Berenang Bagiku Bukan Keahlian

Dulu, bertahun-tahun lalu, aku belajar berenang dari ahlinya, belajar menyelam menombak ikan di kedalaman belasan meter, masuk kedalam luban...

Dulu, bertahun-tahun lalu, aku belajar berenang dari ahlinya, belajar menyelam menombak ikan di kedalaman belasan meter, masuk kedalam lubang batu, tanpa tabung oksigen.

Teman kami hanyalah sebuah senter merek tiger, terbuat dari alumunium berwarna putih, mampu berendam didalam air, juga sebuah senjata, ada variasi, tergantung ikan apa yang kau kejar, jika ikan besar belasan kilo, kau harus membawa tombak, namun jika ikan kecil atau kau menyelam di tempat dangkal, cukup membawa sebuah senapan, dengan sebatang besi bulat – panjang tajam, berkaret, semacam panah pistol milik Rambo.

Naik sampan
Selfie dalam perjalanan
Tempat tinggalku di sebuah desa di jantung hutan – hujan Kalimantan. Di dataran tinggi, Air jernih,  Dingin, udara segar, adalah suasana yang tak terpisahkan dengan hangat – akrab masyarakat di sekitar tempat tinggalku.

Disana, berenang bukanlah sebuah keahlian, bahkan si ujang bisuk, seorang lelaki 30 tahun yang bisu dan tuli, bisa berenang. Karena itu, aku dulu sempat heran mendengar ada orang yang tidak bisa berenang, bahkan aku tidak ingat apakah dulu aku belajar berenang, karena seingatku, aku sudah bisa berenang sejak aku bisa mengingat.

***

Berbulan bulan lalu, sebuah kabar mengejutkan. Sebuah speedboat asal padang tikar – rasau jaya terbalik, menewaskan hampir separo penumpangnya. Kejadian ini berdampak besar, Udin, pengendara Speedboat tersebut sampai hari ini masih dikurung, belum disidang.

Diluar sana, ketakutan mulai tersebar, cepat sekali. Disisi lain, para birokrat mulai menerapkan aturan yang seharusnya sudah di patuhi sejak dulu, sebelum memakan korban. Aturan tersebut mencakup maksimal penumpang, izin mengendarai speed, rompi pelampung dan sebagainya.lebih jauh lagi, kebersihan sungai mulai diperhatikan.

Lantas semua itu bisa menyembuhkan trauma? Mungkin bagi sebagian orang, seeprti hari ini, ketika aku dan temanku harus berjalan menggunakan sebuah speed, temanku yang tidak bisa berenang sangat senang melihat ada baju pelampung di bawah kursi.

Aku sebaliknya, karena bagiku bukan disitu masalahnya. Aku tidak akan pernah merasa aman diatas air selama disana masih ada kemungkinan ada buaya yang siap menyambar. Buayalah ketakutan terbesarku, didarat mungkin aku yang berkuasa, disini? Disungai adalah ladangnya, dia menjadi pemburu. Aku bisa berenang, aku juga kuat menyelam, tak ada masalah bagiku, tidak akan tenggelam. Tapi buaya benar – benar urusan lain. Bahkan semua cerita tentangnya membuatku parno, sama parno nya dengan ular. Ah semua reptil sialan ini berhasil membuatku terlihat bodoh saat berhadapan dengan mereka.


Alhamdulillah, kami sampai ketujuan dengan selamat sentosa, tanpa kurang satu apapun.

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Nama

download,1,drone,14,gadget,4,internet,3,peta,15,software,5,travel guide,4,travelling,1,travelogues,12,tutorial,8,
ltr
item
Liu Purnomo: Berenang Bagiku Bukan Keahlian
Berenang Bagiku Bukan Keahlian
https://2.bp.blogspot.com/-5iKxocKwPEE/Vx4meCM5o-I/AAAAAAAAAEQ/Y06SXjRxhiks8FInwHv8KYePIvW2iQhxQCLcB/s640/IMG_0783.JPG
https://2.bp.blogspot.com/-5iKxocKwPEE/Vx4meCM5o-I/AAAAAAAAAEQ/Y06SXjRxhiks8FInwHv8KYePIvW2iQhxQCLcB/s72-c/IMG_0783.JPG
Liu Purnomo
http://www.liupurnomo.com/2016/04/berenang-bagiku-bukan-keahlian.html
http://www.liupurnomo.com/
http://www.liupurnomo.com/
http://www.liupurnomo.com/2016/04/berenang-bagiku-bukan-keahlian.html
true
176880870268036890
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy