Pemetaan Menggunakan DJI Phantom 3 Pro

Pemetaan Menggunakan DJI Phantom 3 Pro - DJI Phantom 3 Pro adalah sebuah drone copter buatan DJI, drone ini dibuat khusus untuk melakukan Photografi dan Videografi dengan kamera resolosi 4K. Namun saat ini, Pix4D telah mengembangkan sebuah aplikasi untuk melakukan pemetaan menggunakan DJI Phantom.

Contoh Hasil Terbang DJI Phantom Di Overlay ke Citra Spot

Untuk melakukan pernebangan dengan model pemetaan, maka anda diharuskan mendownload aplikasi buatan Pix4D dengan nama Pix4D Capture yang bsia anda dapatkan secara gratis baik di IOS Maupun di Android, aplikasi ini dibuat khusus untuk melakukan pemetaan menggunakan DJI. Untuk Mendownload Aplikasi tersebut, anda bisa klik tombol download dibawah ini.

Setelah download, sebaiknya anda membuat akun terlebih dahulu di Pix4D Capture, cara untuk membuat akun di Pix4D Mapper ini tergolong mudah, anda tinggal klik Create an Account, selanjutnya ikuti intruksinya sampai selesai, nanti akan ada email komfirmasi dari Pix4D, silahkan lakukan komfirmasi terlebih dahulu.

Dibawa ini langkah - langkah melakukan penerbangan menggunakan Drone DJI Phantom 3 Pro


1. Persiapan


Pastikan anda sudah mengisi baterai Drone dan baterai remot kontrol anda, ini penting agar anda bisa melakukan penerbangan dengan lancar, lagipula jika baterai anda di deteksi oleh aplikasi Pix4D tidak cukup, maka Pix4D tidak akan mengizinkan device anda terbang.
Selain menyiapkan alat, anda juga harus memperhatikan tempat yang akan anda gunakan untuk melakukan penerbangan, karena saat melakukan missi anda pastikan berada di tempat yang aman, baik bagi anda sendiri maupun bagi orang lain.

Penting : Saat melakukan missi, artinya anda tidak bisa mengontrol device anda, jadi pesawat anda akan landing di tempat dimana pesawat anda naik (Launcing), namun dalam banyak kasus, ada kemungkinan error gps, sehingga tidak selalu pas, bisa meleset 1 - 5 Meter, (Pernah DJI Phantom saya nyangkut di ujung pohon, sementara saya tidak bisa melakukan apa - apa selain berdoa :-D )

2. Kalibrasi


Saat semua persiapan sudah di lakukan, maka anda harus melakukan kalibrasi pesawat terlebih dahulu, adapun cara kalibrasi ini sama seperti melakukan kalibrasi saat kita akan terbang biasa, oleh keran itu kita membutuhkan juga aplikasi DJI GO, anda bisa mendownload aplikasinya di Link dibawah ini.

Untuk melakukan kalibrasi anda harus menghidupkan terlebih dahulu device anda, kemudian hidupkan juga remote anda dan sudah terpasang pada smartphone anda. kemudian buka aplikasi DJI GO pada gadget anda, dah pergi ke menu Camera, selanjutnya akan ada pilihan untuk melakukan kalibrasi.

3. Merancang Missi Penerbangan


Setelah melakukan kalibrasi yang harus dilakukan selanjutnya adalah merancang missi penerbangan. Untuk bisa membuat missi maka anda harus keluar terlebih dahulu dari applikasi DJI GO dan Pergi ke Aplikasi Pix4D Capture.

Tampilan Pix4DCapture

Di Pix4D Capture, Silahkan Reset terlebih dahulu, supaya Aplikasi tersebut mengenali lokasi kita saat ini, sehingga titik home akan ditentukan sesuai posisi kita berada.

Untuk ketinggian kita tentukan sesuai kebutuhan,, logikanya, semakin tinggi maka akan semakin besar areal yang tercover, semakin rendah maka frame dalam sekali foto makin kecil.

Setelah semua persiapan dan missi sudah dibuat, maka selanjutnya anda ikuti saja intruksi yang diberikan di aplikasi Pix4D Captuer anda.

Jika sudah, maka langsung start saja, untuk pengolahan data hasil terbang drone copter ini akan saya sampaikan di lain waktu, untuk saat ini saya rasa sudah cukup jelas, namun jika ada yang masih ingin di tanyaka, silahkan tanyakan di kolom komentar atau bisa menghubungi saya di laman kontak. terima kasih.

Artikel Terkait