3.7GHz
Operating System
Windows 10
Memory
8GB DDR4 2133MHz up to 16GB (Dual Channel Support)
Disk Drive
8x DVD Super-Multi
Storage
1.000GB HDD
Display
15,6” Full HD (1920x1080) 16:9 Anti Glare
Graphics
AMD Radeon RX 560 (Polaris 21) Graphics with 4GB GDDR5
Input/Output
1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor, 3 x USB 3.0 port(s), 1 x USB 2.0 port(s), 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1 x HDMI
Camera
VGA Web Camera
Connectivity
Dual-band 802.11 b/g/n or 802.11ac (optional), 10/100/1000/Gigabits Base T, Bluetooth 4.0
Audio
Built-in Speakers And Microphone, SonicMaster Lite Technology, ICE Power support
Dimension
38.0 x 25.1 x 2.92 ~31.7 cm (WxDxH)
Weight
2.45 kg with Battery
Battery
4 Cells 44 Whrs Battery
MSRP
Rp10.299.000
Warranty
2 Tahun Global

Harga Terjangkau


Ade Harge Ade Rupe istilah orang Pontianak yang artinya jika anda ingin barang yang bagus, maka anda harus membayar mahal. namun istilah ini tidak berlaku untuk Laptop Asus X550IK.Lapotp ini bisa anda miliki hanya seharga 10 Jutaan saja. melihat kemampuan yang dimiliki Laptop ini, harga yang di tawarkan terbilang murah.

AMD Radeon RX560, Lebih Bertenaga


Sama seperti varian X550I terdahulu, model terbaru ini juga diperkuat oleh prosesor AMD FX series yakni FX9803P. Seperti diketahui, prosesor seri FX dari AMD merupakan prosesor flagship yang menawarkan performa luar biasa. Dilihat dari kecepatan clock speed yang dimilikinya, AMD APU FX-9830P dengan cache sebesar 2MB ini sudah sangat mumpuni dalam hal performance dan multi-tasking. Kemampuan ini akan berguna bagi anda yang ingin mengolah data dengan Agisoft sekaligus melayout peta dengan ArcMap.

Didukung  RAM berkapasitas 8GB yang bisa ditambah hingga 16GB. RAM itu merupakan jenis DDR4 2133MHz yang menawarkan performa jauh lebih baik dengan konsumsi daya yang lebih efisien. sehingga anda tidak perlu khawatir saat berada di wilayah yang jauh dari sumber listrik saat melakukan penerbangan drone ditengah hutan.

Untuk anda yang ingin bermain simulator, anda akan dimanjakan oleh kartu grafis Polaris AMD Radeon RX 560 yang mempunyai VRAM berbasis GDDR5 sebesar 4GB. AMD Radeon RX560 terbukti memiliki performa yang lebih baik sekitar 31,6 persen dibandingkan pendahulunya. Grafis tersebut merupakan GPU dengan arsitektur Graphic Core Next generasi keempat dengan 14 buah compute unit dan 1024 stream processor.

Graphic Processing Unit (GPU) ini juga memiiki peningkatan sekitar 6 persen pada clock speed VGA menjadi 1.275MHz untuk boost dan 1.175MHz pada base clocknya. Dan pada kecepatan maksimal tersebut, ia mampu memproses hingga 2,6 Tera floating-point operations per detik.

Tak hanya performa mumpuni dari pemanfaatan komponen bertenaga, ASUS X550IK juga meningkatkan pengalaman komputasi sehari-hari penggunanya. dimana Laptop ini bisa dinyalakan secara instan dari kondisi  sleep hanya dalam waktu 2 detik. Untuk proses transfer data hasil penerbangan drone, ASUS X550IK sudah dilengkapi dnegan Port USB 3.0 yang bisa 10 kali lebih cepat.

Jadi Tunggu apalagi, yuk beli ASUS X550IK untuk pemetaan menggunakan drone anda, semoga aktivitas ngedrone anda menjadi lebih produktif. Artikel ini diikutsertakan pada Blog Competition ASUS AMD - Laptop For Everyone yang diselenggarakan oleh bocahrenyah.com.

Artikel Terkait