Download tutorial mosaic data drone menggunakan agisoft

Download tutorial mosaic data drone menggunakan agisoft - Drone belakangan ini menjadi alat untuk melakukan pemetaan yang cukup populer, semua penggiat peta seakan sedang latah menggunakan drone, animo ini bukan tidak beralasan, maraknya penggunaan drone ini dikarenakan drone bisa menjawab kebutuhan data peta yang membutuhkan visualisasi seindah drone.

Untuk menjawab ekspektasi tersebut, salah satu proses yang tidak kalah penting adalah mosaicking foto hasil penerbangan. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan proses mosaicking ini, seperti Microsoft Ice, Agisoft Photoscan Professional dan Pix4D mapper.

Tutorial mosaikcking data dari agisoft Photoscan

Kali ini saya akan berbagi cara untuk melakukan mosiacking data drone menggunakan agisoft photoscan professional, sebab aplikasi ini paling banyak digunakan oleh pengguna drone. Saya sendiri lebih suka menggunakan aplikasi ini, mungkin karena spek laptop saya yang tidak kuat kalau harus menggunakan aplikasi Pix4D Mapper.

Agisoft Photoscan adalah software 3D modelling menggunakan citra / foto yang direkam secara stereo/multi sudut, sehingga dari paralaks antar foto yang dihasilkan dapat disusun sebuah model tiga dimensi dari foto.  Agisoft dapat digunakan untuk mengolah foto udara yang direkam menggunakan UAV/Drone, sehingga dari hasil perekamannya dapat dihasilkan mosaic orthofoto, titik tinggi (elevation point clouds) dan DEM resolusi tinggi serta dapat ditampilkan secara tiga dimensi.
Agisoft Photoscan tergolong lengkap dan mampu mengakomodir kebutuhan pengolahan data drone, selain kemampuannya dalam melakukan mosiakin foto, Agisoft Photoscan juga mampu menghasilkan gambar yang memiliki Geographic Refrence.



Tutorial Mosaicking ini sendiri berisi bahasan lengkap mengenai tata cara melakukan mosiacking data drone, setelah sebelumnya diperkenalkan secara singkat mengenai drone. Tutorial ini menggunakan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami dan di ikuti, dan dituturkan dengan runut, mulai dari data apa saja yang harus disiapkan sampai pada apa proses export data yang membaca report data.

Selain bahasanya yang mudah dipahami, juga tersedia gambar – gambar pendukung yang akan mempermudah dalam memahami dan mengikuti tutorial ini secara utuh.

Namun lebih dari itu semua, tutorial ini masih sangat banyak kekurangan, oleh karena itu, dengan segenap kerendahan hati saya memohon maaf yang sebesar – besarnya, saya berharap agar anda mau memberikan masukkan demi perbaikan tutorial ini kedepannya sehingga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat bagi semua orang.

Untuk memberikan masukkan bisa anda lakukan dengan meninggalkan komentar dibawah ini atau bisa juga mengirim email ke saya di liupurnomo@gmail.com, demikian artikel tentang Download Tutorial mosaic data drone menggunakan agisoft.

Artikel Terkait

3 komentar