2 Jenis ketinggian Misi Drone dan Pengaplikasiannya di lapangan

2 Jenis ketinggian Misi Drone dan Pengaplikasiannya di lapangan – Ketinggian misi penerbangan drone akan berdampak banyak dalam sebuah pen...

2 Jenis ketinggian Misi Drone dan Pengaplikasiannya di lapangan – Ketinggian misi penerbangan drone akan berdampak banyak dalam sebuah penerbangan drone, didalam prakteknya, ada 2 Jenis ketinggian Misi Drone, Pada artikel sebelumnya, saya sudah membahas tentang 3 pertimbangan utama dalam menentukan ketinggian misi penerbangan drone. Berikut dibawah ini kedua jenis ketinggian misi drone beserta pengalikasianya dilapangan :

Ketinggian Misi tetap


Ketinggian tetap adalah ketinggian yang mulai dari waypoint pertama di misi sampai dengan waypoint terakhir di misi di atur dengan ketinggian yang sama. Ketinggian seperti ini sangat cocok untuk melakukan penerbangan dengan metode scan ( silahkan baca artikel berjudul Perbedaan Penerbangan Scan dan Penerbangan Survey drone untuk mengetahui penjelasan tentang jenis – jenis penerbangan drone)

2 Jenis ketinggian Misi Drone dan Pengaplikasiannya di lapangan
2 Jenis ketinggian Misi Drone dan Pengaplikasiannya di lapangan
Penerbangan menggunakan metode ini akan terasa sangat cocok dilakukan di areal dengan kontur yang berbeda tidak lebih dari 300 meter, untuk memastikan data bisa diolah dengan baik dan hasilnya bagus, maka kalian harus memastikan perbedaan ketinggian kontur areal yang akan dipetakan tidak lebih adri 300 meter. Untuk analisis ketinggian ini kalian bisa menggunakan fitur graph elevation pada mission planner,

Hal ini akan berdampak pada resolusi gambar yang di hasilkan, pada kontur yang berbeda lebih dari 300 meter misalnya, anda melakukan penerbangan dengan ketinggian 500 meter, bandingkan saja pada kontur 0 meter artinya anda memotret pada ketinggian 500 meter, namun pada kontur yang 300 meter, kamera drone anda akan memotret dari ketinggian 200 meter dari permukaan tanah. Bagaimana kira – kira beda resolusi hasilnya? Anda bisa simpulkan sendiri.

Ketinggian misi tidak tetap


Ketinggian misi yang tidak tetap ini dimaksud untuk menyesuaikan dengan kontur lokasi yang akan dipetakan. Pada prakteknya sering digunakan pada misi penerbangan drone dengan model penerbangan survey ( silahkan baca artikel berjudul Perbedaan Penerbangan Scan dan Penerbangan Survey drone untuk mengetahui penjelasan tentang jenis – jenis penerbangan drone).
Penerbangan seperti ini kami pakai saat melakukan survei batas desa di Kapuas hulu yang notabene adalah areal dengan kontur yang extreme.

Penerbangan model ini akan memberikan kerja extra pada saat pengolahan data menggunakan agisoft, sebab pada pengolahan agisoft, untuk hasil yang maksimal, anda tidak boleh mengolah data dengan ketinggian yang kontras antar fot satu dengan foto lainnya, untuk mengakalinya anda bisa membuat chunk yang berbeda, ulasan lengkap tentang cara mengolah data ini sudah saya bahas pada artikel cara mengolah data drone menggunakan agisoft photoscan professional.

Jika anda menggunakan ketinggian model ini, anda harus extra hati – hati dalam menganalisis ketinggian misi anda, jangan sampai pesawat drone anda menabrak gunung. untuk lebih pastinya, anda bisa menggunakan peta google terrain maps dan menganalisis ketinggian drone terhadap ketinggian kontur menggunakan Graph Elevation pada mission planner, namun hal ini membutuhkan jaringan internet.


Nah, demikianlah 2 jenis ketinggian misi drone dan pengalikasianya di lapangan, jika Anda memiliki jenis lainnya, anda bisa tinggalkan komentar dan pendapat anda pada kolom komentar di bawah ini. Untuk artikel – artikel yang berkaitan dengan wahana tanpa awak / drone, anda bisa membacanya disini.

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Nama

download,1,drone,14,gadget,4,internet,3,peta,15,software,5,travel guide,4,travelling,1,travelogues,12,tutorial,8,
ltr
item
Liu Purnomo: 2 Jenis ketinggian Misi Drone dan Pengaplikasiannya di lapangan
2 Jenis ketinggian Misi Drone dan Pengaplikasiannya di lapangan
https://2.bp.blogspot.com/-FlGtdl_jIWw/WBGieSOD8MI/AAAAAAAAjwc/WiLBLnwQ2scYOPFHo7rPsDISl5uAWOOjACLcB/s320/Penerbangan%2BDrone.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-FlGtdl_jIWw/WBGieSOD8MI/AAAAAAAAjwc/WiLBLnwQ2scYOPFHo7rPsDISl5uAWOOjACLcB/s72-c/Penerbangan%2BDrone.jpg
Liu Purnomo
http://www.liupurnomo.com/2016/10/2-jenis-ketinggian-misi-drone-dan.html
http://www.liupurnomo.com/
http://www.liupurnomo.com/
http://www.liupurnomo.com/2016/10/2-jenis-ketinggian-misi-drone-dan.html
true
176880870268036890
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy