Sunday, November 26, 2017

10 Manfaat dan Kegunaan Drone Dalam Berbagai Bidang

10 Manfaat dan Kegunaan Drone Dalam Berbagai Bidang - Ada Berbagai macam fungsi dan Keguanaan Drone, Padahal drone awalnya hanya digunakan oleh mereka yang ada di militer maupun pemerintah. Tapi kini, drone bisa dimanfaatkan oleh siapa saja untuk berbagai keperluan lain, termasuk mendukung pekerjaan. Drone pada dasarnya adalah sebuah perangkat berbentuk pesawat mini yang bisa terbang layaknya helikopter. Hanya saja cara menerbangkan drone ini menggunakan remote control. Mirip seperti mainan anak namun tentu saja lebih keren dan canggih, dan tidak perlu ada penumpang didalamnya.

Nah, karena drone sekarang sudah meluas, yuk simak 10 fungsi luar biasa dari drone jika dimanfaatkan dengan benar berikut ini.

1. DRONE UNTUK DOKUMENTASI MOMEN PENTING


Hal paling utama yang bisa di lakukan oleh drone adalah memotret, keahliannya yang bisa membawa kamera dari sudut yang benar – benar unik membuat drone menjadi alat penting untuk menagmbil gambar yang bisa memanjakan mata.

10 Manfaat dan Kegunaan Drone Dalam Berbagai Bidang
10 Manfaat dan Kegunaan Drone Dalam Berbagai Bidang

Bukan hanya pemandangan saja, kejadian seperti huru-hara, teroris, bahkan kecelakaan dan kemacetan dipantau melalui udara untuk mendapatkan jangkauan gambar secara menyeluruh dan aman karena jauh dari lokasi kejadian. Gambaran seperti ini akan sangat membantu dari pengambil berita, penikmat berita, hingga otoritas kenegaraan untuk mengambil tindakan.

2. DRONE UNTUK MEMANCING


Jangan kaget dengan judulnya, Drone untuk memancing sudah dibuktikan oleh Jaiden Maclean, Brody Maclean dan Byron Leal dari Sea Ulcer Aerial Media. Ketiga pria tersebut membawa sebuah drone DJI Phantom ke pantai di kawasan Fingal Head, New South Wales, Australia. Drone itu mereka pakai sebagai alat bantu memancing ikan di kawasan itu. Maclean memasang umpan ikan yang terkait di alat pancing pada drone yang mereka bawa. Selanjutnya pesawat tanpa awak itu diterbangkan ke tengah laut.

Kamera yang terpasang di drone dipakai untuk memantau lokasi ikan berkumpul. Setelah terlihat segerombolan ikan tuna ekor panjang yang sedang melintas, Maclean kemudian melepaskan umpan yang sudah dikaitkan pada drone tersebut, sehingga jatuh tepat di atas gerombolan ikan. Umpan berupa cumi-cumi itu pun langsung disantap seekor tuna ekor panjang. Senar pancing yang menahan umpan tidak disangkutkan pada drone agar tidak ikut terseret.

Sementara itu di tepi pantai, Maclean berusaha menggulung senar pancing yang tersambung pada umpan tersebut demi menarik ikan ke arahnya. Usahanya tak sia-sia, ia berhasil mendapatkan satu ekor tuna ekor panjang dengan bobot 20 kilogram.

Meskipun Maclean mengatakan sangat sulit untuk memancing menggunakan drone, dan mereka membutuhkan lima hari untuk mendapat satu ikan, namun teknology seperti ini akan bisa dikembangkan lebih lanjut sehingga benar – benar tepat guna.

3. DRONE UNTUK MENGANTAR BARANG


Sebuah prusahaan waralaba jepang bekerjasama dengan rakuten, telah mengembangkan drone untuk mengirim barang ke Kota Minami Soma yang terletak 20 kilometer sebelah utara pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima. Kawasan ini baru saja memulai revitalisasi pasca bencana gempa bumi, tsunami berikut kebocoran nuklir pada 2011 lalu.

Pemerintah setempat berharap layanan drone dapat memudahkan warga membangun kembali hidupnya setelah perintah evakuasi dicabut Juni 2017. Walikota Minami Soma, Katsunobu Sakurai menyampaikan ini merupakan layanan baru yang mengkombinasikan minimarket, vendor ponsel dan drone guna mendukung revitalisasi masyarakat dan menghadirkan kemudahan. Dengan innovasi yang semakin berkembang, bisa jadi drone akan mengalahkan Go-FOOD, mungkin ya.

4. DRONE UNTUK PEMETAAN


Sudah umum dibicarakan berbagai pihak bagaiman drone bisa membantu melakukan kerja pemetaan, biaya drone bisa lebih murah dan kerja pemetaan bisa lebih ringan saat bertemu dengan medan suit dijangkau, hal ini saya resakan sendiri ketika melakukan pemetaan di wilayah pedalaman Kalimantan Barat, yang notabene wilayah hutan hujan tropis dan berbukit.

Dengan menggunakan drone, hasil peta yang di buat bisa menjadi 3 Dimensi, dan sebagainya, lebih canggih lagi, pemetaan menggunakan drone juga bisa untuk mendeteksi kesetahatan vegetasi dengan sensor lidar, Dulunya gambar dengan LIDAR ini harus di peroleh dengan dana yang tidak sedikit.

Pemetaan Menggunakan Drone kemudian dimanfaatkan oleh banyak kalangan, mulai dari para LSM, Perseroan sampai pemirintahdan Instansi terkait seperti BPN dan ATR. dengan teknologi drone proses pemetaan menjadi lebih mudah, dan tentu saja jika harus dibandingkan dengan membeli citra satelite resolusi tinggi , menggunakan drone lebih murah.

5. DRONE UNTUK FILMAKER


Pembuatan film dikenal dengan perangkat-serba mahal, termasuk penggunaan helicopter untuk mengambil gambar cantik dari udara, dengan keberadaan teknologi drone ini telah menggantikan posisi helikopter, secara otomatis biaya produksi film jadi terjangkau.

6. DRONE UNTUK KEBUTUHAN MILITER


Dalam bidang militer Drone atau pesawat tanpa awak memiliki kegunaan, diatantaranya :
  • Pesawat penyerang kamp-kamp musuh:
  • Pesawat pengintai atau mata-mata
  • Pesawat kamikaze (untuk ditabrakkan ke musuh)
  • Pesawat patroli perbatasan

Drone atau pesawat tanpa awak dapat digunakan untuk menyerang kamp-kamp musuh karena ada Drone yang mampu membawa berbagai roket dan rudal, selain itu dapat mengurangi kerugian dibanding menggunakan pesawat konvensional ataupun helikopter. Terutama kerugian sumber daya manusianya. Dimana nyawa merupakan harta yang tak ternilai harganya. Bahkan Drone pun digunakan untuk menyerang kamp teroris ditimur tengah yang menewaskan pimpinan Al-Qaeda yaitu Osama Bin Laden.

Pesawat tanpa awak biasanya disematkan juga kamera dan sensor-sensor lainnya sehingga dengan indra tersebut maka pesawat tanpa awak atau Drone dapat digunakan untuk pengintaian dan patroli perbatasan selain itu juga dapat digunakan sebagai pesawat kamikaze, yaitu untuk menyerang musuh dengan cara ditabrakkan kekapal atau pesawat musuh.

7. DRONE UNTUK PENELITIAN SITUS KUNO


Untuk mendapatkan pemandangan secara luas dari situs kuno, arkeolog sering beralih ke pesawat, helikopter dan balon udara. Namun para peneliti saat ini memiliki akses ke teknologi yang lebih lincah dan lebih murah untuk memetakan, mengeksplorasi dan melindungi harta arkeologi yaitu dengan memanfaatkan teknologi Drone.

Di Peru - situs purbakala Machu Picchu dan reruntuhan menakjubkan lainnya, pemerintah berencana untuk membeli beberapa drone untuk melakukan survei arkeologi di daerah yang ditargetkan untuk membangun atau pengembangan, dan menjaga situs arkeologi tersebut dilansir dari Reuters

Arkeolog yang bekerja di negara itu telah menggunakan Drone kecil untuk mempelajari situs kuno, termasuk kota Andean kolonial Machu Llacta, dan kuburan San José de Moro, yang berisi makam pendeta Moche. Beberapa peneliti bahkan telah membangun drone mereka sendiri dengan biaya kurang dari $ 2.000,untuk mempermudah menjaga warisan dunia tersebut.

8. DRONE UNTUK PERTANIAN


Salah satu kegunaan drone selain mengambil foto udara maupun video areal adalah membantu petani dalam melakukan pengawasan serta penyiraman pestisida di areal pertanian yang sangat luas. Meski di indonesia, jika dilihat dari luasannya, belum memerlukan technologi ini, namun beberapa waktu kedepan tidak mustahil akan ada petani modern yang memanfaatkan drone untuk membantu proses pertanian, sehingga hasilnya bisa maksimal, dan kita tidak perlu import beras lagi.

9. DRONE UNTUK KEBUTUHAN MEDIS


Teknologi Drone juga bisa digunakan untuk mmbantu mengantar peralatan medis, salah satunya adalah Drone Berbahan Kertas yang diciptakan oleh sebuah riset technologi yang berbasis di San Fransisco. Berkat perkembangan teknologi, pesawat kertas yang dahulu hanya menjadi mainan bagi anak-anak kini dapat menyelamatkan nyawa manusia.

Sebuah riset teknologi yang berbasis di San Fracisco, AS, yaitu Otherlab, menciptakan sebuah drone pesawat kertas yang paling mutakhir di dunia. Bentuknya sendiri mirip dengan jet tempur tanpa pengemudi dan drone ini hanya mampu menampung beban ringan kurang dari satu kilogram. Drone pesawat kertas tersebut mampu memuat tabung kecil, baterai, vaksin, darah, serta benda cair medis lainnya yang harus dikirimkan ke daerah yang terbilang sulit dijangkau.

10. DRONE UNTUK BANTU PEMADAM KEBAKARAN


Kehadiran drone semakin banyak fungsinya, selain membantu fotografer mendapatkan objek foto dari ketinggian atau bahkan dijadikan alat pengantar makanan di restoran. Kini drone digunakan sebagai alat bantu pemadam kebakaran.

Bermula dari tim pemadam kebakaran New York mengalami kesulitan untuk memadamkan kobaran api yang terjadi di sebuah bangunan apartemen berlantai enam yang berlokasi di Bronx, New York City. ini merupakan pertama kalinya bagi tim pemadam kebakaran New York menggunakan drone untuk membantu memadamkan api. Kejadian kebakaran itu pun akhirnya bisa cepat dipadamkan, hanya sekitar satu setengah jam setelah ditangani.

KESIMPULAN



10 Manfaat dan Kegunaan Drone Dalam Berbagai Bidang - Drone merupakan terobosan baru yang bisa di manfaatkan untuk melakukan banyak hal. Sudah banyak riset dan Penelitian yang membantu mengembangkan manfaat drone ini, sementara kita sibuk berdebat soal perbedaan, dunia luar terus berinnovasi, saatnya kita ambil bagian dari sebuah kemajuan tanpa batas.

Artikel Terkait