Thursday, November 23, 2017

Pemetaan Menggunakan DJI Mavic Pro

Pemetaan Menggunakan DJI Mavic Pro ini merupakan yang pertama kalinya bagi saya, karena terus terang, saya lebih senang menggunakan DJI Phantom 3 Untuk Pemetaan atau DJI Phantom 4, pertimbangannya tentu saja karena hasil jepretan Mavic Pro kalah bagus dibandingkan Phantom 4.

Kali ini saya akan berbagi mengenai tahapan - tahapan dalam melakukan pemetaan menggunakan DJI Mavic Pro.
Pemetaan Menggunakan DJI Mavic Pro
Pemetaan Menggunakan DJI Mavic Pro

1. Persiapan

Sebelum melakukan pemetaan menggunakan DJI Mavic Pro, anda harus memastikan bahwa baterai drone dan Baterai HP yang ingin anda gunakan mencukupi sehingga resiko habis saat melakukan pemetaan. selain mengisi baterai, saya juga mengosongkan memori cardnya, karena saya menggunakan memori card dengan kapasitas 16 GB saja. dan pastikan juga kalian sudah menginstal aplikasi Pix4DCapture dan DJI Go di Hp kalian. Saya sendiri menggunakan IPhone 5s.

2. Pembuatan Misi

Pemetaan Menggunakan DJI Mavic Pro
Misi Penerbangan Pemetaan Menggunakan Mavic Pro
Langkah selanjutnya adalah membuat misi, Misi untuk penerbangan dibuat di aplikasi Pix4DCapture. langkah ini bisa dilakukan sambil mengisi baterai HP, silahkan membuat misi secukupnya, saya sendiri membuat misi dengan ketinggian 100 Meter dan luas 165 x 170, 100m karena saya ingin melakukan pemetaan  wilayah Ladja Hotel.

3. Penerbangan

Setelah baterai penuh, dan misi sudah dibuat, maka langah selanjutnya yang saya lakukan adalah melakukan penerbangan, tahapan dalam melakukan penerbangan ini adalah sebagai berikut.
  • Connecting : Menghubungkan Iphone - Remote
  • Calibration Compass : Setelah tersambung, maka langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi DJI terlebih dahulu, kemudian melakukan kalibrasi kompas.
  • Checking mission : setelah selesai melakukan kalibrasi, langsung tekan tombol home dan langsung buka aplikasi Pix4DCapture, kemudian klik tombol start.
  • Terbang : Setelah melakukan check, dan semua persyaratan sudah dipenuhi, maka selanjutnya tinggal terbang. silahkan tunggu sampai unit landing sendiri.

4. Pengolahan Data

Setelah melakukan penerbangan maka yang selanjutnya dilakukan adalah mengolah data hasil penerbangan. dengan seperti biasa, saya menggunakan aplikasi Agisoft Photoscan Pro untuk mengolah data, prosesnya anda bisa baca disini.

Nah demikianlah langkah - langkah dalam melakukan pemetaan menggunakan DJI Mavic Pro yang saya lakukan, secara umum, tidak berbeda dengan melakukan pemetaan menggunakan DJI Phantom, sekian semoga bermanfaat.

Pemetaan Menggunakan DJI Mavic Pro
Peta Hasil Pemetaan Menggunakan DJI Mavic Pro

Artikel Terkait