Proses Pemetaan Menggunakan DJI Phantom 3 Professional

Proses Pemetaan Menggunakan DJI Phantom 3 Professional - DJI Phantom adalah drone buatan DJI, dimana drone ini adalah jenis yang dirancang khusus untuk photografi dan videografi, oleh karena itu, didalam aplikasi DJI Go tidak terdapat pilihan untuk melakukan pemetaan.

Namun jangan khawatir, karena Pix4D ternyata telah memberikan aplikasi secara gratis kepada anda untuk bisa melakukan pemetaan menggunakan DJI Phantom anda. berikut dibawah ini tahapan - tahapan yang harus anda lakukan untuk melakukan pemetaan menggunakan DJI Phantom, adapun tutorial dibawah ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, bagi anda yang menemukan adanya tahapan yang tidak sama, ada kemungkinan itu kerena versi aplikasi, merek perangkat, atau jenis drone yang anda gunakan berbeda dengan yang saya gunakan.

Proses Pemetaan Menggunakan DJI Phantom 3 Professional
Proses Pemetaan Menggunakan DJI Phantom 3 Professional

Adapun Alat yang saya gunakan adalah

A. Hardware

1. DJI Phantom 3 Pro
2. Iphone 5s 16 GB
3. Lenovo Thinkpad X220
4. Kabel Lighting (charger iphone)
5. Card Rider

B. Software

1. DJI GO App untuk iPhone V3.1.13 (2796)
2. Pix4D Capture Versi 2.1.0 (6)
3. Agisoft Photoscan Professional
4. ArcGIS Dekstop 10.4.1

Adapun Langkah - Langkah yang harus dilakukan adalah Sebagai Berikut


1. Melakukan Penerbangan Pemetaan Menggunakan DJI Phantom 3 Professional
Sudah saya tulis artikelnya tutorialnya disini : Pemetaan Menggunakan DJI Phantom 3 Pro
2. Mengolah Data Hasil Penerbangan DJI Phantom di Agisoft Photoscan Pro
3. Digitasi dan Layout Peta Hasil Penerbangan Drone di ArcGIS 10.4

Proses penerbangan drone dan Pengolahan data adalah proses awal untuk mendapatkan data peta, proses sesungguhnya yang sangat menentukan adalah proses penyajian datanya, karena disinilah kita akan menentukan akan dipakai untuk apa data kita nantinya.

Sebelum memulai melakukan digitasi dan layout peta, tentu saja hal paling mendasar yang harus di ketahui adalah apa tujuan dari pemetaan kita ini, atau lebih mudahnya akan digunakan untuk apa peta ini nanti? dengan mengetaui akan dijadikan apa peta kita maka kita bisa membuat peta sesuai kebutuhan, mulai dari tata letak, warna simbol dan sebagainya.

Nah Demikianlah Langkah - demi langkah yang harus di lakukan saat pemetaan menggunakan DJI Phantom 3 Professional, semoga bisa membantu anda yang saat ini sedang bertanya mengenai cara melakukan pemetaan.

Artikel Terkait