Saturday, December 16, 2017

Cara Gampang Pemetaan Dengan Drone DJI

Cara Gampang Pemetaan Dengan Drone DJI  ini adalah sebuah artikel yang saya buat berdasarkan pengalaman pribadi, berawal dari logika sederhana bahwa "Semua foto yang diambil menggunakan drone sudah memiliki referensi geografis".

Konsep sebuah gambar yang bisa di Mozaik menggunankan Aplikasi Seperti Agisoft dan Sebagainya adalah adanya referensi Geografis pada foto tersebut, sehingga masuk akal jika sebuah foto yang diambil menggunakan drone DJI Phantom pasti bisa di olah.

Penggunaan Drone untuk kebutuhan pemetaan akhir - akhir ini semakin banyak diminati, mengingat besarnya kebutuhan masyarakat terkait data yang relevan dan akurat, dan dengan DJI Phantom, proses untuk mengambil foto udara menjadi lebih mudah.

Meski sebenarnya proses pemetaan menggunakan drone ini tidak pernah segampang yang dikatakan, proses yang cukup panjang dan berbelit - belit, harus instal aplikasi ini itu, sehingga yang biasa mengatakan bahwa pemetaan menggunakan droen ini gampang adalah karena pemetaan menggunankan GPS lebih sulit dibandingkan dengan drone.

Dengan kemajuan teknologi, banyak innovasi baru yang berusaha mempermudah semau urusan manusia, termasuk dalam hal pemetaan. 

Jika Dulu untuk melakukan pemetaan pada sebuah lahan, kita harus berkeliling, saat ini sudah ada teknologi drone yang bisa membantu kita dalam melakukan pemetaan, kita tinggal duduk manis saja, gambar lahan sudah didapat dan tinggal dilakukan digitasi.

Cara Gampang Pemetaan Dengan Drone DJI
Cara Gampang Pemetaan Dengan Drone DJI

Pada beberapa Artikel sebelumnya, saya sudah pernah menulis Tentang Proses Pemetaan Menggunakan DJI Phantom 3, atau di Artikel Tutorial Pemetaan Menggunakan Drone Lainnya saya selalu menyebutkan Software Pix4DCapture. Pix4DCapture sendiri sebenarnya dibuat agar bisa membuat mission planner secara otomatis, sehingga dalam melakukan pemetaan Drone bisa terbang sesuai dengan misi yang sudah kita buat.

Namun hal ini saya rasa kurang efektif jika kita hanya ingin melakukan pemetaan pada tanah seluas setengah hektar saja, sebab kita hanya butuh 1 kali jepret dari ketinggian 150 Meter, tanah seluas setengah hektar tersebut sudah bisa tercover.

Ada Cara Mudah untuk melakukan pemetaan ini dan tidak harus menggunakan aplikasi seperti Pix4DCaptura, sebab dengan aplikasi DJI Go saja anda sudah bisa melakukan pemetaan. adapun beberapa syarat dalam melakukan pemetaan menggunakan drone tanpa aplikasi tambahan adalah sebagai berikut.

1. Melakukan Penerbangan Dengan Ketinggian Stabil


Agar gambar dapat di olah (Mosaik), maka harus ada 5 atau lebih foto, agar bisa diolah dengan baik, maka ketinggian drone saat menerbangkan drone ini haruslah stabil dan tidak berubah - ubah, misalnya tentukan ketinggian di 100 Meter, sehingga semua foto yang diambil bisa di ketinggian yang sama

2. Arahkan Kamera Vertical


Setelah berada di ketinggian yang diinginkan,  kemudian kita membutuhkan foto yang diambil secara vertical, oleh karena itu arahkan kamera secara vertikal, 90 Derajat.

Namun jika anda ingin menghasilkan hasil peta tiga dimensi ( 3D ), Anda bisa melakukan pemetaan dengan mengambil foto dari segala sisi dan dengan sudut kamera 45 derajat. Untuk Peta 2D sebaiknya menggunkan kamera vertikal, sehingga mosaik gambar bisa lebih baik.

3. Dapatkan Banyak Foto Yang Overlap dan Sidelap


Setelah di ketinggian yang sama dan Kamera sudah di setting vertikal, maka langkah selanjutnya adalah mengambil beberapa foto, adapun foto yang diambil harus bertimpa dengan foto sebelumnya, atau dalam istilah pemetaan menggunakan drone adalah Overlap dan Sidelap, Overlap artinya menimpa dari depan, sedangkan Sidelap adalah menimpa dari samping.

Untuk menghasilkan foto yang overlap dan sidelap dibutuhkan kreatifitas dan perkiraan yang matang, sehingga foto yang dihasilkan bisa di mosaik dengan sempurna.

Untuk Selanjutnya, gambar yang sudah di ambil tersebut bisa dilanjutkan dengan melakukan mosaik data menggunakan Agisoft, saya sudah pernah membuat modul lengkap yang bisa anda download pada artikel Download tutoriaal Mosaik Data Drone menggunakan Agisoft Photoscan. bagi anda yang masih bingung apa itu mosaik data bisa anda baca Apa Itu Mosaik Data Drone.atau lebih lengkap anda bisa membaca Istilah yang sering digunakan dalam pemetaan menggunakan drone untuk menambah pengetahun anda tentang pemetaan menggunakan drone.

Kesimpulan


Bagi anda yang ingin melakukan pemetaan tanah yang tidak terlalu luas, saya sarankan untuk menggunakan metode ini, sebab sangat mudah, anda bisa menerbangkan drone seperti biasanya, kemudian memotret objek yang ingin anda petakan.

Namun untuk daerah yang lebih luas, sebaiknya anda menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Pix4DCapture atau Droendeploy. 

Artikel Terkait