3 Hari Bersama Gekkos Studio

Proses strategi Komunikasi, dengan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran, dapat mengubah sikap dan pola perilaku dari praktek business-as-u...

Proses strategi Komunikasi, dengan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran, dapat mengubah sikap dan pola perilaku dari praktek business-as-usual di antara para pemangku kepentingan, hal ini berperan penting dalam mendorong keberhasilan dan keberlanjutan MSF untuk melahirkan perubahan positif. Salah satu strategi komunikasi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan merubah prilaku masyarakat adalah melalui proses komunikasi audio visual yang disiarkan secara partisipatif melalui jaringan tv lokal.

Strategi komunikasi ini melihat bagaimana media tv lokal dalam hal ini Ruai TV, akan menciptakan dan melaksanakan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam proses pengambilan keputusan lokal di sekitar konservasi hutan , perubahan iklim, dan pembangunan berkelanjutan.


Audio visual merupakan salah satu media penyampaian informasi yang mampu menembus keterbatasan media lain. Kemampuan media audio visual memvisualisasikan gambar dan suara, menjadikannya sebagai media alternative yang banyak diminati karena mudah diaplikasikan sebagai media pembelajaran dan juga mudah dipahami penerima informasi, sehingga cakupan segmentasi menjadi luas.

Kegiatan ini juga merupakan rekomendasi dari sejumlah diskusi tematik MSF dan Pertemuan Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakakat dalam Rangka Desiminiasi Adapatasi dan Mitigasi Perubahan Iklim di Landscape Ketapang, Maret 2014 lalu. Yang mana, salah satu tools yang dipilih dan disepakati peserta pertemuan untuk menyampaikan pesan-pesan mengenai perubahan iklim di tingkat komunitas dan kepada publik adalah media film.

Dalam rangka mempersiapkan proses pembuatan film dokumenter dimaksud, maka dirasa perlu untuk melakukan pelatihan yang dikemas dalam “mini workshop dan coaching clinic”. Untuk itu maka USAID-IFACS akan mengundang nara sumber dan fasilitator kegiatan ini. Coaching clinic akan difokuskan pada pemahaman tentang membangun storyline dan editing dalam pembuatan film dokumenter seperti feature televisi"  

Aku kembali teringat Paparan bg Mering, Yang memiliki nama lengkap Alexander Mering ini pada saat pembukaan pelatihan 3 hari yang lalu sambil berdiri menghadap keluar jendela, disana terlihat jelas langit jingga, pemandangan lumrah yang setiap hari tanpa bosan selalu ku nikmati, saat ini, aku sedang berada di hotel Aston, Ketapang. setelah 3 hari mengikuti pelatihan Penguatan Kapasitas Jurnalis TV Lokal Kalimantan Barat untuk Meningkatkan Lokal Awardness tentang Perubahan Iklim & konservasi Hutan.

Kegiatan ini diikuti oleh sepuluh peserta, yaitu, yang terdiri dari 5 orang  journalist TV dari Ruai TV, 2 Freelancer, dan 3 Videographer yang berasal dari utusan grantee di 3 kabupaten focal are landscape USAID IFACS (Kabupaten Melawi, Kayong Utara dan Ketapang) yaitu : Liu Purnomo (saya sendiri), Anton Priyadi, Denni Wahyu Hendrata, Wawan Supriyadi, Nur Arif Setiyadi, Andika Pasti, Abdurrahman Al-Qadri, Miftahul Huda, Asmidi, dan Widodo.

Adapun para narasumber sesuai undangan adalah, :Pak Irendra Radjawali akrab disapa Bg Radja, Aerial videographer dan Peneliti dari Leibniz Center for Tropical Marine Ecology-Bremen (Jerman) namun karena entah ada halangan apa, beliau tidak jadi datang.

Selain bg Radja, juga ada Pak Yudi Nofiandi, Biasa di panggil Bg Yudi,  Director, Camera Person and Editor, Gekko Studio. 9th Japan Wildlife Film Festival. Cameraman My Forest Tears. Won Best Asia ‐ Ocean New Comer Award dan Nepal Indigenous People Film Festival. Waigeo The Lost Paradise. 10 Best film Nominees tahun 2009. Berpengalam lebih dari 5 tahun sebagai fasilitator dan video maker untuk isu-isu masyarakat adat, kehutanan, dan lingkungan hidup.

Terakhir ada Melly Nurmawati Biasa disapa Mbak Melly, Film Editor, Gekko Studio (Telapak’s Multimedia Unit Bussiness), dia juga Film Programmer, 3rd South to South Film Festival 2010.

Workshop ini dipandu oleh Bg Mering selaku Moderator, dan Ekki Selaku PIC. Disini kami para peserta diajarkan bagaimana cara membuat sebuah film dokumenter yang bertemakan lingkungan dan perubahan iklim. Mulai dari membangun ide, membuat Draf Scrift atau Story line, pengambilan gambar sampai kepada editing dan publishingnya.

thanks USAID-IFACS dan Gekko's Studio... :-)

COMMENTS

Nama

download,1,drone,14,gadget,4,internet,3,peta,15,software,5,travel guide,4,travelling,1,travelogues,12,tutorial,8,
ltr
item
Liu Purnomo: 3 Hari Bersama Gekkos Studio
3 Hari Bersama Gekkos Studio
https://1.bp.blogspot.com/-5t32cd5dmQY/U5_Koge8_UI/AAAAAAAACWQ/29K6OrZHfds/s1600/6326c42a45f0a229e4e48b20314f767c.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-5t32cd5dmQY/U5_Koge8_UI/AAAAAAAACWQ/29K6OrZHfds/s72-c/6326c42a45f0a229e4e48b20314f767c.jpg
Liu Purnomo
http://www.liupurnomo.com/2014/06/3-hari-bersama-gekkos-studio.html
http://www.liupurnomo.com/
http://www.liupurnomo.com/
http://www.liupurnomo.com/2014/06/3-hari-bersama-gekkos-studio.html
true
176880870268036890
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy