Inset Peta : Pengertian dan Cara Membuat Inset Peta Petunjuk Lokasi Peta Pada ArcGIS

Inset Peta : Pengertian dan Cara Membuat Inset Peta Petunjuk Lokasi Peta Pada ArcGIS - Pernah Melihat peta, pasti pernah, peta Google misalnya, tapi kali ini kita akan bahas sedikit mengenai peta kartograpi, itu lho, peta yang berbentuk gambar, seperti peta indonesia.

Didalam Peta, terdapat elemen - elemen yang seharusnya ada dalam peta, salah satu elemet tersebut adalah Inset Peta. pada Postingan Kali ini, saya akan berbagi mengenai Inset Peta : Pengertian dan Cara Membuat Inset Peta Petunjuk Lokasi Peta Pada ArcGIS. adapun ArcGis yang saya gunakan adalah ArcGis 10.4, namun bagi kalian yang masih menggunakan ArcGis dengan Versi dibawah nya, atau yang lebih baru, cara membuat inset peta hampir sama. tidak berbeda jauh.

Cara Membuat Inset Peta Petunjuk Lokasi Peta Pada ArcGIS
Cara Membuat Inset Peta Petunjuk Lokasi Peta Pada ArcGIS

Pengertian Inset Peta

Inset adalah peta kecil tambahan dan memberikan kejelasan yang terdapat di dalam peta. Inset bersifat menjelaskan wilayah pada peta utama.

Biasanya, dalam sebuah peta, kita akan menjumpai ada peta kecil yang berada di pojokan, peta kecil inilah yang kemudian disebuat sebagai Inset peta.

Mau tau cara mengatur halaman pada ArcGis Baca Disini.

Inset peta ini biasanya disebuat dengan Diagram Lokasi Peta, Petunjuk Lokasi Peta atau Inset Peta. terserah mana nyamanya anda dalam menyebutnya.

Fungsi Inset Peta

Berdasarkan fungsinya, inset peta dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:

2. Inset yang berfungsi untuk menunjukkan lokasi relatif dari wilayah yang tergambar oleh peta utama.

Inset yang seperti ini memiliki skala lebih kecil daripada peta utama yang menjelaskan letak atau hubungan antara wilayah pada peta utama dengan wilayah lainnya yang berada di sekeliling wilayah yang terdapat pada peta utama tersebut. Contoh dari inset ini misalnya lokasi relatif Pulau Kalimantan sebagai peta utama terlihat posisinya dengan pulau- pulau lainnya yang berada di sekeliling atau di sekitarnya pada inset peta wilayah Indonesia.

2. Inset yang berfungsi memperbesar atau memperjelas sebagian kecil wilayah yang terdapat pada peta utama.

Inset seperti ini adalah inset yang memiliki skala lebih besar daripada peta pokok atau peta utama. Inset ini mempunyai kegunaan untuk menjelaskan bagian dari peta pokok yang dianggap penting. Seperti misalnya adalah lokasi pemukiman yang penting yang terdapat pada suatu kota akan diperbesar sehingga akan terlihat lebih jelas.

3. Inset yang berfungsi untuk menyambung wilayah pada peta utama.

Inset yang seperti ini memiliki skala sama besar dengan peta utama yang disambung. Fungsi menyambung ini bertujuan untuk hal- hal sebagai berikut, menggambarkan wilayah pada peta utama yang terpotong karena keterbatasan pada media kertas atau halaman, menggambar wilayah yang terpencar.

Cara Membuat Inset Peta

Dengan ArcGis, Pembuatan Inset Peta ini bisa dilakukan secara otomatis, Agar tidak membingungkan, saya sudah buatkan videonya, silahakan teliti video tersebut dan ikuti step by stepnya. jika ada pertanyaan silahkan di komentari tulisan ini.



Dibawah ini akan Saya Lengkapi Penjelasan Dalam Video tersebut Cara Membuat Inset Peta Petunjuk Lokasi Peta Pada ArcGIS


  1. Tampilkan Layout View
  2. Klik Insert > New Data Frame
  3. Masukkan Data SHP umumnya, misal jika yang ingin kalian buat peta adalah peta desa, maka masukkan kabupaten dalam data frame kalian yang baru.
  4. Klik kanan pada data frame kalian yang baru, kemudian pilih tab Extend Indicator, secara otomatis Inset View Kalian akan di beri petunjuk dimana lokasi peta kalian terletak


Demikian lah atikel mengenai Cara Membuat Inset Peta Petunjuk Lokasi Peta Pada ArcGIS, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait