Thursday, January 4, 2018

Mengenal Sistem Informasi Geografis

Sistem Informasi Geografis (Geographic Information System/GIS) yang selanjutnya akan disebut SIG merupakan sistem informasi berbasis komputer yang digunakan untuk mengolah dan menyimpan data atau informasi geografis (Aronoff, 1989). 

Jika anda adalah pembuat peta, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah System Informasi Geografis ini, karena ini adalah konsumsi anda sehari – hari, kali ini kita akan memperlajari pengertian dari SIG ini secara umum.

Illustrasi : Infomasi Geografis
System Informasi Geografis atau biasa disingkat dengan SIG ini adalah  ”Suatu komponen yang terdiri dari perangkat keras , perangkat lunak , data geografis dan sumberdaya manusia yang bekerja bersama secara efek tif untuk memasukan, menyimpan, memperbaiki, memperbaharui, mengelola, mema nipulasi, mengintegrasikan, menganalisa dan menampilkan data dalam suatu informasi berbasis geografis ”.

Kebanyakan kita seringkali mengidentikkan System Informasi Geografis ini dengan system yang berbasis computer, padahal pada dasarnay, SIG ini sendiri dapat dikerjakan secara manual, namun SIG yang berbasis pada Komputer akan sangat membantu kita, ketika data Geografis merupakan sebuah data yang banyak dalam ukuran yang sangat besar. Apalagi jika terdiri dari banyak tema yang saling berkaitan. 

SIG Memiliki kemampuan guna mengkoneksikan data pada suatu tempat tertentu di permukaan bumi, menggabungkannya, melakukan Analisa dan pada akhirnya menyajikan hasilnya dalam bentuk peta.

Adapun data yang akan diolah pada SIG merupakan data spasial yaitu sebuah data yang berorientasi geografis dan merupakan suatu lokasi yang memiliki sistem koordinat tertentu sebagai dasar referensinya. Sehingga aplikasi SIG dapat menjawab beberapa pertanyaan seperti; lokasi, kondisi, trend, pola dan pemodelan. Kemampuan inilah yang membedakan SIG dari sistem informasi lainnya. 

Jadi SIG adalah satu kesatuan Sistem yang terdiri dari berbagai komponen penyusun, tidak hanya perangkat keras beserta perangkat lunaknya saja, akan tetapi juga harus tersedia data geografis yang benar dan sumber daya manusia untuk memainkan perannya.

Hal ini sudah saya bahas pada artikel Dengan komponen – komponen tersebut, masih masing komponen bias saling mendukung dalam memformulasikan dan menganalisa persoalan, sebab ini yang menentukan keberhasilan SIG. Secara Ringaks, ada 5 Komponen yang harus ada pada Sistem Informasi Geografis yaitu;

  1. Hardware Berupa Perangkat Keras Seperti Komputer dan Lain – Lain
  2. Software adalah perangkat lunak, seperti aplikasi ArcGIS
  3. Data adalah kompunen Penting dari SIG, seacra umum ada dua jenis data pada ArcGIS, yaitu data Vektor dan data Raster
  4. Sumber Data Manusia merupaka orang yang mengoperasikannya
  5. Metode adalah cara yang digunakan

Untuk pembahasan lengkapnya anda bisa membaca tulisan saya pada artikel Pengantar ArcGis 10.4  Pada Artikel sebelumnya, saya juga sudah pernah membahas tentang beberapa hal yang berkaitan dengan pemetaan dan ArcGIS pada artikel Pemetaan, Artikel yang saya buat kali ini juga masih berkaitan dengan Arcgis, sebagai salah satu Pengantar Arcgis 10.4.

Kedepannya saya akan melengkapi tutorial penggunaan Arcgis 10.4 ini, sehingga kawan – kawan yang ingin belajar tentang GIS bias mendapatkan manfaat dari sini. Terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa pada artikel saya selanjutnya tentang ArcGIS.

Artikel Terkait