Mengenal Fitur - fitur utama pada arcgis 10.4

Mengenal Fitur - fitur utama pada arcgis 10.4 - Penggunaan ArcGIS saat ini sangat populer dalam membantu kerja - kerja pembuatan peta dan ...

Mengenal Fitur - fitur utama pada arcgis 10.4 - Penggunaan ArcGIS saat ini sangat populer dalam membantu kerja - kerja pembuatan peta dan analisis data spasial, konsep akurasi dan efesiensi pekerjaan tata ruang juga turut mendorong maraknya penggunaan aplikasi ArcGIS.

pada kesempatan kali ini, saya akan mengajak para pemula untuk Mengenal Fitur - fitur utama pada arcgis 10.4, tata letak dari fitur - fitur ini tentu saja akan sangat tergantung pada selera dan kebiasaan kita sebagai user darui aplikasi ini.

Mengenal Fitur - fitur utama pada arcgis 10.4
Mengenal Fitur - fitur utama pada arcgis 10.4

Setidaknya, ada 6 fitur utama ynag wajib untuk diketahui, karena setiap pekerjaan menggunakan arcGIS untuk membuat peta akan sering menggunakan fitur - fitur ini.

fitur - fitur utama pada ArcGIS 10.4
Dibawah ini, saya akan menjelaskan satu persatu bagian dalam layar antarmuka ArcGIS, kali ini, versi yang saya gunakan adalah ArcGIS 10.4, namun pada dasarnya setiap versi, tidak berbeda jauh. jadi anda bisa menyesuaikan dengan versi yang anda gunakan.

1. Menu Bar

Perhatikan Menu Bar yang terdapat pada gambar di atas yaitu mulai dari File, Edit, View, Bookmarks, Insert, Geoprocessing, Customize, Windows dan Help.
Semua bagian pada Menu Bar tersebut memiliki fungsi masing-masing yang nantinya sering waktu berjalan jika anda sering menggunakan ArcGIS 10.1 maka anda akan semakin mengetahui lebih jauh tentang fungsi-fungsinya.

2. Tool Bar

Tool Bar terdapat semua tool-tool yang akan dijalankan pada saat melakukan pekerjaan atau pengambaran peta, mulai dari mengimput data mengolah data sampai pada layout dan mencetak peta.

3. Catalog

Catalog biasanya diletakkan disebelah kanan layar, anda bisa menyesuaikan dengan selera dan kebiasaan anda, anda juga bisa menggunakan fitur Autohide, fitur autohide ini berfungsi untuk menghilangkan layar saat anda tidak menggunakannya, fitur ini sangat sering dipakai, untuk menggunakan fitur ini anda bisa mengklik icon paku payung yang berada di sebelah kanan atas layar catalog.

Catalog sendiri berfungsi untuk memudahkan kita dalam manajemen file.

4. Map View

Map View berfungsi untuk menampilkan peta dan data-data yang diimput dan Map View sebagai tampilan yang dapat dilihat langsung dalam proses pengolahan data. Jika pada Table Of Content anda nantiya hanya melihat nama data namun pada Map View anda dapat melihat bentuk data seutuhnya baik itu data Vektor atau data Raster.

5. Table Of Content

Table Of Content atau sering juga disebut Layers, pada Layers tersebut berfungsi untuk menampilkan semua data yang kita imput, semua data yang terimput akan muncul di layers sehingga kita dapat mengetahui data-data apa saja yang terdapat pada Map View (5). Misalnya anda memperoleh file dalam bentuk mxd (Format File ArcGIS) jika anda membuka file tersebut maka anda dapat langsung mengetahui data-data apa saja yang terdapat pada Map Viem dengan melihat pada Table Of Content atau Layers.

6. Toolbox

Toolbox ini berisi tentang tool - tool yang bisa digunakan, pada bawaannya banyak disediakan tool - tool, namun anda juga bisa menambah tool - tool tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Demikianlah artikel Mengenal Fitur - fitur utama pada arcgis 10.4 ini saya buat, semoga bisa bermanfaat bagi yang ingin belajar, untuk anda ynag memiliki pertanyaan, saran serta kritik silahkan di kolom komentar, anda juga bisa menghubungi saya via email di liupurnomo.com atau di halaman kontak sudah saya sediakan nomor hp dan media sosial saya.

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Nama

download,1,drone,14,gadget,4,internet,3,peta,15,software,5,travel guide,4,travelling,1,travelogues,12,tutorial,8,
ltr
item
Liu Purnomo: Mengenal Fitur - fitur utama pada arcgis 10.4
Mengenal Fitur - fitur utama pada arcgis 10.4
https://2.bp.blogspot.com/-vC49_DBa7Rg/WGxtgHTfX0I/AAAAAAAArwc/jk4WdSqiJicq_VyyRvKgcbXfJ30kybpXQCLcB/s320/2_ArcGIS_Earth-1024x554.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-vC49_DBa7Rg/WGxtgHTfX0I/AAAAAAAArwc/jk4WdSqiJicq_VyyRvKgcbXfJ30kybpXQCLcB/s72-c/2_ArcGIS_Earth-1024x554.jpg
Liu Purnomo
http://www.liupurnomo.com/2017/01/mengenal-fitur-fitur-utama-pada-arcgis.html
http://www.liupurnomo.com/
http://www.liupurnomo.com/
http://www.liupurnomo.com/2017/01/mengenal-fitur-fitur-utama-pada-arcgis.html
true
176880870268036890
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy