My Travel Report - Perjalanan Dinas Ke Ketapang

Ketapang . My Travel Report . Beberapa hari yang lalu, aku harus menghadiri kegiatan di Ketapang, Kalimantan Barat, sebenarnya tidak ada y...

Ketapang. My Travel Report. Beberapa hari yang lalu, aku harus menghadiri kegiatan di Ketapang, Kalimantan Barat, sebenarnya tidak ada yang istimewa dari kegiatan ini, hanya saja proses perjalananya yang rada seru. Seru kenapa? karena semua kendaraan kunaiki (Kecuali kendaraan tidak bermesin seperti sepeda engkol, becak, dll).

Asik memang, namun capeknya jangan ditanya dah. seperti apa alur perjalanan dan apa saja kendaraan yang aku katakan? seperti ini kira-kira perjalananku.

Tidak ada hujan, Langit selalu mendung, ditutupi kabut asap yang konon adalah kiriman dari Kalteng atau entah darimanalah, yang pasti bahwa saat ini sedang kabut, sementara aku harus menghadiri sebuah undangan kegiatan yang digelar di Hotel Aston, Ketapang, kegiatan tersebut adalah Lokakarya yang diadakan oleh USAID-IFACS.

Masalahnya adalah hari ini aku harus menyelesaikan kegiatanku di Nanga Pinoh, dan armada penerbangan Susi Air Ng. Pinoh  semuanya tidak berani terbang, akibat kabut asap yang mengacaukan jarak pandang. Duh, bagaimanalah? aku harus melakukan kegiatan itu semua.

Sabtu, 11 Oktober 2014.

Menggunakan Sepeda Motor

Perjalanan dari Desaku menuju kota Nanga Pinoh, penat karena harus melakukan semua kegiatan tanpa istirahat itu masih terasa, namun tetap semangat, hari sebelumnya aku sudah memesan Tiket bis, beruntung penumpang bis belum semuanya penuh, aku memesan tiket bisa Damri jurusan Ng. Pinoh Pontianak, dengan kursi nomor 2A. Bis tersebut berangkat Pukul 19.00, sementara perjalanan Normal dari desa ke Kota Nanga Pinoh harus ditempuh dengan waktu 4 Jam, Sialnya, ternyata ada hujan, jalanan tanah kuning yang belum teraspal membuat aku mau tidak mau harus bersabar, meski hujan tetap saja kabut, karena ternyata huja itu hanya bersifat lokal dan sebentar. selesai hujan aku melanjutkan perjalanan. Sampai di Kota Nanga Pinoh sudah hampir pukul 6 sore, artinya aku masih punya waktu satu jam untuk berkemas dan mengisi kampung tengah.

Menggunakan Bis

Sebagaimana yang disampaikan oleh petugas penjual tiket, aku harus sampai di terminal pada jam 18.30, tepat jam tersebut aku sampai di terminal, pukul 19.00 bis Damri berangkat seperti yang dijadwalkan. ini adalah moment yang tepat buat istirahat.

disebelahku duduk seorang mbak-mbak yang selanjutnya ku ketahui berusia 35 Tahun, cerita tentangnya lumayan seru, mudah-mudahan lain waktu dapat kuceritakan pada kalian semua. sebab akan terlalu panjang apabila harus kuceritakan sekarang

Minggu 12 Oktober 2014

Menggunakan Kapal Motor (Long Boat)

Pukul 5 pagi, Bis damri yang kutumpangi akhirnya sampai juga di Kota Pontianak, kukontak adikku untuk menjemputku diterminal. aku masih ingin melanjutkan tidurku, yang di bis sakin asyiknya mendengarkan kisah hidup Mbak-mbak tersebut aku sampai tidak bernafsu buat tidur.

Ini yang aku namakan perjalanan
Di Pelabuhan Kota Pontianak
Pukul 08.00 adalah jadwal keberangkatan aku ke Ketapang, setelah menyeruput Capucinno buatan adikku, akupun mandi, selesai mandi aku tidur dan minta agar adikku membangunkan ku pukul setengah delapan nanti.

setelah sampai waktunya, mataku masih terasa pedas sebab kurang tidur, aku bangun kemudian cuci muka, selanjutnya aku menikmati makanan yang sudah dibuatkan oleh adikku, berkemas dan berangkat ke pelabuhan boat di belakang Bank Kalbar, sampai disana. Rombongan sudah menunggu dan siap berangkat.

Ini yang aku namakan perjalanan
Speedboat

Kami berangkat pukul 9, sebab salah satu teman agak terlambat, jadilah kami memulai pelayaran kami menuju Kota Sukadana, Kabupaten Kayong Utara.

Menggunakan Mobil Pribadi (Taxi)

Jam sudah menunjukkan pukul 14.00 ketika kami sampai di Sukadana, Kayong Utara, untuk kemudian aku beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju ketapang, Unik, kami menghitung dalam perjalanan yang ditempuh dengan waktu Plus Minus 4 jam itu, ada 12 Acara perkawinan. Tapi seru....
Sampai di Kayong Utara

Sampai di Hotel Aston Ketapang, aku langsung istirahat, tertidur dengan pulas, baru pukul 17.00 aku terbangun karena lapar, aku ingat bahwa terakhir aku makan di Kubu, pukul 11.15 tadi siang, aku juga baru ingat kalau aku belum mandi. hehe....

Tugu di Kota Ketapang

aku kemudian mandi dan setelah itu bersantai di Cozy, sebuah kafe di Aston Hotel tersebut.

Pemandangan Kota Ketapang di tengah pekatnnya kabut asap

Senin, 13 Oktober 2014

Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 15.00 selesai kegiatan aku mandi dan kemudian berdiskusi dengan rekan-rekan. selanjutnya pada pukul 19.00 kami jalan-jalan makan ke luar hotel. kami makan di sebuah tempat yang selalu ingin kudatangi jika aku berjalan ke Kota Ketapang ini. tempat apa itu, Nasi Bakar, ya.... nasinya dibakar... bersama Bebek Goreng... Uwihhhh... Enaknya pake banget dah.

Nasi Bakar Di Ketapang
Nasi bakar ini unik, sangat cocok untul dijadikan salah satu destinasi wisata kuliner buat kalian yang hobby foodie, cobain deh berburu kesini.

Selasa,  14 Oktober 2014

Dengan Pesawat.

Di Bandara Ketapang

Pukul 06.30 pesawatku akan terbang dari ketapang menuju pontianak, penerbangan ini ditempuh selama 30 menit, dengan ketinggi 11.000 dpl. nanti aku akan transit dari Pontianak menuju Sintang untuk selanjutnya akan dilanjutkan dengan Mobil dari Sintang menuju Nanga Pinoh.

Itulah kisah perjalananku secara ringkas. lain kali kalian akan ku ajak untuk mendengarkan detail kegiatanku itu. Nantikan.

COMMENTS

Nama

download,1,drone,15,gadget,4,internet,3,peta,16,software,5,travel guide,4,travelling,1,travelogues,12,tutorial,8,
ltr
item
Liu Purnomo: My Travel Report - Perjalanan Dinas Ke Ketapang
Liu Purnomo
true
176880870268036890
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy