Travelogues : Antara Honda, Kereta, dan Motor Menurut Awak Atjeh

Ini adalah hari pertamaku menginjakkan kaki di Aceh, sebuah provinsi paling ujung yang memiliki berjuta cerita bagi masyarakatnya, tentu saj...

Ini adalah hari pertamaku menginjakkan kaki di Aceh, sebuah provinsi paling ujung yang memiliki berjuta cerita bagi masyarakatnya, tentu saja catatan perjalananku akan kutulis lebih lengkap, namun kali ini aku hanya akan membahas soal kendaraan di Aceh. Lebih tepatnya tentang pengertian tiga kata yang saya tulis di Judul, Kereta, Honda dan motor.

@Bandara Sultan Iskandar Muda 
Ada apa dengan Kereta, Honda dan motor ini? dan mengapa saya harus menuliskannya. Kehabisan ide mau nulis apa ya, io?.  Tentu saja artikel ini dibuat dengan kesadaran penuh, dengan Ide paling briliant yang saya punya, bukan karena kehabisan ide.

Cerita ketiga kata ini berawal dari obrolan serius tentang kendaraan, saya sedikit kaget ketika teman saya yang asli Awak Atjeh* menawarkan kami naik kereta, karena, meskipun ini pertama kalinnya saya ke Aceh, sependek yang saya ketahui, tidak ada Kareta Api di Aceh, lagian kami hanya ingin ngopi disekitar sini doang kok. tidak bermaksud untuk berjalan jauh Banda Aceh - Medan.

* Awak Atjeh adalah bahasa Aceh yang artinya Orang Aceh, untuk kata 'Orang' yang menggambarkan banyak Orang seperti Orang Kalimantan, Orang Jawa, Orang Dayak, memakai kata Awak, tapi untuk 'Orang' sebagai kata ganti satu orang seperti 'dia orang beriman' maka kata 'Orang' nya diganti dengan kata 'Ureung' (dibaca : Ureng).

Oh God, temen saya bilang nggak perlu pakai motor, "deket doang kok, pake kereta aja". Hey, emang ribet mana kereta sama motor Bang?.

Sampai akhirnya Teman saya tersebut Ngeh juga, bahwa saya bukan Awak Atjeh, dan kemudian dia menjelaskan arti  ketiga kata tersebut.

Menurut Bahasa Aceh, Sepeda Motor adalah Honda, namun sebagian Orang di Aceh pada Umumnya menyebut Sepeda Motor sebagai Kereta, Kata Kereta berasal dari bahasa Medan, menurut orang medan Kereta artinya Sepeda Motor.

Lalu apa itu motor? ternyata yang mereka sebut Motor adalah Mobil, yang Motor menurut Orang Aceh adalah Mobil, pantas saja temen saya tadi bilang tidak perlu pakai Motor, karena ternyata Motor itu Lebih ribet dari Kereta.

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Nama

download,1,drone,14,gadget,4,internet,3,peta,15,software,5,travel guide,4,travelling,1,travelogues,12,tutorial,8,
ltr
item
Liu Purnomo: Travelogues : Antara Honda, Kereta, dan Motor Menurut Awak Atjeh
Travelogues : Antara Honda, Kereta, dan Motor Menurut Awak Atjeh
https://2.bp.blogspot.com/-cGhD03UquGY/VvACCuDWiDI/AAAAAAAAADc/z-PRAp2sRfQeqcnxmnuGkkR_BSOyflTPA/s320/Awak%2BAtjeh.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-cGhD03UquGY/VvACCuDWiDI/AAAAAAAAADc/z-PRAp2sRfQeqcnxmnuGkkR_BSOyflTPA/s72-c/Awak%2BAtjeh.jpg
Liu Purnomo
http://www.liupurnomo.com/2016/03/travelogues-antara-honda-kereta-dan.html
http://www.liupurnomo.com/
http://www.liupurnomo.com/
http://www.liupurnomo.com/2016/03/travelogues-antara-honda-kereta-dan.html
true
176880870268036890
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy