Inilah Daftar Software yang dibutuhkan untuk Melakukan Pemetaan Menggunakan Drone

Ini lah Daftar Software yang dibutuhkan untuk Melakukan Pemetaan Menggunakan Drone - Pemetaan Menggunakan Drone adalah sebuah aktivitas untuk mendapatkan sebuah peta wilayah dengan gambar yang dihasilkan oleh drone (Fotogrametri), pemetaan menggunakan drone mulai populer pada semester kedua tahun 2016, sampai hari ini drone menjadi populer di kalangan para mapper.

Fotogrametri adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang pengukuran dan perekaman data sebuah objek di permukaan bumi dari udara menggunakan sebuah wahana udara seperti pesawat terbang, satelit luar angkasa, pesawat tanpa awak (UAV) atau drone yang dilengkapi dengan sebuah kamera atau sensor dalam menghasilkan sebuah citra atau foto. hasil dari pengukuran dan pemetaan fotogrametri biasanya adalah peta, gambar atau model 3D dari beberapa objek di permukaan bumi yang telah ditentukan sebelumnya.
Admin sedang menjelaskan proses terbang


Seperti yang sudah kita ketahui bersama, untuk melakukan pemetaan menggunakan drone, tidak hanya membutuhkan alat seperti laptop dan drone itu sendiri, melainkan kita membutuhkan aplikasi atau software yang bisa kita gunakan untuk mempermudah kita dalam melakukan pemetaan, nah, dibawah ini adalah beberapa apliaksi yang dibutuhkan untuk melakukan pemetaan menggunakan drone, yuk simak.

1. Mission Planner


Mission Planner adalah aplikasi wajib jika anda ingin melakukan pemetaan menggunakan drone, aplikasi ini membantu anda untuk membuat missi penerbangan serta menjadikan laptop anda sebagai GCS (Ground Controll Station).

Aplikasi ini diberikan secara gratis dan dapat anda download pada tombol di bawah ini, selain Mission Planner juga ada APM Planner, namun yang sering digunakan adalah Mission Planner, sebab saya menggunakan Pixhawk sebagai Flight Controller saya.



2. Aplikasi Pengolah Data (Mosaicking Fotogrametry)


Aplikasi Pengolah data adalah Aplikasi yang sangat dibutuhkan jika anda ingin foto udara hasil drone anda menjadi sebuah foto yang memiliki referensi spasial. Adapun pengolah data yang umum digunakan adalah Agisoft dan Pix4d Mapper. untuk lebih mudahnya anda bisa membandingkan kedua aplikasi tersebut dibawah ini.


Agisoft Photoscan Pro Pix4DMapper Pro
Berbayar, $3.499 USD untuk Professional Edition dan $179 USD untuk Standar Editoin Berbayar, $8.700 USD Untuk Pemakaan Seumur Hidup dan $3.500 USD Per Tahun
Masa Trial 30 Hari Masa trial 15 Hari
tidak tersedia cloud tersedia cloud
Tidak dibuat Khusus untuk melakukan pemetaan menggunakan drone memang dibuat khusus untuk melakukan pemetaan menggunakan drone, sehingga lebih lengkap

3. Aplikasi Untuk Digitasi dan Layout


Setelah anda melakukan pengolah data, dan gambar citra rupa bumi sudah di dapatkan, sekarang saatnya untuk melakukan Digitasi dan me- layout data, saya sendiri menggunakan aplikasi ArcGIS untuk ini. untuk aplikasi yang satu ini anda bisa membacanya pada artikel yang sudah pernah saya tuliskan, antara lain dibawah ini.


Artikel Terkait ArcGIS



Nah, demikian Artikel tentang Inilah Daftar Software yang dibutuhkan untuk Melakukan Pemetaan Menggunakan Drone, semoga artikel ini bisa membantu kawan - kawan yang saat ini ingin malakukan pemetaan menggunakan drone. jika ada hal yang ingin di tanyakan silahkan langsung di kolom komentar yang telah saya siapkan untuk anda dibawah ini.

Artikel Terkait