Pemetaan Menggunakan Drone

Pemetaan Menggunakan Drone - Pemetaan Menggunakan Drone adalah sebuah aktivitas untuk mendapatkan sebuah peta wilayah dengan gambar yang ...

Pemetaan Menggunakan Drone - Pemetaan Menggunakan Drone adalah sebuah aktivitas untuk mendapatkan sebuah peta wilayah dengan gambar yang dihasilkan oleh drone (Fotogrametri), pemetaan menggunakan drone mulai populer pada semester kedua tahun 2016, sampai hari ini drone menjadi populer di kalangan para mapper.

Pemetaan Menggunakan Drone
Pemetaan Menggunakan drone


Fotogrametri adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang pengukuran dan perekaman data sebuah objek di permukaan bumi dari udara menggunakan sebuah wahana udara seperti pesawat terbang, satelit luar angkasa, pesawat tanpa awak (UAV) atau drone yang dilengkapi dengan sebuah kamera atau sensor dalam menghasilkan sebuah citra atau foto. hasil dari pengukuran dan pemetaan fotogrametri biasanya adalah peta, gambar atau model 3D dari beberapa objek di permukaan bumi yang telah ditentukan sebelumnya.

Dengan menggunakan drone, hasil peta yang di buat bisa menjadi 3 Dimensi, dan sebagainya, lebih canggih lagi, pemetaan menggunakan drone juga bisa untuk mendeteksi kesetahatan vegetasi dengan sensor lidar, Dulunya gambar dengan LIDAR ini harus di peroleh dengan dana yang tidak sedikit.

Pemetaan Menggunakan Drone kemudian dimanfaatkan oleh banyak kalangan, mulai dari para LSM, Perseroan sampai pemirintahdan Instansi terkait seperti BPN dan ATR. dengan teknologi drone proses pemetaan menjadi lebih mudah, dan tentu saja jika harus dibandingkan dengan membeli citra satelite resolusi tinggi , menggunakan drone lebih murah.

Untuk memudahkan proses Pemetaan menggunakan drone, saat ini sudah banyak aplikasi yang di keluarkan, pada artikel sebelumnya saya sudah pernah menulis Daftar Software yang dibutuhkan untuk Melakukan Pemetaan Menggunakan Drone, disana anda bisa mencari tahu software apa saja yang anda butuhkan untuk melakukan penerbangan drone untuk pemetaan. dan untuk lebih lengkapnya, saya sudah pernah menuliskan artikel - artikel lainnya terkait drone di daftar artikel dibawah ini.


Artikel Tentang Drone



Pemetaan Menggunakan Drone dinilai mampu menjawab beberapa tantangan yang menghambat proses pemetaan secara konvensional, saya sudah beberapa kali menulis tentang pemetaan ini, silahkan anda lihat beberapa artikel yang sudah saya buat terkait pemetaan di bawah ini.


Artikel Tentang Pemetaan



Saat ini, sudah banyak sekali artikel dan tutorial yang bisa anda baca jika anda ingin melakukan pemetaan menggunakan drone, artikel tersebut tersedia di  google maupun di youtube.

Jenis - Jenis Drone Yang Biasa Digunakan Untuk Pemetaan


Ada beberapa jenis drone yang biasa digunakan untuk melakukan pemetaan, drone -drone jenis ini rata - rata dijual dengan harga yang lebih tinggi, mengingat hasil yang akan didapatkan juga cukup banyak, mulai dari foto, video, sampai pada log lokasi foto. adapun jenis drone yang biasa digunakan adalah sebagai berikut :

1. Fixed Wing


Drone Fixed Wing adalah jenis drone yang memiliki sayap seperti pesawat terbang, drone jenis ini adalah drone yang dipilih menjadi alat pemetaan karena jangkauannya yang cukup jauh, mampu menempuh 100 Km perjalanan dan mampu mencapai ketinggian 3.000 Mdpl, satu lagi kelebihan fixed wing adalah kamampuan membawa kamera dengan sensor yang cukup besar.

Saya sendiri menggunakan Jenis Twin Dream dan jenis Skywalker untuk melakukan pemetaan di areal yang luas, dalam satu kali terbang pemetaan menggunakan drone ini mampu mencover area lebih dari 400 hektar.

2. Multi Rotor


Jenis ini adalah alternatif dari drone yang biasa digunakan untuk melakukan pemetaan, hanya saja kekurangan drone yang satu ini adalah areal yang bisa di cover tidak lebih dari 10 hektar, namun untuk lahan yang berukuran kecil saya rasa sudah cukup menggunakan ini. adapun jenis yang sering saya gunakan adalah DJI Phantom 3 Professional. sebelumnya saya juga sudah membuat sebuah artikel pemetaan menggunakan drone yang berjudul Proses Pemetaan Menggunakan DJI Phantom 3 Professiional.

DJI Phantom ini sebenarnya dibuat khusus untuk video dan photograpi, satu kelebihan dari drone ini adalah harganya yang lebih murah dibandingkan jika harus membeli model fixed wing. namun sayangnya drone jenis ini tidak bisa mengganti kamera, sementara kamera bawaan sensornya tidak memadai, selain itu, maksimal ketinggian hanya 500 meter.

Dukungan dan Bantuan


Pemetaan menggunakan Drone saat ini sudah sangat banyak tutorialnya, ada juga yang memberikan jasa pelatihan, sehingga, selama kamu mau, kamu bisa melakukan pemetaan menggunakan drone ini, tinggal googling saja, banyak artikel maupun jasa yang membantu anda melakukan pemetaan.

COMMENTS

Nama

download,1,drone,14,gadget,4,internet,3,peta,15,software,5,travel guide,4,travelling,1,travelogues,12,tutorial,8,
ltr
item
Liu Purnomo: Pemetaan Menggunakan Drone
Pemetaan Menggunakan Drone
https://2.bp.blogspot.com/-lhtm8PIhJfo/WXmL04_UFAI/AAAAAAAA63c/0OSXWgEEM9Q5FaXliDtZHv4eee8XtwdewCKgBGAs/s640/DSC08556.JPG
https://2.bp.blogspot.com/-lhtm8PIhJfo/WXmL04_UFAI/AAAAAAAA63c/0OSXWgEEM9Q5FaXliDtZHv4eee8XtwdewCKgBGAs/s72-c/DSC08556.JPG
Liu Purnomo
http://www.liupurnomo.com/2017/07/pemetaan-menggunakan-drone.html
http://www.liupurnomo.com/
http://www.liupurnomo.com/
http://www.liupurnomo.com/2017/07/pemetaan-menggunakan-drone.html
true
176880870268036890
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy