Tuesday, November 21, 2017

Kendala Alam Dalam Penerbangan Drone dan Antisipasinya

Citra Hasil Drone adalah pilihan terbaik saat ini dengan resolusi mencapai 5 cm, sementara Citra Satelit WorldView-4 dan WorldView-3 dengan resolusi spasial 30 cm. Jadi belum ada, citra satelit saat ini yang mempunyai resolusi spasial mencapai 5 cm, artinya belum ada yang mampu (bahkan) mendekati hasil drone. Mengingat hasil yang bagus tersebut, Drone menjadi pilihan utama dalam memunculkan gambar citra bumi, namun apakah mudah? Tentu saja tidak mudah, ada beberapa kendala dalam melakukan penerbangan drone yang patut di antisipasi.

Berikut dibawah ini Kendala Dalam Penerbangan Drone Yang patut anda antisipasi

Menerbangan Drone tidak jauh berbeda dengan melakukan penerbangan pesawat udara, kondisi alam, cuaca, angin dan sebagainya akan menjadi masalah serius jika tidak diperhatikan. kondisi alam seperti apa yang kalian tidak di ijinkan terbang, dan mengapa tidak diijinkan, mari kita bahas satu persatu.

1. Mendung / Berawan 

Daerah yang kami datangi adalah daerah perbukitan, di pedalaman kalimantan, pagi hari adalah waktu dimana awan rendah menutupi seluruh permukaan. Jadi jika anda ingin melakukan penerbangan pagi pagi, anda pastikan awan atau kabut pagi sudah berada di atas ketinggian terbangmu, karena jika berada dibawah ketinggian terbang, maka hasil foto udara kalian akan rusak karena tertutup awan.

Kendala Dalam Penerbangan Drone dan Antisipasinya
Foto Drone Tertutup Awan - Ig @liupurnomo
Hal tersebut juga berlaku pada saat cuaca mendung, biasanya, awan rendah sehingga menutup hasil foto yang dihasilkan oleh drone.

2. Angin

Angin adalah suatu yang sangat berpengaruh dari sisi keamanaan, angin yang kencang membuat pesawat yang sudah di setting otomatis (aoutopilot) memaksa gas tinggi sehingga menyebabkan Baterai cepat habis dan bisa membuat jatuh pesawat, pastikan angin setap sabil (tidak lebih dari 20 m/s). gas yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan motor atau ESC terbakar.

Hati - hati juga saat akan melakukan take off dan landing, karena angin akan sangat berpengaruh pada baik -jeleknya landing drone

3. Cuaca Sangat Panas

Saya pernah melakukan penerbangan di daerah pesisir yang notabene pada siang hari sangat silau, foto yang dihasilkan jadi putih nggak jelas, saya belum tahu penjelasan logisnya gimana, tapi menurut saya ini karena cuaca panas dan penerbangan yang saya lakukan kurang tinggi (waktu itu hanya di ketinggian 100 meter saja).

Demikianlah Kendala Alam dalam Penerbangan Drone yang patut anda antisipasi, semakin anda detail dalam memperhatikan alam disekitar anda, maka kemungkinan crash akan semakin kecil.

Artikel Terkait